• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Peranan Ayah dalam Perkembangan Karakter Anak

Peranan Ayah dalam Perkembangan Karakter Anak

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Peranan Ayah dalam Perkembangan Karakter Anak

Halodoc, Jakarta - Dalam proses pola asuh, terkadang peran ayah kerap dinomor duakan. Padahal, peran ayah dalam tumbuh kembang anak juga sama penting dengan peran ibu. Khususnya dalam perkembangan karakter anak.

Bukan hanya saat anak beranjak remaja. Peranan ayah sangat diperlukan untuk perkembangan karakter anak sejak anak masih dini. Banyak manfaat positif yang bisa dirasakan dengan mengajak ayah untuk menjalankan pola asuh bersama-sama dengan ibu. 

Baca juga: Ini Alasan Emosi Anak Bisa Dipengaruhi Oleh Peran Ayah

Bukan hanya pada anak laki-laki, manfaat ini juga bisa dirasakan oleh anak perempuan. Untuk itu, tidak ada salahnya ayah menyediakan waktu luang untuk bertukar cerita dengan anak agar ayah bisa berperan dengan optimal bagi kehidupan anak. 

Berikut ini beberapa manfaat dari peranan ayah bagi perkembangan karakter anak:

1. Meningkatkan Intelektual Anak

Meskipun terkadang sikap ayah pada anak terlihat konyol atau berlebihan, tetapi peran ayah sangat dibutuhkan untuk meningkatkan intelektual anak. Ayah dapat membantu anak untuk meningkatkan kecerdasan emosional serta kemampuan untuk memecahkan masalah. Selain itu, peran ayah yang optimal juga bisa meningkatkan kemampuan kognitif anak.

2. Membangun Rasa Percaya Diri

Dukungan emosional yang diberikan oleh seorang ayah biasanya tidak tertandingi. Dukungan yang tulus ini akan menyebabkan anak memiliki rasa percaya diri yang tinggi dalam melakukan berbagai kegiatan.

3. Menjadi Anak yang Bahagia

Kedekatan ayah dan anak akan membuat anak menjadi lebih ceria dibandingkan anak yang kurang merasakan peran ayah dalam kehidupannya. Kondisi ini juga dapat menurunkan risiko stres maupun depresi pada anak sehingga kesehatan mental anak akan terus dalam kondisi optimal.

Hal ini disebabkan peran ayah dapat memberikan kasih sayang dan perhatian yang ekstra bagi anak-anaknya. Tidak hanya sekedar kata-kata, biasanya ayah akan lebih sering mengutarakan kasih sayang dan perhatiannya dengan tindakan langsung. Inilah yang akan membuat anak menjadi lebih ceria dan bahagia.

Baca juga: Harus Tahu, Ini Peran Ayah dalam Mendidik Anak

4. Membangun Kemampuan Bersosialisasi

Kemampuan bersosialisasi anak juga akan ditentukan oleh peran ayah dalam membangun karakter anak. Tidak saja memiliki hubungan yang baik dalam keluarga, peran ayah juga bisa membuat anak lebih mudah bersosialisasi dengan orang lain di luar keluarga. 

Hal ini disebabkan anak akan melihat cara ayah dalam memperlakukan pasangan, keluarga, teman, hingga orang lain. Pola yang dibuat oleh ayah inilah yang akan dijadikan panutan atau contoh oleh anak-anak. 

5. Meningkatkan Kemandirian

Ayah juga bisa menjadi salah satu penasihat yang baik dalam keluarga. Tentunya hal ini sangat berguna untuk membantu anak dalam memecahkan masalah yang sedang dihadapi. Selain itu, mengajarkan anak memecahkan masalah yang dihadapi juga bisa meningkatkan kemandirian anak.

6. Kemampuan Komunikasi yang Lebih Baik

Peran ayah dalam tumbuh kembang anak juga dapat meningkatkan kemampuan komunikasi anak menjadi lebih baik. Seorang ayah biasanya akan berkomunikasi secara tegas dan lugas. Dengan begitu, anak bisa mencontoh cara berkomunikasi ayah, sehingga anak akan memiliki komunikasi yang hampir serupa dengan ayahnya.

Itulah beberapa peranan ayah pada tumbuh kembang anak. Bagi para ayah, sebaiknya terus dekatkan hubungan dengan anak, baik secara fisik maupun emosional. Begitu juga dengan ibu yang juga perlu mendampingi anak dalam proses tumbuh kembang. Dengan begitu, tumbuh kembang anak akan berjalan lebih optimal.

Baca juga: Inilah Peran Ayah dalam Mengajarkan Disiplin pada Anak

Jika orangtua mendapati kesulitan dalam mendampingi anak saat proses tumbuh kembang, tidak ada salahnya untuk bertanya langsung pada dokter anak untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Tidak perlu repot, ibu bisa download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play. 



Referensi:
Child Crisis Arizona. Diakses pada 2021. 5 Important Ways Fathers Impact Child Development.
Pediatric Associates. Diakses pada 2021. The Importance of A Father in a Child’s Life.