31 May 2018

Pilihan Pengobatan untuk Down Syndrome

Pilihan Pengobatan untuk Down Syndrome

Halodoc, Jakarta — Perawatan dan pengobatan sedini mungkin pada anak dengan gejala Down syndrome bisa memberikan perbedaan besar bagi perkembangan anak dan kualitas hidupnya di masa depan.

Memang, penyakit yang terjadi akibat gangguan pada kromosom ini tidak dapat disembuhkan. Namun, pemberian beberapa terapi akan sangat membantu anak meningkatkan kualitas hidupnya dan menjadi lebih mandiri.

(Baca juga: Tips Merawat Anak dengan Down Syndrome)

Terapi dan Perawatan Anak Down Syndrome

Saat ini telah tersedia beragam terapi bagi anak dengan Down syndrome. Semua terapi ini bertujuan membantu perkembangan kemampuan motorik, berbahasa, bersosialisasi, dan mengurus diri sendiri. Selain berbagai terapi, anak dengan Down syndrome juga memerlukan perawatan tim dokter (beberapa dokter spesialis), tergantung kepada keadaan kesehatan dan kebutuhan anak.

Tim dokter anak mungkin akan terdiri dari beberapa orang dokter spesialis seperti:

  • Dokter spesialis anak
  • Dokter spesialis jantung anak
  • Dokter spesialis saraf
  • Dokter spesialis THT
  • Dokter spesialis mata
  • Dokter spesialis rehabilitasi medik atau terapis fisik
  • Terapi wicara
  • dan Terapi okupasional

Karena penyakit ini tidak dapat disembuhkan dan tidak dapat pula dicegah, kecuali dengan mengurangi faktor penyebab (risiko), maka bila kamu sudah pernah melahirkan anak dengan Down syndrome, saat ingin mengandung lagi, sebaiknya mintalah saran dari dokter spesialis genetika.

(Baca juga: 4 Faktor Risiko Penyebab Memiliki Anak dengan Down Syndrome)

Dokter spesialis genetika akan membantu mengetahui seberapa besar kemungkinan kamu memiliki anak dengan Down syndrome. Juga pemeriksaan pre natal apa saja yang dapat dilakukan untuk mengetahui apakah anak yang kamu kandung akan mengalami Down syndrome.

Sebelum bertanya kepada dokter sepesialis genetika, kamu bisa mengandalkan aplikasi Halodoc. Aplikasi Halodoc bekerja sama dengan banyak dokter ahli terpercaya yang selalu bersedia membantu menyelesaikan masalah kesehatanmu. Di aplikasi Halodoc, kamu bisa bertanya tentang gejala Down syndrome dan upaya perawatannya melalui layanan voice/video call atau chat. Selain itu, di aplikasi Halodoc, kamu juga bisa melakukan cek lab atau membelli vitamin dan obat-obatan tanpa harus keluar rumah. Ayo… download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play sekarang ya.