14 August 2018

Rahasia Tidur Nyenyak Bayi, Ibu Bisa Beri Makanan Ini

makanan untuk bayi,bayi susah tidur

Halodoc, Jakarta - Layanan Kesehatan Nasional (NHS) Inggris dan American American Academy of Pediatrics menyatakan bahwa waktu yang tepat untuk memberikan makan pada bayi atau MPASI (makanan pendamping air susu ibu) adalah saat Si Kecil memasuki usia 6 bulan.

Berbeda dengan pendapat ahli  jurnal JAMA Pediatrics yang mengungkap bahwa makanan pendamping ASI sudah dapat diberikan saat bayi berusia tiga bulan. Ada manfaat bagi ibu dan bayi jika memberikan makanan sebelum bayi berusia enam bulan. Salah satunya, bayi tidur lebih nyenyak dan kualitas hidup ibu membaik.

Sebuah penelitian dilakukan oleh King’s College, London dan St George, University of London yang melibatkan 1.303 bayi berusia 3 bulan yang dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama, para bayi diberi ASI sampai usia 6 bulan. Sementara kelompok kedua bayi diberi makanan pendamping ASI saat berusia tiga bulan. Orangtua para bayi diminta untuk mengisi kuisioner online setiap bulan hingga bayi mereka berusia satu tahun kuisioner tiga bulan hingga bayi berusia tiga tahun.

Berdasarkan hasil survey yang dilakukan, bayi di kelompok kedua (diberi makan pendamping ASI lebih awal) menunjukkan beberapa kelebihan. Para bayi punya jam tidur lebih lama, terbangun lebih jarang, dan lebih sedikit memiliki masalah tidur dibanding bayi pada kelompok pertama.

Menurut ahli, perbedaan antara kelompok pertama dan kedua sebenarnya tidak terlalu besar. Namun, dampak kecil tersebut memberi manfaat besar bagi orangtua. Sedangkan, orangtua pada kelompok kedua memiliki jam tidur 16 menit lebih lama dari kelompok pertama. Sehingga jika dijumlahkan orangtua memiliki dua jam tidur tambahan perminggunya.

Baca juga: Popok Kain Vs Popok Sekali Pakai, Lebih Baik Mana?

“Perlu diingat, kualitas tidur bayi secara langsung memengaruhi kualitas hidup orangtuanya, bahkan peningkatan kecil dapat memberi manfaat besar,” ujar co-author penelitian Dr. Michael Perkin dari St. George, University of London.

Ketika bayi tidur nyenyak,maka masalah tidur seperti sering menangis dan mudah marah juga berkurang. Tentu orangtua lebih tenang dan tidak perlu begadang.

Makanan Apa yang Diperkenalkan untuk Bayi?

Pada awal perkenalan, bayi bisa memakan buah dan sayuran yang dimasak dan dihaluskan. Misalnya ubi, kentang, wortel, apel atau pir. Buah-buahan lunak seperti buah persik, melon, buah naga, dan lainnya. Ibu bisa mencampurkan beras bayi atau sereal bayi dengan ASI.

Namun ada juga bayi yang memerlukan waktu lama untuk terbiasa dengan tekstur baru, sehingga mereka menyukai makanan halus. Ada baiknya para orangtua selalu menawarkan makanan berbeda untuk bayi sebelum bayi terbiasa dengan makanan dan tekstur baru.

Ketika bayi sudah berumur di atas enam bulan dan terbiasa dengan tekstur baru pada makanan pendamping. Maka beberapa makanan ini bisa diberikan beberapa saat sebelum bayi tidur agar ia tidur nyenyak:

 

  • Pisang

 

Pisang mengandung magnesium yang bertindak sebagai relaksasi otot yang melemaskan seluruh tubuh. Selain itu terkandung pula hormon penginduksi tidur yaitu melatonin dan serotonin yang mengatur siklus tidur. Berikan pisang pada anak setiap malam, tambahkan pula ASI sesaat sebelum tidur agar anak menjadi lebih rileks.

Baca juga: 5 Cara Membuat Si Kecil Nyaman di Hari Pertama di Sekolah

  1. Salmon

Salmon merupakan salah satu pilihan terbaik di antara makanan laut yang menginduksi tidur. Jika salmon dimakan saat makan malam, biasanya akan merangsang produksi melatonin dan serotonin. Selain anak jadi lebih mudah dan nyenyak saat tidur, serat dalam salmon juga baik untuk menambah berat badan anak. Bahkan, kandungan vitamin dalam salmon baik untuk tumbuh kembang otak.

  1. Bayam

Merupakan sayuran yang wajib diperkenalkan pada anak. Bayam kaya akan vitamin dan mineral yang diperlukan untuk keseluruhan tubuh, ia juga mengandung asam amino triptofan tinggi. Ibu bisa mengkreasikan menu bayam sesuai selera anak.

  1. Anggur

Tidak perlu meragukan buah kecil yang satu ini. Anggur memiliki kandungan melatonin yang tinggi. Anda bisa menambahkan potongan buah anggur dalam menu Si Kecil.

Itulah beberapa makanan yang bisa ibu berikan supaya bayi tidur nyenyak di malam hari. Ibu juga bisa menambah variasi makanan yang selain bisa membuat bayi tidur nyenyak di malam hari, tapi juga bergizi baik. Tanyakan menu makanan terbaik bagi bayi pada pakar gizi di Halodoc. Ibu hanya perlu download aplikasi Halodoc agar lebih leluasa melakukan tanya jawab dengan dokter via Chat dan Voice/Video Call kapan saja dan dimana saja.