• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pengidap Multiple Myeloma Bisakah Sembuh Total?
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pengidap Multiple Myeloma Bisakah Sembuh Total?

Pengidap Multiple Myeloma Bisakah Sembuh Total?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 27 Februari 2020
Pengidap Multiple Myeloma Bisakah Sembuh Total?

Halodoc, Jakarta – Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh American Society of Clinical Oncology disebutkan kalau tingkat kelangsungan hidup pengidap multiple myeloma adalah lebih dari 50 persen. 

Penting untuk diingat bahwa statistik pada tingkat kelangsungan hidup untuk orang dengan multiple myeloma adalah perkiraan. Perkiraan tersebut berasal dari data tahunan berdasarkan jumlah orang dengan kanker ini di Amerika Serikat. Informasi selengkapnya mengenai multiple myeloma bisa dibaca di bawah ini!

Tingkat Kesembuhan Pengidap Multiple Myeloma

Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh Myeloma Crowd Foundation, disebutkan kalau sejauh ini Mike Katz adalah pengidap myeloma yang bisa bertahan hidup selama 25 tahun sejak pertama kali didiagnosis penyakit ini.

Sebelum mendiskusikan lebih lanjut, ada baiknya kamu mengetahui mengenai multiple myeloma. Penyakit ini adalah kanker darah yang berkembang dalam sel plasma, yaitu sel darah putih yang berfungsi untuk membantu melawan infeksi. 

Baca juga: Kenali 5 Metode Pengobatan Multiple Myeloma

Pada multiple myeloma, sel-sel kanker menumpuk di sumsum tulang dan mengambil alih sel-sel darah yang sehat. Kondisi ini menciptakan protein abnormal yang dapat merusak ginjal. Multiple myeloma dapat memengaruhi lebih dari satu area tubuh. Gejalanya meliputi nyeri tulang dan tulang yang mudah patah. Seseorang yang mengalami multiple myeloma dapat mengalami: 

  1. Infeksi dan demam yang intens.

  2. Haus yang berlebihan.

  3. Peningkatan buang air kecil.

  4. Mual.

  5. Penurunan berat badan.

  6. Sembelit.

Perawatan untuk kondisi multiple myeloma ini meliputi kemoterapi, radiasi, perawatan darah yang disebut plasmapheresis. Dalam beberapa kasus, transplantasi sumsum tulang atau sel induk bisa menjadi alternatif perawatan. 

Baca juga: Pengidap Multiple Myeloma Hindari Makanan Ini

Multiple myeloma “tidak dapat disembuhkan”, tetapi gejalanya bisa ditangani. Mungkin ada periode dormansi yang lama yang bisa berlangsung beberapa tahun. Namun, kanker ini biasanya terjadi berulang. Ada beberapa jenis myeloma dan multiple myeloma adalah tipe yang paling umum terjadi. 

Dukungan untuk Pengidap Multiple Myeloma

Tingkat kelangsungan hidup untuk pengidap multiple myeloma tergantung dengan kondisi dan perawatan yang dilakukan. Menerima diagnosis multiple myeloma bisa jadi sulit untuk diterima. Apalagi untuk orang yang benar-benar awam akan memiliki banyak pertanyaan mengenai penyakit, perawatan, dan pandangan mengenai rencana hidup kedepannya.

Menggali informasi lebih banyak tentang multiple myeloma akan membantu pengidapnya membuat keputusan tepat terkait perawatan. Membangun sistem pendukung yang kuat dari orang-orang yang dapat membantu pengidap mengatasi masalah psikologis, seperti kecemasan juga sangat diperlukan. 

Dukungan ini, termasuk ahli medis, psikologi, dan keluarga yang menyayangi. Pengidap penyakit ini juga disarankan untuk bergabung dengan beberapa kelompok pendukung myeloma. Bertemu orang lain yang memiliki multiple myeloma diharapkan dapat membangun coping system yang baik, sehingga memberikan saran dan masukan positif.

Buat kamu yang mengidap multiple myeloma, jangan pernah putus asa. Perlakukan tubuh dengan baik seperti makan sehat, cukup istirahat, dan relaksasi, sehingga kamu lebih mampu mengatasi stres dan kelelahan. 

Lantas, bagaimana mendiagnosis kalau seseorang mengidap multiple myeloma? Beberapa tes diagnostik yang berbeda harus dilakukan, jadi tidak hanya cek lab saja. Evaluasi fisik dilakukan bersamaan dengan tinjauan riwayat individu, gejala, tes darah dan urine, serta biopsi sumsum tulang. Tes lain mungkin termasuk MRI, CT scan, PET scan, dan sinar-X.

Butuh informasi mengenai diagnosis dan perawatan multiple myeloma, tanyakan saja langsung di HalodocDokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat kapan dan di mana saja.

Referensi:
The Social MedWork. Diakses pada 2020. 10 Things You Need To Know About Multiple Myeloma.
Healthline. Diakses pada 2020. Outlook for People with Multiple Myeloma.
Myeloma Crowd Foundation. Diakses pada 2020. A Tribute to Myeloma Patient and Advocate Mike Katz.