23 February 2018

Punya Kecemasan Sosial? Coba Siasati dengan Ini

Punya Kecemasan Sosial? Coba Siasati dengan Ini

Halodoc, Jakarta – Ada yang cemas saat harus berbicara di depan orang, dan ada juga yang cemas saat berada di lingkungan baru. Ini wajar saja terjadi, apalagi saat seseorang menghadapi siatuasi yang menegangkan dan menakutkan. Tapi, kalau rasa cemas yang muncul membuat seseorang menarik diri dari lingkungan, ini perlu diwaspadai. Karena cemas berlebihan bisa menjadi tanda awal adanya gangguan kecemasan sosial.

Gangguan kecemasan sosial (social anxiety disorder) merupakan ketakutan yang ekstrem dan irasional karena merasa dinilai oleh orang-orang di sekitarnya. Kecemasan ini biasanya intens dialami seseorang, dengan frekuensi yang cukup sering terjadi, dan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Nah, kalau kamu merasa memiliki gangguan kecemasan sosial, kamu perlu melakukan sesuatu untuk menghadapi kecemasan sosial yang muncul. Apa saja tips untuk menghadapi kecemasan sosial? Intip di sini, yuk!

  1. Cari Tahu Penyebabnya

Agar mudah dalam menghadapi kecemasan, hal pertama yang perlu dilakukan adalah mencari tahu penyebabnya. Ini karena setiap orang memiliki perbedaan situasi yang membuatnya cemas. Ada yang merasa cemas saat harus bertemu orang baru, dan ada juga yang cemas saat berinteraksi dengan orang lain. Dengan mengetahui penyebab kecemasan, kamu akan lebih mudah mencari solusi untuk menghadapi kecemasan tersebut.

  1. Belajar Rileks

Selain untuk menghadapi kecemasan, belajar relaksasi juga dilakukan untuk meminimalisir gejala fisik yang muncul saat cemas. Umumnya, gejala fisik yang muncul adalah keringat dingin, jantung berdebar, dan napas lebih pendek. Nah, salah satu teknik relaksasi yang bisa dilakukan adalah menarik napas dalam-dalam, lalu membuangnya secara perlahan. Kamu bisa menerapkan teknik rileksasi ini saat nafas menjadi pendek ketika rasa cemas muncul. Ulangi beberapa kali hingga napas kembali normal.

  1. Berpikir Positif

Hal yang bisa membuat kecemasan semakin parah adalah pikiran negatif. Beberapa orang yang mengalami kecemasan berpikir bahwa keberadaannya tidak diinginkan, sehingga ia akan merasa takut untuk berinteraksi dengan orang lain. Padahal, pikiran tersebut belum tentu benar. Oleh karena itu, agar tidak semakin cemas, kamu perlu mengubah pikiran menjadi lebih positif. Misalkan, kamu bisa mengubah keyakinan "Kehadiranku enggak akan dianggap." menjadi "Aku harus kenalan biar mereka tahu aku.". Atau, “Mereka enggak akan suka sama aku.” diubah menjadi “Aku harus bersikap baik agar mereka suka berteman denganku.”.

  1. Hadapi Rasa Takut

Menghindari rasa takut bukanlah jalan keluar untuk mengatasi kecemasan. Justru, menghadapi rasa takut bisa membantu kamu mengatasi rasa cemas. Karena semakin kamu menghindari rasa takut, maka ketakutan itu akan semakin besar. Akibatnya, rasa takut yang semakin besar akan membuat kamu merasa cemas saat menghadapi ketakutan tersebut. Jadi, kamu perlu sedikit memaksakan diri untuk menghadapi apa yang membuat kamu takut, misalkan dengan bersosialisasi di lingkungan terdekat. Lakukan hal ini berulang kali sampai kamu merasa terbiasa menghadapinya.

  1. Meditasi

Selain menarik napas, teknik relaksasi yang bisa dilakukan untuk mengatasi kecemasan adalah meditasi, yakni praktik relaksasi yang melibatkan pelepasan pikiran dari semua hal yang menarik, membebani, maupun mencemaskan dalam hidup sehari-hari. Ini dibuktikan dalam studi yang dilakukan oleh National Institutes of Health. Studi tersebut menemukan bahwa meditasi secara damai dan menyenangkan dapat secara efektif melawan rasa cemas. Studi tersebut juga meneukan adanya penurunan tingkat stres pada orang yang terdiagnosa kecemasan setelah rutin melakukan meditasi.

Mengatasi kecemasan sosial tentu bukanlah hal yang mudah. Karena itu, kamu perlu bersabar untuk menghadapi kecemasan tersebut. Namun, jika tips di atas tidak membuat rasa cemas yang muncul berkurang, kamu perlu segera bicara dengan dokter. Agar tidak repot, kamu bisa memanfaatkan fitur Contact Doctor di Halodoc untuk bicara dengan dokter melalui Chat dan Video/Voice Call. Jadi, jangan tunggu sampai gangguan kecemasan sosial yang kamu alami memengaruhi kualitas hidup kamu. Ayo download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play agar bisa segera bicara dengan dokter kapan saja dan dimana saja kamu mau.