10 September 2017

Rasa Sakit Apa Saja yang Tidak Boleh Diabaikan Bagi Wanita? Berikut Ulasannya

Rasa Sakit Apa Saja yang Tidak Boleh Diabaikan Bagi Wanita, Berikut Ulasannya

Halodoc, Jakarta - Kehamilan adalah masa-masa yang begitu penting bagi seorang wanita. Ada banyak perubahan yang dialami selama masa kehamilan baik perubahan secara fisik maupun mental. Setiap kehamilan memberikan pengalaman yang berbeda pada setiap wanita. Tapi yang perlu diwaspadai adalah rasa sakit yang tidak boleh diabaikan saat hamil, seperti berikut:

Rasa Sakit di Perut Bagian Tengah dan Atas
Rasa sakit di perut bagian tengah dan atas biasanya dibarengi dengan muntah dan mual. Penyebabnya bisa karena heart burn, kadar asam dalam tubuh, gangguan pencernaan, keracunan makanan, dan lain-lain. Tapi rasa sakit ini juga bisa jadi gejala preeclampsia, yaitu penyakit yang biasanya terjadi pada minggu ke-20 masa kehamilan di mana tekanan darah naik yang disertai dengan munculnya protein di urin. Penting untuk segera menghubungi dokter bila hal ini terjadi.

Rasa Sakit di Perut Bagian Bawah
Selama masa kehamilan, rasa sakit di perut bagian bawah bisa jadi sinyal yang berbahaya. Hal ini bisa jadi tanda terjadi robekan ligamen yang masih dianggap normal dan tak berbahaya. Tapi juga bisa jadi tanda kehamilan ektopik, yaitu kehamilan yang berkembang di luar rahim. Selain itu, rasa sakit ini juga bisa gejala keguguran, kelahiran prematur, atau pecah ketuban.

Demam
Meskipun tidak mengalami gejala flu, batuk, atau pilek, tidak jarang ibu hamil juga mengalami demam. Jika demikian, maka sangat penting untuk segera menemui dokter. Pasalnya, demam tinggi saat hamil bisa memicu risiko autisme dan risiko penyakit lainnya.

Gangguan Penglihatan
Mengalami gangguan penglihatan, seperti pandangan buram atau penglihatan kabur. Gangguan daya penglihatan ini bisa jadi indikasi preeclampsia yaitu kondisi kehamilan ditandai dengan tekanan darah tinggi dan terkadang dengan retensi cairan dan proteinuria.

Pembengkakan di Anggota Badan dan Wajah
Hal yang normal bagi ibu hamil mengalami pembengkakan di anggota badan seperti tangan dan kaki bahkan wajah. Tapi kalau pembengkakan ini disertai gangguan penglihatan dan sakit di perut, penting untuk segera berdiskusi ke dokter.

Sakit Kepala
Pusing dan sakit kepala akan sangat menyiksa saat hamil dan disertai dengan gejala lain preeclampsia. Jika hal ini terjadi, maka jangan terus dibiarkan, segera periksakan diri ke dokter agar bisa ditangani dengan tepat.

Sakit Saat Buang Air Kecil
Sensasi terbakar saat buang air kecil bisa jadi gejala infeksi saluran kencing. Jika hal ini terjadi, dokter mungkin akan meresepkan antibiotik tapi perlu pemeriksaan yang lebih menyeluruh. Selain itu perlu waspada bila gampang merasa haus dan disertai dengan makin sering buang air kecil. Hal ini bisa jadi indikasi diabetes kehamilan (gestational diabetes).

Muntah Lebih dari Dua Kali
Sering muntah atau lebih dari 2 kali muntah selama hamil, ini bisa jadi gejala hiperemesis gravidarum, yaitu mual dan muntah di masa kehamilan dengan frekuensi serta gejala yang jauh lebih parah daripada morning sickness.

Jika merasakan gejala atau sakit yang dirasa tidak biasa selama kehamilan, segera periksakan diri ke dokter. Dengan begitu kamu bisa memastikan tumbuh kembang janin dan bisa tetap berjalan dengan baik. Kamu bisa berdiskusi dengan dokter kandungan terbaik mengenai kehamilan dan rasa sakit yang tidak boleh diabaikan saat hamil lewat aplikasi kesehatan Halodoc. Bisa dengan video atau voice call dan chat kapanpun dan dimanapun kamu berada. Download segera aplikasi Halodoc di smartphone kamu.

BACA JUGA: 7 Makanan Berbahaya untuk Ibu Hamil