13 August 2018

Popok Kain Vs Popok Sekali Pakai, Lebih Baik Mana?

popok kain, popok sekali pakai, jenis popok yang lebih baik, kesehatan bayi

Halodoc, Jakarta – Memiliki anak yang baru lahir tentu pengalaman yang sangat membahagiakan. Tidak hanya kehadiran Si Kecil, persiapan untuk menyambut kelahiran anak juga termasuk salah satu hal yang menyenangkan. Begitu pun ketika ibu memilih barang terbaik yang sesuai dengan fungsi dan kegunaannya, termasuk dalam memilih popok.

Baca juga: Bingung Pilih yang Terbaik, Ini Cara Tepat Pilih Popok Bayi

Popok adalah salah satu barang yang sangat penting untuk anak yang baru lahir. Banyak sekali jenis popok yang dijual saat ini. Ada popok kain atau popok sekali pakai. Biasanya, saat baru lahir, bayi akan lebih sering buang air kecil atau buang air besar, sehingga popok yang dibutuhkan juga cukup banyak. Nah, salah satu yang terkadang menjadi masalah bagi orangtua baru adalah memilih yang lebih baik antara popok kain atau popok sekali pakai.

Keduanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut yang bisa ibu perhatikan dalam pemilihan popok untuk kenyamanan Si Kecil.

Popok Kain

Kelebihan dari popok kain dianggap lebih sehat karena bahan popok kain yang lebih aman untuk kulit bayi. Biasanya popok kain terbuat dari bahan-bahan yang tidak mengandung bahan kimia. Selain itu, penggunaan popok kain juga dinilai lebih ramah lingkungan, karena sampah yang dihasilkan tidak sebanyak penggunaan popok sekali pakai.

Namun tentu perlu diperhatikan, popok kain pun tidak lepas dari kekurangan. Biasanya popok kain lebih mudah bocor. Selain itu, ibu juga harus lebih sering mengecek kebersihan dari popok. Jika anak pipis atau buang air besar, sebaiknya segera diganti agar anak tidak mengalami iritasi.

Popok kain juga dinilai tidak praktis saat harus bepergian. Selain itu, popok kain membutuhkan banyak waktu saat pencucian. Pakaikan anak popok kain yang benar-benar kering agar terhindar dari masalah kesehatan kulit.

Popok Sekali Pakai

Tentu popok sekali pakai juga memiliki kelebihan yang ibu perlu tahu. Popok sekali pakai merupakan salah satu popok yang praktis dan sangat mudah digunakan. Biasanya popok ini menyerap cairan dari urine bayi lebih cepat karena memiliki gel di dalamnya. Selain itu, gel peresap yang terkandung dalam popok sekali pakai juga dapat membuat kulit bayi tetap kering dan tidak basah, sehingga membuat anak tetap merasa nyaman.

Harga dari popok sekali pakai cukup mahal. Itu yang membuat ibu perlu memikirkan ulang untuk menggunakan popok sekali pakai dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya itu, popok sekali pakai juga mengandung bahan pewangi dan pewarna tambahan. Terkadang jika kulit bayi sensitif, hal ini akan menyebabkan alergi pada kulit bayi.

Jadi, Popok Kain atau Popok Sekali Pakai?

Ibu tidak perlu bingung untuk menentukan popok mana yang akan digunakan. Saat memilih popok, sebaiknya perhatikan kebutuhan dan keperluannya. Jika ibu akan lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, sebaiknya gunakan popok kain. Selain menghindari iritasi atau alergi pada kulit anak, penggunaan popok kain juga akan menekan biaya pengeluaran orangtua.

Saat akan bepergian, sebaiknya gunakan popok sekali pakai agar ibu tidak terlalu banyak membawa peralatan Si Kecil. Tidak hanya itu, anak juga akan lebih nyaman karena kulit akan selalu kering. Namun perhatikan juga durasi penggunaan popok sekali pakai. Sebaiknya ibu rajin mengecek dan mengganti popok. Jangan lupa cuci tangan sebelum menggantikan popok ya, ibu.

Baca juga: Tak Perlu Bingung! Ini Langkah Mudah Mengganti Popok Bayi

Jika ibu memiliki masalah dengan kesehatan kulit anak, sebaiknya gunakan aplikasi Halodoc untuk berkonsultasi. Yuk, download sekarang juga aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play!