27 June 2018

Punya Gigi Sensitif? Hindari 4 Kebiasaan Buruk Ini

Mengatasi gigi sensitif

Halodoc, Jakarta – Gigi sensitif seringkali mengganggu aktivitas. Ini karena gigi sensitif biasanya disertai rasa nyeri ketika seseorang mengonsumsi makanan atau minuman tertentu. Rasa nyeri ini timbul akibat lapisan pelindung, yaitu enamel gigi rusak sehingga menjadi lebih sensitif.

Baca juga: 4 Cara Ampuh Atasi Masalah Gigi Berlubang

Gigi sensitif bisa disebabkan oleh banyak hal. Antara lain adalah menyikat gigi terlalu keras, penumpukan plak, kebiasaan menggeretak gigi, lubang pada gigi, gigi patah, radang pada gusi (gingivitis), atau konsumsi makanan dan minuman yang terlalu asam.

Kebiasan yang Dihindari Saat Gigi Sensitif

Nah, jika kamu memiliki gigi sensitif dan tak ingin kondisi memburuk, berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu hindari:

1. Makanan atau Minuman Asam

Alasannya adalah makanan atau minuman asam bisa menyerang enamel gigi, sehingga bisa memicu nyeri akibat gigi yang sensitif. Beberapa makanan atau minuman asam yang perlu dihindari antara lain soda, acar, jus buah, saus tomat, lemon, dan lainnya.

2. Mengertakkan Gigi

Kebiasaan ini bukan hanya menyebabkan gigi sensitif, melainkan juga memperparah gigi sensitif. Jadi, sebaiknya hindari kebiasaan ini dan alihkan pikiran kamu saat ingin mengertakkan gigi.

3. Hindari Makanan dan Minuman Tertentu

Misalnya, kafein, alkohol, rokok, dan kebiasaan lain yang bisa memicu nyeri pada gigi dan membahayakan kesehatan gigi dan mulut.

4. Menyikat Gigi Terlalu Keras

Menyikat gigi itu baik, tapi kalau dilakukan terlalu kuat dan keras bisa menyebabkan gigi sensitif. Alasannya karena kebiasaan ini bisa merusak enamel gigi, sehingga membuat gigi lebih sensitif. Saat menyikat gigi, sebaiknya lakukan secara perlahan dan menggunakan sikat gigi berbahan halus.

Cara Mengatasi Gigi Sensitif 

Lantas, apa yang harus dilakukan untuk mengatasi gigi sensitif? Berikut adalah caranya:

  • Gunakan pasta gigi dengan formula khusus untuk gigi sensitif. Misalnya, pasta gigi dengan teknologi Novamin (formula kalsium) yang bisa melindungi lapisan gigi berlubang penyebab gigi ngilu. Atau, kamu juga bisa menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride dengan mengoleskannya pada area sensitif gigi. Cara tersebut bisa membantu memperkuat enamel gigi dan mengurangi rasa sakit yang ditimbulkannya.
  • Jika gigi sensitif semakin parah, kamu perlu berkonsultasi pada dokter gigi. Biasanya, beberapa dokter gigi akan melakukan beberapa hal untuk mengatasi gigi sensitif. Antara lain penutupan akar gigi yang sensitif, bedah gusi, dan root canal (yaitu dengan membersihkan dan memasang tambalan pada gigi yang berlubang atau sensitif).

Tips Mencegah Gigi Sensitif

Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah gigi berlubang:

  • Rutin menyikat gigi, setidaknya dua kali sehari.
  • Hindari penyebab gigi sensitif. Misalnya, makanan atau minuman yang terlalu asam, menyikat gigi terlalu keras, dan kebiasaan menggeretak gigi.
  • Jika ingin menggunakan mouthwash, pilih produk yang bebas alkohol dan gunakan sesuai anjuran dokter.
  • Jika ingin melakukan prosedur pemutihan gigi, konsultasikan dengan dokter gigi dulu. Sebab tak jarang, prosedur ini bisa menyebab gigi sensitif.

Itulah beberapa hal yang perlu dihindari serta tips mencegah dan mengatasi gigi sensitif. Kalau kamu punya keluhan pada gigi, jangan ragu untuk berbicara pada dokter Halodoc. Sebab melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa berbicara pada dokter kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call. Jadi, yuk download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!