• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Penjelasan Anjing yang Sering Cari Perhatian pada Orang Asing

Penjelasan Anjing yang Sering Cari Perhatian pada Orang Asing

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta - Pernahkah kamu digonggongi atau dikejar anjing yang tidak dikenal? Jika iya, sebagian orang pernah mengalaminya. Namun biasanya, gonggongan anjing akan berhenti dengan sendirinya saat pemilik berada di sampingnya. Kira-kira, apa yang menjadi alasan anjing mencari perhatian pada orang asing? Ternyata, gonggongan anjing tergantung pada konteks dan tugas anjing yang umumnya dijadikan sebagai penjaga.

Anjing cenderung tertarik pada orang asing yang belum pernah ditemui. Berbeda dengan anjing penjaga, ia akan menggonggong ketika ada orang asing untuk memberikan tanda pada pemiliknya. Lantas, mengapa ia akan diam saat ada pemiliknya? Hal tersebut dikarenakan, kehadiran pemilik akan membuat anjing lebih percaya diri untuk bertemu dan berinteraksi dengan orang asing. Ini penjelasannya.

Baca juga: Ketahui 6 Penyebab Mulut Anjing Berbusa

Alasan Anjing Mencari Perhatian pada Orang Asing

Konteks dan lingkungan dapat memengaruhi perilaku anjing, perspektif, dan ketertarikan mereka. Saat berada dekat pemiliknya, ia bisa saja berhenti menggonggong atau bahkan mengeraskan gonggongannya. Saat gonggongan semakin keras, ia merasa nyaman dan aman. Ada kesamaan yang ditunjukkan oleh anjing rumahan dan anjing shelter saat berinteraksi dengan orang asing.

Mereka cenderung mengajak berinteraksi satu orang asing saja. Mereka bahkan tidak sungkan meminta dielus dan dibelai. Meski tidak selalu begitu, beberapa anjing tidak memperlakukan hal yang sama dengan orang asing. 

Mengenai hal tersebut, para peneliti belum menemukan apa yang menjadi penyebab kedua hal tersebut. Pada dasarnya, anjing merupakan hewan yang ramah. Ia bahkan hanya membutuhkan waktu 10 menit saja untuk memulai interaksi dengan manusia.

Baca juga: Waspada, Ini 2 Bahaya Anjing Makan Rumput Berlebihan

Jika anjing di shelter terus menggonggong untuk mencari perhatian, hal tersebut bisa menjadi pertanda bila ia siap untuk menjalin ikatan dengan pemilik baru. Memiliki pemahaman seperti ini akan membuat kamu mengadopsi anjing-anjing dari penampungan, alih-alih membelinya di tempat lain. Apakah anjing-anjing di shelter tidak rindu dengan pemilik yang lama? Persentase jawaban terbesarnya adalah tidak.

Hal tersebut dikarenakan, anjing di shelter memiliki tekanan tersendiri bagi mereka. Tekanan tersebut yang membuat ia perlahan lupa dengan majikan lamanya. Namun, jika anjing terus-menerus menggonggong tanpa menunjukkan adanya ketertarikan, silahkan diskusikan hal ini dengan dokter hewan di aplikasi Halodoc, ya.

Baca juga: Anjing Mengeluarkan Liur Berlebihan, Waspada Gangguan Kesehatan

Kamu juga bisa membawanya ke sekolah anjing profesional agar peliharaanmu mendapatkan panduan. Di sekolah anjing, ia akan diajarkan untuk menggonggong dalam situasi yang diperlukan. Selain itu, ia juga diajarkan untuk diam saat disuruh. Jika kamu ingin melatih dasar-dasarnya secara mandiri di rumah, pastikan untuk memberikan treat sebagai reward jika anjing melakukan tindakan yang benar. Hal tersebut akan membuat anjing semakin mudah untuk dilatih.

Referensi:
NCBI. Diakses pada 2021. Dogs' Social Referencing towards Owners and Strangers.
Purina.co.uk. Diakses pada 2021. Attention-Seeking Dog Behaviour.