• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pertimbangkan Hal Ini sebelum Memelihara Burung Beo

Pertimbangkan Hal Ini sebelum Memelihara Burung Beo

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Pertimbangkan Hal Ini sebelum Memelihara Burung Beo

Halodoc, Jakarta – Semua jenis burung peliharaan memiliki tantangannya sendiri, begitu juga dengan burung beo. Memelihara burung beo membutuhkan lebih banyak waktu dan usaha daripada yang disadari kebanyakan orang. 

Burung beo adalah burung yang pintar dan memiliki ingatan jangka panjang. Burung beo dapat dilatih menggunakan teknik penguatan positif. Beberapa jenis beo pun dapat dilatih untuk berbicara atau melakukan trik. Apa saja yang perlu dipertimbangkan saat memelihara burung beo?

Baca juga: Ini Alasan Hewan Kesayangan Harus Divaksin

Tips Memelihara Burung Beo

Tidak sedikit orang yang menganggap bahwa beo adalah hewan peliharaan yang mudah perawatannya ketimbang anjing atau kucing. Tidak ada yang benar atau salah. Pastinya setiap hewan memiliki keunikannya sendiri. Kalau kamu tertarik memelihara beo, berikut adalah hal-hal yang perlu dipertimbangkan sebelum menjadikan beo sebagai hewan peliharaan! 

1. Tidak Semua Burung Beo Sama 

Burung beo ada beberapa jenis, mulai dari beo biasa, Nias, Enggano, dan Sri Lanka. Masing-masing beo punya karakter khasnya sendiri. Burung beo yang lebih kecil lebih dapat dibiarkan sendiri untuk waktu yang lebih lama, lebih mudah dihibur, dan memiliki kebutuhan diet yang kurang spesifik. 

Burung beo yang lebih besar akan membutuhkan mainan baru setiap hari, makanan buatan rumah khusus untuk melengkapi makanan yang dibeli, dan akan membutuhkan lebih banyak perhatian. 

2. Burung Beo Perlu Terbang

Sekali lagi terdengar jelas, tetapi begitu banyak orang memotong bulu burung mereka yang menghilangkan aspek besar dari kehidupan burung tersebut. Burung beo perlu terbang, itu naluriah dan si burung tidak hanya menikmatinya, tetapi juga merupakan bentuk latihan fisik. Burung beo yang lebih besar membutuhkan lebih banyak ruang untuk terbang. 

Sangkar burung haruslah menyediakan cukup ruang bagi burung untuk dapat mengepakkan sayapnya dengan mudah, berputar dalam lingkaran penuh tanpa ekor menyentuh tepi, dan memanjat di sekitar sangkar untuk bersenang-senang. Burung beo juga membutuhkan waktu di luar kandang agar benar-benar memungkinkan mereka untuk melebarkan sayapnya!

Seberapa sering burung perlu terbang? Idealnya kapan pun mereka mau, tetapi itu tidak selalu memungkinkan. Jadi, penting untuk memastikan mereka memiliki waktu penerbangan setidaknya sekali sehari.

3. Burung Beo Memiliki Kebutuhan Makanan Khusus Spesies

Tahukah kamu di alam liar burung beo eclectus sebagian besar merupakan pemakan buah sedangkan jenis beo lainnya pemakan biji-bijian? Makanan utama burung beo harus terdiri dari pelet yang diformulasikan khusus untuk spesiesnya.

Baca juga: Memelihara Hewan, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan Mental 

4. Perilaku yang Rumit 

Sama seperti manusia, bahasa tubuh burung beo itu rumit. Namun, sekali kamu memahaminya, maka ikatan kamu dan burung beo bisa jadi kuat. Sering mencabuti bulunya adalah gangguan umum yang dapat berasal dari tekanan psikologisnya. 

Saat burung sangat bersemangat, takut, marah, atau tertarik pada sesuatu, mata mereka akan dengan cepat membesar dan menyempitkan pupilnya. Untuk dapat menafsirkan jika mereka senang melihat kamu atau akan menyerang, kamu perlu menafsirkan petunjuk visual lain. 

Jika burung sedang menjepit matanya, dengan ekor yang mengembang, sayap sedikit keluar, posisi badan rendah dan sedang mendesis, itu berarti dia sedang ketakutan atau marah. Jika dia menjepit matanya dengan postur yang sangat tegak, artinya burung beomu tertarik dengan apa yang kamu lakukan. 

Jika burung beo menjepit matanya sambil mengangguk-angguk sedikit dari satu sisi ke sisi lain, atau mengembangkan sayap, kemungkinan besar dia senang melihat kamu. Namun, seperti halnya manusia, burung yang berbeda akan menampilkan bahasa tubuh yang berbeda.

Baca juga: Kapan Waktu Terbaik Memberikan Vaksin pada Anjing?

Nah, jika burung beo atau hewan kesayangan mengalami masalah kesehatan, jangan ragu untuk mendiskusikannya dengan dokter hewan di Halodoc. Kamu bisa berbincang dengan dokter hewan kapan dan di mana saja melalui Chat atau Voice/Video Call. Praktis kan? Tunggu apa lagi? Download aplikasinya sekarang di App Store atau Google Play!

Referensi:
Vet Tails. Diakses pada 2021. Five things you NEED to know BEFORE getting a parrot!
VetStreet. Diakses pada 2021. Parrots: 8 Things to Know Before You Get One.