05 November 2017

Pelajari Cara Mengatur Pola Tidur Bayi yang Sehat

Pelajari Cara Mengatur Pola Tidur Bayi yang Sehat

Halodoc, Jakarta - Bayi memiliki pola tidur yang berbeda-beda sesuai dengan tingkatan umurnya. Pola tidur bayi baru lahir yang lebih lama dibandingkan dengan orang dewasa maupun dengan anak-anak batita. Bayi baru lahir memiliki pola tidur yang cukup lama dan akan mengisi waktu sepanjang hari dengan tidur. Bayi terbangun jika ia merasa lapar, terganggu, pipis atau buang air besar.  Bagi ibu muda mungkin masih belum mengetahui dan terbiasa dengan pola tidur bayi baru lahir yang pastinya akan sangat berbeda. Bayi 0-2 bulan akan tidur sekitar 16 jam perhari atau bahkan lebih.  Estimasi waktu tidurnya adalah tidur siang 7.5 jam dan tidur malam 8.5 jam.

Hal yang harus kamu pelajari dalam menentukan pola tidur bayi pada usia 0-1 bulan yaitu mengajari perbedaan siang dan malam. Kamu dapat mengajak bayi  untuk berinteraksi pada siang hari lebih lama dari malam hari dengan dukungan dari cahaya dan kebisingan sehingga seiring bertambahnya usia, bayi akan memahami perbedaan siang dan malam dan mengetahui malam adalah waktu untuk beristirahat. Berikut adalah tips mengatur pola tidur yang sehat dan sesuai pada bayi usia 0 - 1 bulan:

1.   Memastikan kondisi popok dalam posisi kering sehingga bayi dapat tidur dengan nyenyak.
2.   Kamu dapat melatih atau mengubah pola tidur bayi baru lahir secara perlahan.
3.   Kamu dituntut untuk peka dalam mengenali gerakan bayi yang menunjukan tanda-tanda mengantuk.
4.  Pada hari pertama setelah kelahiran, bayi seringkali terbangun pada malam hari. Pada usia dua 5.     Kamu dapat membantu bayi  dalam mengenal waktu tidur, letakan di tempat tidur ketika bayi sudah mulai mengantuk sekalipun mata bayi masih terbuka. Dengan cara ini bayi dapat membiasakan dirinya tidur sendiri.
6.  Bayi yang baru dilahirkan, aktivitas yang sering dilakukan adalah tidur. Bahkan bayi yang baru lahir akan tertidur sepanjang hari, kamu dapat memberikan ASI segera apabila bayi terbangun di waktu malam dan tidak menyalakan lampu yang terlalu terang. Jauhkan dari suara suara yang bising dan pastikan untuk tenang.

Mengatur pola tidur bayi sesuai dengan usianya sangatlah penting. Sebab, tidur yang cukup memberikan manfaat yang optimal untuk tumbuh kembang bayi. Selain itu, tidur juga dapat dijadikan indikator dalam merangsang pertumbuhan dan perkembangan otak bayi, bahkan tidur disebut juga sebagai proses tumbuh kembang otak dalam meningkatkan kecerdasan, berakal dan berpikir jernih. Pada saat bayi sedang tidur 75% hormon pertumbuhan dihasilkan untuk merangsang pertumbuhan tulang dan jaringan. Adapun bagi bayi yang tidak dapat memenuhi kebutuhan tidurnya maka akan mengalami penurunan daya tahan tubuh bayi yang mengakibatkan resiko infeksi meningkat, hal ini berhubungan dengan kadar sel darah putih yang menurun. Semua diawali dari tidur yang nyenyak dan berkualitas pada bayi. Selain itu, tidur juga membantu bayi tidur juga, menjaga berat badan serta membantu melawan penyakit serta infeksi.


Kamu dapat mengetahui pola tidur bayi baru lahir dengan menanyakannya langsung pada dokter ahli yang ada di aplikasi Halodoc. Kamu pun dapat menghubungi langsung melalui pilihan metode Voice/Video Call dan Chat di Halodoc dengan menggunakan smartphone, kapan saja dan dimana saja. Selain itu, kamu juga bisa membeli multivitamin atau obat dengan order di fitur Apotik Antar yang akan diantar dalam waktu 1 Jam. Yuk! download segera Halodoc di App Store atau Google Play.

BACA JUGA : Wajib Diketahui, Inilah Manfaat Menjemur Bayi di Pagi Hari