11 June 2018

Perhatikan Ini Saat Mudik dengan Kereta Bareng Si Kecil

Perhatikan Ini Saat Mudik dengan Kereta Bareng Si Kecil

Halodoc, Jakarta – Hingga saat ini, kereta api masih menjadi salah satu transportasi umum yang sangat digemari untuk melakukan perjalanan mudik. Selain karena saat ini kereta api Indonesia telah memiliki fasilitas yang sangat memadai, tiket yang dijual juga harganya tidak terlalu mahal.

(Baca juga: 5 Tips Agar Anak Enggak Rewel Diajak Mudik)

Namun, perjalanan mudik tidak hanya sekedar memilih transportasi umum yang nyaman saja, kita juga harus memikirkan kenyamanan perjalanan apalagi jika ibu bepergian dengan anak-anak. Perjalanan panjang tentu berpotensi membuat anak-anak menjadi bosan dan lelah, sehingga anak-anak menjadi rewel dalam perjalanan mudik. Maka dari itu, ibu perlu memperhatikan beberapa hal yang membuat anak nyaman dalam perjalanan mudik.

 

  • Pilihlah Kelas Kereta yang Nyaman

 

Banyak pilihan kelas kereta yang ditawarkan saat ibu memesan tiket kereta api. Meskipun harganya berbeda tiap kelas, tetapi sebaiknya pilihlah kelas yang terbaik jika ibu akan membawa anak-anak dalam perjalanan mudik menuju kampung halaman. Selain fasilitas yang lebih baik, kenyamanan juga perlu diperhatikan.

Jangan biarkan anak ibu malah sakit setelah sampai di kampung halaman karena terlalu lelah atau merasa tidak nyaman selama perjalanan. Buatlah perjalanan yang menyenangkan agar anak ibu tidak merasa bosan selama di perjalanan menuju kampung halaman.

 

  • Pakaikan Pakaian yang Nyaman

 

Pakaikan pakaian yang nyaman untuk anak selama perjalanan mudik dengan kereta api. Jangan lupa bawa jaket atau kaos kaki untuk mengantisipasi kondisi di dalam kereta yang terlalu dingin. Pilih bahan pakaian yang lembut karena kemungkinan anak akan menggunakan baju tersebut dalam waktu yang cukup lama. Pakaikan juga alas kaki yang kiranya nyaman untuk anak.

 

  • Pilih Jam Keberangkatan Malam Hari

 

Ibu bisa memilih jam keberangkatan pada malam hari agar anak tidak terlalu merasa bosan. Pada jam keberangkatan malam hari, biasanya anak-anak akan menghabiskan waktunya dengan beristirahat dan tidur. Selain itu, usahakan berangkat mudik jangan terlalu dekat dengan hari H. Kepadatan pemudik di stasiun bisa saja membuat anak-anak tidak merasa nyaman dan dikhawatirkan akan rewel selama perjalanan.

 

  • Bawa Camilan

 

Jangan lupa siapkan camilan kesukaan anak-anak untuk dimakan dalam perjalanan. Biasanya, anak akan cepat merasa bosan. Ibu bisa alihkan dengan memberikan camilan kesukaannya. Bawalah minuman yang segar agar anak juga tetap segar dan ceria selama dalam perjalanan. Sesuaikan jumlah camilan yang akan dibawa dengan waktu perjalanan yang akan ditempuh.

 

  • Bawa Buku Cerita Kesukaan atau Mainan Si Kecil

 

Ibu bisa membawa buku cerita untuk Si Kecil dalam perjalanan. Bacakan cerita atau dongeng yang interaktif dengan anak agar anak tidak merasa bosan selama dalam perjalanan menuju kampung halaman. Jika ibu memilih perjalanan pada siang hari, kemungkinan ibu dan anak akan melihat pemandangan yang menarik sepanjang perjalanan. Ibu bisa membuat cerita dari pemandangan-pemandangan yang menarik sepanjang perjalanan. Ibu juga bisa menceritakan suasana kampung halaman nanti agar anak mudah beradaptasi saat sampai di kampung halaman. Hal yang paling penting tidak boleh ketinggalan adalah mainan Si Kecil agar dia bisa bermain sepanjang perjalanan di kereta menuju kampung halaman.

(Baca juga: 7 Tips Mengatasi Anak Rewel Saat Bersilahturahmi di Hari Raya)

Banyak hal yang tentunya harus diperhatikan orangtua saat akan mengajak anak mudik ke kampung halaman. Perhatikan kesehatan anak sebelum melakukan perjalanan. Jika ada keluhan, ibu bisa menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!