• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pilihan Pengobatan untuk Anemia karena Penyakit Kronis

Pilihan Pengobatan untuk Anemia karena Penyakit Kronis

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Pilihan Pengobatan untuk Anemia karena Penyakit Kronis

Halodoc, Jakarta – Anemia karena penyakit kronis alias anemia pada inflamasi bisa diobati dengan beberapa cara. Pengobatan dilakukan sesuai dengan faktor penyebab dan bertujuan untuk memperbaiki kemampuan darah dalam mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Anemia karena penyakit kronis merupakan jenis penyakit anemia yang disebabkan oleh berbagai kemungkinan penyakit kronis.

Ada beberapa jenis penyakit kronis yang bisa memicu anemia, seperti artritis reumatoid atau penyakit ginjal. Jenis anemia ini adalah penyebab anemia tersering kedua setelah anemia defisiensi besi. Faktor usia dan riwayat penyakit menjadi penyebabnya, dengan kata lain anemia karena penyakit kronis lebih berisiko menyerang lansia yang mengidap penyakit kronis sebelumnya. 

Baca juga: Apa Saja Gejala Anemia karena Penyakit Kronis?

Jenis Pengobatan untuk Anemia karena Penyakit Kronik

Penyakit ini cukup sering ditemui pada lansia yang mengidap penyakit kronis. Jenis anemia ini sama sekali tidak boleh dianggap sepele dan harus mendapat perawatan khusus, baik di rumah maupun dirawat di rumah sakit. Risiko penyakit ini meningkat pada orang yang memiliki riwayat penyakit kronis, seperti penyakit autoimun, kanker, infeksi kronik, gangguan ginjal, diabetes, ataupun penyakit jantung.

Pengobatan yang tepat perlu dilakukan pada orang yang mengidap gangguan ini. Tujuan pengobatan anemia karena penyakit kronis adalah untuk mengurangi gejala dan memperbaiki kemampuan darah dalam mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Selain itu, terapi yang dilakukan juga bertujuan untuk mendeteksi dan mengobati penyebab utama penyakit ini.

Ada berbagai metode terapi yang dapat diberikan pada pengidap anemia karena penyakit kronis, antara lain:

1.Pemberian Suplementasi Besi

Salah satu cara untuk mengobati anemia karena penyakit kronis adalah dengan pemberian suplementasi besi. Suplementasi besi biasanya diberikan jika ada indikasi kekurangan zat besi. Namun, dokter biasanya akan mempertimbangkan terlebih dahulu keuntungan dan kemungkinan kerugian yang muncul dari jenis pengobatan ini. Pasalnya, pada beberapa penyakit, seperti kanker dan infeksi, zat besi justru bisa menyebabkan terjadinya pertumbuhan dan perkembangan penyakit. 

2.Transfusi Sel Darah Merah

Salah satu masalah pada anemia terjadi kadar sel darah merah. Maka dari itu, kondisi ini bisa diobati dengan transfusi sel darah merah. Transfusi darah digunakan untuk kondisi anemia berat atau dengan keluhan yang cukup berat guna segera mengembalikan kadar sel darah merah normal.

3.Terapi dengan Agen Stimulasi Eritropoetin

Selain transfusi darah, anemia karena penyakit kronis juga bisa diatasi dengan terapi yang bertujuan untuk menstimulasi sumsum tulang dalam memproduksi sel darah merah baru. Terapi ini disebut dengan terapi agen stimulasi eritropoetin. 

Selain itu, anemia karena penyakit kronis disebut juga bisa diatasi melalui terapi dengan Target Sitokin, seperti Anti-Hepcidin dan Asam Lemak Omega-3. Namun, jenis terapi ini sebagian masih dalam tahap pengembangan dan penelitian. 

Baca juga: Ini yang Perlu Diketahui Tentang Anemia karena Penyakit Kronis

Selain dengan menjalani pengobatan, menerapkan pola hidup sehat juga penting untuk mencegah penyakit ini menjadi lebih parah. Disarankan untuk mengonsumsi makanan yang bergizi, berolahraga secara teratur, serta meminimalisasi berkerumun dengan banyak orang untuk mencegah infeksi, Jika mengidap penyakit, segera diobati hingga sembuh atau dikontrol secara rutin untuk penyakit kronik yang tidak dapat disembuhkan. 

Masih penasaran tentang anemia karena penyakit kronis dan apa saja pengobatan yang bisa dilakukan? Tanya dokter di aplikasi Halodoc saja. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat, kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Web MD. DIakses pada 2020. Anemia of Chronic Disease Directory.
Medline Plus. Diakses pada 2020. Anemia of chronic disease.