• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Perlu Diketahui, Ini 8 Makanan Peningkat Kualitas Sperma Pria
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Perlu Diketahui, Ini 8 Makanan Peningkat Kualitas Sperma Pria

Perlu Diketahui, Ini 8 Makanan Peningkat Kualitas Sperma Pria

4 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 17 Juni 2022

“Ada beberapa makanan sehat yang dapat meningkatkan kualitas sperma pria. Salah satunya adalah taoge yang memiliki kandungan vitamin E.”

Perlu Diketahui, Ini 8 Makanan Peningkat Kualitas Sperma Pria

Halodoc, Jakarta – Sperma yang sehat dan berkualitas tentu memiliki keterkaitan dengan kesuburan, di mana hal ini dapat memengaruhi kehamilan. Jika saat ini kamu dan pasangan sedang merencanakan kehamilan, mungkin kamu penasaran bagaimana cara meningkatkan kualitas sperma. 

Sebenarnya hal ini dapat dilakukan melalui berbagai cara. Nah, salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan sehat yang diketahui dapat meningkatkan kualitas sperma. Namun, kira-kira apa saja makanan tersebut, ya? Yuk, ketahui informasinya di sini! 

Makanan Peningkat Kualitas Sperma Pria 

Berikut adalah beberapa makanan yang diketahui dapat meningkatkan kualitas sperma pria: 

1.  Taoge

Jika dikonsumsi secara teratur, taoge dapat meningkatkan kualitas sperma. Kandungan vitamin E, khususnya E-alfa merupakan antioksidan yang dapat melindungi sel-sel dari serangan radikal bebas. Maka dari itu, dengan rutin mengonsumsi taoge, sperma diharapkan akan terjaga dari berbagai kerusakan dan serangan radikal bebas, sehingga kualitasnya pun meningkat.

2.  Wortel

Tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan mata, ternyata wortel juga dapat meningkatkan kesuburan seorang pria. Hal ini merujuk pada sebuah studi yang dipublikasikan pada The Journal Fertility and Sterility. Menurut studi asupan karotenoid yang terkandung pada wortel dikaitkan dengan motilitas sperma yang lebih tinggi, dan morfologi sperma yang lebih baik. Motilitas adalah istilah untuk menggambarkan kemampuan sperma ‘berenang’ mencapai sel telur. 

3.  Kerang-kerangan

Makanan jenis kerang-kerangan, seperti tiram dan remis kaya akan kandungan seng yang bermanfaat untuk membantu meningkatkan produksi sperma dan testosteron. Di mana keduanya merupakan elemen yang sangat penting dalam kesehatan reproduksi pria. 

Selain itu, kerang-kerangan juga merupakan sumber zat besi yang berguna untuk melancarkan aliran darah ke alat genital. Kandungan lainnya, seperti vitamin B12 dan vitamin D dapat meningkatkan jumlah dan motilitas sperma. Oleh karena itu, mengonsumsi kerang-kerangan seperti tiram dalam jumlah yang tepat tentunya dapat meningkatkan kualitas dan kesehatan sperma. 

4.  Biji-bijian

Kandungan asam lemak omega 3 yang terdapat pada biji-bijian (biji labu, biji wijen, dan biji bunga matahari) tak hanya bermanfaat untuk mencerdaskan otak. Nutrisi tersebut juga bermanfaat untuk menstimulasi aliran darah ke organ seksual dan meningkatkan kinerja seksual pria. Biji-bijian ini bisa dimakan langsung sebagai camilan tanpa harus dimasak dulu.

5.  Asparagus

Tak hanya wanita, pria juga perlu memenuhi asupan folat dalam tubuhnya. Sebab, tanpa asupan folat yang tepat, pria berisiko menghasilkan sperma abnormal yang mengandung sedikit atau terlalu banyak kromosom. Nah, asparagus adalah salah satu sumber folat terbaik. Oleh karena itu, pria dianjurkan untuk mengonsumsi seporsi asparagus yang dapat memenuhi 50% kebutuhan asam folat per hari. 

Pada pria yang memiliki kualitas sperma rendah, mengonsumsi asparagus sangat baik karena kandungan asam amino L-Carnitin yang terdapat di dalamnya dapat menormalkan sel sperma dan memperbaiki motilitas sperma.

6.  Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung banyak nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kesuburan pria. Sebagai contoh, kacang kenari kaya akan asam lemak omega-3, kenari meningkatkan vitalitas sperma. Selain kacang kenari, jenis kacang lentil juga menjadi salah satu makanan peningkat kualitas sperma yang direkomendasikan. Sebab, jenis kacang yang satu ini merupakan sumber folat yang menjadi katalis penting dalam produksi sperma. 

7.  Alpukat

Makanan yang kaya akan lemak tak jenuh, seperti alpukat, biasanya juga kaya antioksidan. Buah ini mengandung antioksidan tinggi yang dapat membantu melindungi sperma dari kerusakan sel. Ia juga menjaganya tetap kuat dan lincah, sehingga dapat bertahan lebih lama saat harus ‘berenang’ menuju tuba falopi dan membuahi sel telur.

8. Pisang 

Pisang kaya akan Vitamin B1, C, sekaligus magnesium. Beberapa kandungan nutrisi tersebut diketahui dapat yang meningkatkan motilitas sperma dan membantu produksi sperma. Menariknya lagi, pisang juga mengandung enzim langka yang disebut Bromelain. Enzim bromelain diketahui dapat mengatur hormon seks dan menghibur suasana hati. 

Itulah beberapa makanan yang dapat meningkatkan kualitas sperma yang dapat berpengaruh terhadap kesuburan. Mulai dari taoge, wortel, kerang-kerangan, biji-bijian, asparagus, hingga pisang. Selain berkhasiat tingkatkan kesuburan, beberapa makanan tersebut tentunya juga diperkaya dengan nutrisi penting yang baik untuk kesehatan secara keseluruhan. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk menambahkan beberapa makanan tersebut ke pola dietmu setiap harinya. 

Jika kamu masih memiliki pertanyaan seputar kesuburan, sebaiknya tanyakanlah hal ini ke dokter. Nah, melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa tanya dokter spesialis untuk mendapatkan informasi medis yang kamu butuhkan. Kamu dapat menggunakan fitur chat/video call secara langsung pada aplikasinya. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga! 

Referensi: 

Healthline. Diakses pada 2022. 10 Ways to Boost Male Fertility and Increase Sperm Count.
Parenting First Cry. Diakses pada 2022. 20 Fertility Foods That Can Help Increase Your Sperm Count. 
Journal of Fertility and Sterility. Diakses pada 2022. Semen quality in relation to antioxidant intake in a healthy male population.