02 January 2018

Rahasia Olahraga bisa Cegah Kanker Usus Besar

Rahasia Olahraga bisa Cegah Kanker Usus Besar

Halodoc, Jakarta – Pencernaan kamu sering terganggu? Jangan dianggap sepela, ya. Masalah pencernaan yang dianggap biasa justru bisa berbahaya bagi kondisi tubuh secara keseluruhan, lho. Ini karena masalah pencernaan yang tidak diatasi dengan baik dapat mengacu pada kondisi kesehatan yang lebih serius.

Kondisi kesehatan usus besar dapat dijaga dengan baik apabila kamu memerhatikan pola makan serta aktivitas fisik yang dilakukan setiap hari. Dengan begini, kamu akan terhindar dari masalah pencernaan yang terganggu bahkan potensi terkena kanker usus besar di kemudian hari.

Dari sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti asal University of California dan San Francisco (UCSF) dalam beberapa tahun belakaangan, mereka mengumpulkan serta menganalisis data pasien. Para pasien ini merupakan penduduk di Amerika Serikat yang bersedia berpartisipasi dalam studi nasional dan mengidap kanker stadium III. Para peserta studi ini secara sukarela menjalani evaluasi selama tujuh tahun.

Dari studi ini ditemukan bahwa peserta studi yang mengidap kanker usus besar justru bisa lebih sehat. Rahasia ada pada para peserta yang memiliki berat badan ideal. Meski terkena kanker, mereka rutin melakukan aktivitas fisik dan juga konsumsi biji-bijian. Dua hal ini menjadi kunci sehat meski mereka sudah terkena kanker. Hal ini disampaikan oleh Erin L Van Blarigan yang merupakan salah seorang dari peneliti dalam studi ini.

Kemudian, seorang peneliti dari Universitas Harvard membuat studi kuesioner tentang gaya hidup sehat peserta studi. Hasilnya diketahui bahwa dengan menjalani gaya hidup sehat dengan aktivitas fisik rutin justru menurunkan risiko kematian hingga 42 persen.

Menurut Erin, ada sekitar satu juta pengidap kanker kolorektal di Amerika Serikat, dan dengan pola gaya hidup sehat dan olahraga jadi dapat hidup lebih lama. Jelas bukan, kini kamu bisa menambah satu lagi cara agar terhindar dari penyakit kanker. Yakni dengan rutin berolahraga dan perbanyak makan biji-bijian sehat.

Agar terhindari dari kanker usus besar, coba ikuti beberapa tips berikut ini:

  1. Atur pola makan sehat setiap hari. Perbanyak serat dan sayuran yang baik untuk tubuh. Selain itu, ingat untuk mengolah makanan dengan bersih. Meski kamu banyak mengonsumsi sayur, perhatikan kebersihannya karena bisa jadi sayuran kamu terkontaminasi pestisida yang justru bahaya jika dikonsumsi.
  2. Olahraga teratur setiap hari. Kamu bisa melakukan jogging setiap pagi dan melakukan kegiatan olahraga lain di waktu luang seperti bersepeda dan berenang. Dengan berolahraga secara rutin, kamu akan bisa menjaga berat badan ideal sehingga terhindar dari obesitas. Tentu saja ini akan membantu mengurangi risiko sakit.
  3. Rutin memeriksakan kesehatan agar kamu bisa mengetahui kondisi tubuh. Deteksi penyakit sejak dini penting agar penanganannya bisa maksimal dan kamu pun bisa sembuh lebih cepat.
  4. Konsumsi vitamin dan suplemen itu penting untuk menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah sakit. Namun sebelum memilih vitamin dan suplemen yang tepat sebaiknya bicarakan dulu dengan dokter agar bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan tubuh kamu, ya.

Sedia selalu aplikasi Halodoc agar kamu bisa langsung menghubungi dokter apabila merasa kondisi kesehatan kamu terganggu. Melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa bicara langsung dengan dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Selain itu, kamu juga bisa membeli vitamin dan suplemen yang dibutuhkan dan pesanan akan diantar dalam satu jam, lho. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.