11 July 2018

Perlunya Bersendawa Setelah Makan

sendawa setelah makan, manfaat sendawa, menjaga kesehatan dengan sendawa,sendawa,bersendawa

Halodoc, Jakarta – Banyak yang beranggapan bahwa bersendawa setelah makan adalah sesuatu hal yang tidak sopan. Tentu jika dilakukan di depan orang banyak memang tidak sopan, sehingga kamu perlu mengetahui etika saat kamu akan bersendawa. Sebab, nyatanya bersendawa memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan kamu.

Baca juga: Mual Setelah Makan, Kenapa?

Bersendawa merupakan aktivitas mengeluarkan gas dari dalam perut melalui mulut. Saat bersendawa, biasanya kamu akan mengeluarkan bunyi khas dan jika kamu mengonsumsi makanan yang memiliki bau yang cukup menyengat, tentu sendawa kamu akan mengeluarkan bau.

Bagaimana Sendawa Bisa Terjadi?

Pada kegiatan sehari-hari, kamu mungkin menelan udara baik secara sengaja maupun tidak. Udara yang ditelan mengandung gas nitrogen dan juga oksigen. Udara dapat masuk dan tertelan melalui mulut ketika kamu sedang makan atau berbicara. Gas inilah yang didorong keluar oleh lambung menuju kerongkongan dan keluar melalui mulut yang dikenal dengan sendawa.

Namun, ada beberapa hal lain yang bisa menyebabkan kamu bersendawa, misalnya saja jenis makanan yang kamu makan memang mengandung gas dan juga beberapa penyakit misalnya penyakit lambung.

Manfaat Sendawa untuk Kesehatan

Namun, bersendawa sendiri nyatanya diperlukan karena memiliki manfaat baik untuk kesehatan kamu.

  • Menghilangkan Rasa Tidak Nyaman pada Perut

Terkadang perut terasa kembung dan tidak nyaman, bisa saja karena banyak udara yang tertelan kedalam perut kamu. Salah satu cara untuk mengurangi rasa tidak nyaman pada perut adalah dengan bersendawa untuk menghindari perut kembung, bahkan rasa nyeri di sekitar dada.

  • Mencegah Akumulasi Gas

Tidak hanya udara yang sengaja atau tidak sengaja tertelan saat kita melakukan aktivitas, beberapa makanan juga mengandung gas yang cukup untuk membuat kembung dan rasa tidak nyaman pada perut, sehingga gas tersebut perlu dikeluarkan sedikit demi sedikit dengan bersendawa sebagai salah satu caranya. Karena, jika dalam tubuh mengalami kelebihan udara, tentu membuat gerak kamu juga tidak aktif seperti biasa.

  • Membantu Pencernaan yang Baik

Bersendawa juga dapat membantu dalam pencernaan dengan mencegah produksi gas yang berlebihan di dalam perut. Oleh karena itu, untuk mempercepat proses pencernaan sebaiknya kamu melepaskan udara berlebih yang ada di dalam perut kamu.

Sendawa Berlebihan Bisa Menjadi Tanda Penyakit

Namun, jika kamu mengalami sendawa berkali-kali dan diikuti gejala lainnya, bisa terjadi gangguan kesehatan pada tubuh kamu.

  • Dispepsia (Penyakit Lambung)

Kondisi ini mengacu pada beberapa penyakit pada lambung dan fungsi pencernaan. Selain bersendawa, gejala penyakit lambung bisa disertai rasa nyeri pada lambung, mual atau muntah, serta merasa terlalu kenyang meskipun makan tidak terlalu banyak. Stres dan depresi bisa menyebabkan penyakit ini untuk kesehatan kamu. Sebaiknya hindari sesuatu yang membuat kamu depresi atau stres.

  • Gangguan pada Kerongkongan

Pada kondisi ini biasanya tidak hanya menyebabkan sendawa saja, tetapi kadang diikuti dengan aliran asam lambung dan makanan dari perut naik ke kerongkongan yang menyebabkan rasa tidak nyaman.

Baca juga: 5 Pose Yoga untuk Kesehatan Pencernaan

Bersendawa memang banyak manfaatnya untuk kesehatan. Namun, jika kondisi ini terjadi terus menerus, sebaiknya kamu segera tanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Dengan aplikasi Halodoc kamu bisa bertanya langsung pada dokter melalui Video/Voice Call atau Chat. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!