Perkembangan Janin Usia 13 Minggu

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Perkembangan Janin Usia 13 Minggu

Halodoc, Jakarta – Selamat! Ibu sudah melewati trimester pertama. Di trimester kedua ini, ibu sudah bisa menjalani kehamilan dengan lebih nyaman dan bertenaga. Ini karena gejala kehamilan di trimester pertama yang berat sudah lewat. Pada perkembangan janin di usia 13 minggu ini, ibu juga akan mengetahui kemampuan bertahan hidup yang bisa dilakukan bayi. Yuk, simak perkembangan janin di usia 13 minggu kehamilan di sini.

Lanjut ke Perkembangan Janin Usia 14 Minggu

Di awal trimester kedua, panjang tubuh janin umumnya sudah mencapai 7 sentimeter dari kepala sampai kaki, sedangkan beratnya mencapai 30 gram. Bila selama ini, pertumbuhan kepala bayi lebih cepat dibanding pertumbuhan ukuran badannya. Tapi sekarang, tubuhnya juga mulai berkembang lebih cepat. Kaki-kakinya bertumbuh semakin panjang, tapi dalam minggu ini, kedua lengannya juga akan mengejar pertumbuhannya, sehingga tubuh janin semakin proporsional.

Perkembangan lainnya yang tidak kalah menakjubkan di minggu ketigabelas ini adalah janin sudah memiliki sidik jari yang mungil. Dan bila ibu melakukan pemeriksaan USG, ibu mungkin saja melihat Si Kecil sedang memasukkan ibu jarinya ke dalam mulutnya dan mulai mengisapnya, meskipun otot pengisap masih belum sepenuhnya berkembang.

Gerakan memasukan ibu jari ke dalam mulut juga menunjukkan kemampuan bertahan hidup yang dibutuhkan Si Kecil bila ia nanti dilahirkan. Selain itu, di minggu ini, mata janin juga sudah bisa terbuka dan tertutup untuk melindungi mata.

Tidak hanya sampai di situ saja, pada perkembangan janin usia 13 minggu, kemungkinan janin sudah bisa mendengar suara ibu. Jadi, ibu dianjurkan untuk lebih sering berbicara ke janin sambil mengelus-elus perut dan katakan bahwa ibu mencintai dan mengasihinya.

Lanjut ke Perkembangan Janin Usia 14 Minggu

Baca juga: Ibu Perlu Tahu Manfaat Mengelus dan Mengobrol dengan Janin

Seluruh sistem organ vital janin juga sudah terbentuk dan berfungsi sepenuhnya di minggu ini. Organ reproduksinya, seperti testis atau indung telur, sudah berkembang sempurna sekarang. Bila ibu mengandung anak perempuan, maka ia sekarang memiliki sekitar dua juta telur di dalam indung telurnya yang akan berkurang hingga setengahnya saat kelahiran. Meski alat kelaminnya mulai terbentuk, namun sekarang masih terlalu dini untuk memastikan jenis kelaminnya lewat USG. Detak jantung janin juga sudah bisa terdengar jelas ketika ibu melakukan USG di minggu ketigabelas ini.

Perubahan dalam Tubuh Ibu pada Usia 13 Minggu Kehamilan

Bila di masa-masa awal kehamilan ibu merasakan mual dan muntah yang begitu menyiksa, emosi yang meledak-ledak, dan gejala tidak nyaman lainnya. Pada usia kehamilan 13 minggu, kondisi ibu mungkin semakin membaik. Gairah seksual yang pada masa awal kehamilan sempat menurun, saat ini bisa jadi telah membaik dan malah beranjak naik. Meski begitu, rasa malas atau enggan berhubungan intim dengan suami pun adalah hal yang wajar yang dirasakan oleh hampir sebagian besar wanita hamil.

Baca juga: Perubahan Gairah Seksual Wanita Selama Masa Kehamilan

Selain itu, perut ibu akan mulai nampak membesar di usia kehamilan ini. Ibu hamil pun jadi sering ingin buang air kecil karena kandung kemih ibu hamil tertekan oleh rahim. Di minggu ketigabelas ini, ibu juga dianjurkan untuk memilih pakaian yang tepat, karena selain perut ibu sudah membesar, ibu hamil juga lebih cenderung mudah merasakan gerah dan panas. Karena itu, pilihlah pakaian yang longgar dan berbahan katun agar ibu tetap merasa nyaman.

Lanjut ke Perkembangan Janin Usia 14 Minggu

Gejala Kehamilan di Usia 13 Minggu

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ibu hamil akan merasa lebih baik dan lebih nyaman memasuki trimester kedua kehamilan ini. Gejala, seperti mual dan kelelahan seharusnya sudah jauh lebih berkurang sekarang dan ibu akan merasa lebih berenergi.

Selain itu, untuk memberi ruang pertumbuhan untuk janin, rahim ibu akan membesar. Ini menyebabkan organ dalam ibu berubah posisi. Ibu mungkin akan merasa tidak nyaman di sekitar area tulang rusuk yang bisa memburuk seiring membesarnya kehamilan.

Perawatan Kehamilan di Usia 13 Minggu

Agar terhindar dari radang gusi selama masa kehamilan, ibu dianjurkan untuk melakukan perawatan gigi dan mulut dengan benar. Bila ibu masih muntah, segeralah sikat gigi dan bersihkan gigi dengan benang dental untuk mencegah karang gigi.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Ibu Hamil Rentan Alami Radang Gusi

Nah, itulah perkembangan janin di usia 13 minggu. Ibu juga bisa bertanya-tanya tentang masalah apa saja selama kehamilan maupun minta saran kesehatan dari dokter dengan menggunakan aplikasi Halodoc, lho. Ibu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Lanjut ke Perkembangan Janin Usia 14 Minggu