Perlu Diketahui, Inilah Penyebab Munculnya Kanker Pankreas

Perlu Diketahui, Inilah Penyebab Munculnya Kanker Pankreas

Halodoc, Jakarta - Kanker pankreas adalah gangguan yang dimulai pada jaringan pankreas atau organ di perut yang terletak secara horizontal di belakang bagian bawah perut seseorang. Pankreas melepaskan enzim yang membantu pencernaan dan hormon untuk membantu mengelola gula darah.

Kanker pankreas biasanya menyebar dengan cepat ke organ-organ terdekat. Walau begitu, hal ini jarang terdeteksi pada tahap awal. Namun, bagi orang-orang mengidap kista pankreas atau riwayat keluarga terhadap kanker pankreas, beberapa langkah dapat dilakukan untuk mendeteksinya sejak dini. 

Salah satu gejala dari kanker pankreas adalah diabetes, terutama ketika terjadi dengan penurunan berat badan, penyakit kuning, atau rasa sakit di perut bagian atas yang menyebar ke punggung. Perawatan yang dapat dilakukan termasuk pembedahan, kemoterapi, terapi radiasi, atau kombinasi dari semuanya.

Baca juga: Bagaimana Merawat Kanker Pankreas?

Penyebab Kanker Pankreas

Kanker pankreas berkembang ketika sebuah sel di pankreas mengalami kerusakan pada DNA, sehingga menyebabkan perilaku dan penggandaan secara tidak normal. Sel kanker tunggal tumbuh dan membelah dengan cepat, menjadi tumor yang tidak mengikuti batas normal dalam tubuh. Akhirnya, sel-sel dari tumor berjalan di tempat lain pada tubuh melalui darah atau sistem limfatik.

Tidak ada yang tahu persis bagaimana proses kerusakan DNA yang menyebabkan kanker pankreas terjadi. Menganalisis kanker pankreas yang diangkat dengan operasi menunjukkan mutasi tertentu yang terjadi pada hampir semua kasus, dan lainnya yang bervariasi di antara orang-orang.

Beberapa dari mutasi yang terjadi dapat secara acak. Sedangkan lainnya terjadi sebagai respons terhadap hal-hal yang dilakukan atau faktor lingkungan. Beberapa mutasi mungkin akan diwariskan. Ketika mutasi yang cukup banyak menumpuk, sel menjadi ganas dan tumor mulai tumbuh.

Baca juga: Harus Diwaspadai, Inilah 9 Gejala Kanker Pankreas

Faktor Risiko Kanker Pankreas

Tidak ada yang memahami penyebab kanker pankreas, tetapi faktor risiko tertentu telah diidentifikasi. Faktor-faktor tersebut lebih sering terjadi pada orang yang mengidap kanker pankreas daripada orang yang tidak terserang gangguan tersebut.

Ada beberapa faktor risiko pankreas, meskipun sebagian besar mempunyai keterkaitan yang lemah dengan penyakit ini. Banyak orang dengan kanker pankreas tidak memiliki satu faktor risiko spesifik. Beberapa orang yang memiliki salah satu faktor risiko berikut memiliki risiko terhadap kanker pankreas:

  1. Genetika

Salah satu faktor risiko dari kanker pankreas yang umum adalah faktor genetik atau keturunan. Seseorang yang memiliki anggota keluarga mengidap penyakit tersebut memiliki risiko yang lebih besar untuk terserang juga.

  1. Diabetes

Seseorang yang terserang diabetes tidak selalu lebih mungkin untuk terserang kanker pankreas, tetapi keduanya dapat saling berkaitan satu sama lain.

  1. Merokok

Merokok disebut-sebut dapat meningkatkan risiko kanker pankreas. Semakin banyak seseorang merokok, semakin tinggi risikonya. Setelah sepuluh tahun berhenti merokok, risiko tersebut baru kembali menjadi seperti seseorang yang tidak pernah merokok.

  1. Obesitas dan Ketidakaktifan

Disebutkan bahwa seseorang yang mengalami obesitas dan tidak aktif, berisiko untuk terserang kanker pankreas. Seseorang yang sering berolahraga walaupun mengalami obesitas, risiko terhadap penyakit tersebut akan menurun.

  1. Pola Makan yang Buruk

Pola makan yang tinggi lemak dan daging dapat berhubungan dengan kanker pankreas. Mengonsumsi makanan sehat yang kaya buah-buahan dan sayuran sehingga menurunkan risiko kanker pankreas.

Baca juga: Apa yang Menyebabkan Kanker Pankreas?

Itulah pembahasan tentang penyebab seseorang mengidap kanker pankreas. Jika kamu mempunyai pertanyaan perihal gangguan tersebut, dokter dari Halodoc siap membantu. Caranya yaitu dengan download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!