Rayakan Valentine dengan Minum Wine, Ini Manfaatnya

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Rayakan Valentine dengan Minum Wine, Ini Manfaatnya

Halodoc, Jakarta – Kalau kamu berencana untuk merayakan valentine dengan makan malam bersama pasangan, jangan lupa untuk memesan segelas wine, ya. Minuman beralkohol yang terbuat dari fermentasi buah anggur ini ternyata memiliki beragam manfaat baik untuk kesehatan, lho. Buat para wanita, meminum red wine saat sedang menyantap hidangan juga bisa menjaga berat badan tetap ideal. Penasaran apa saja manfaat wine? Yuk, cari tahu di sini.

Dalam berbagai acara perayaan, terutama valentine, wine sering dipilih sebagai minuman untuk melengkapi acara makan malam. Para chef pun juga sering menyarankan untuk mengonsumsi daging steak disertai dengan minum wine agar cita rasa yang ada dalam daging lebih terasa nikmat. Tapi tahukah kamu, selain sebagai pelengkap makan malam, wine juga bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Dari berbagai jenis wine, red wine yang dikatakan paling baik, karena buah anggur merah yang terdapat di dalamnya, kaya akan kandungan antioksida yang sangat baik untuk tubuh. Berikut manfaat kesehatan yang bisa kamu dapatkan dari mengonsumsi red wine:

  1. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Seorang ahli juga mengungkapkan bahwa meminum red wine saat menyantap hidangan bisa membuatmu merasa lebih cepat kenyang, sehingga kamu pun enggak tergoda untuk mengonsumsi makanan dalam porsi banyak. Dengan demikian, berat badanmu tetap terjaga ideal. Selain itu, penelitian di Korea juga menemukan adanya senyawa piceatannol dalam kandungan red wine. Senyawa ini mampu mencegah pembentukan dan perkembangan sel lemak. (Baca juga: Cara Tepat Menikmati Alkohol Tanpa Tambah Berat Badan)

  1. Meningkatkan Daya Ingat

Red wine mengandung resveratrol, yaitu senyawa polifenol yang banyak ditemukan pada biji dan kulit anggur. Dari sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus, ditemukan hasil bahwa kandungan resveratrol berperan sebagai anti-peradangan yang efektif meningkatkan daya ingat dan suasana hati pada tikus.

  1. Menurunkan Risiko Kanker

Selain baik untuk daya ingat, meminum red wine juga dapat menurunkan risiko penyakit kanker. Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian yang menemukan bahwa adanya kemungkinan kandungan resveratrol dapat mencegah kanker kepala dan leher. Resveratrol mampu membunuh sel-sel rusak yang bisa memicu kanker, sehingga juga dipercaya dapat mencegah kanker usus besar.

  1. Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi

Mengonsumsi red wine, red wine jenis non-alkohol, dan ekstrak biji anggur merah ternyata juga bisa membantu kesehatan gigimu agar terhindar dari penyakit karies, lho! Hal ini dibuktikan oleh sebuah studi yang menemukan adanya pengaruh antimikroba pada minuman tersebut yang mampu mengatasi bakteri-bakteri penyebab penyakit mulut dan gigi seperti F. nucleatum, A. oris dan S. oralis.

  1. Menurunkan Kadar Gula dalam Darah

Red wine juga baik untuk dikonsumsi oleh pengidap diabetes karena dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah selama 24 jam. Anggur merah pada red wine juga dipercaya dapat membantu pengidap diabetes tipe 2 dalam menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Walaupun red wine memiliki manfaat baik untuk kesehatan tubuh, tapi bukan berarti hal tersebut menjadi alasan untuk mengonsumsi minuman anggur ini secara berlebihan. Karena mengonsumsi red wine terlalu banyak malah dapat menganggu kesehatan. Konsumsilah red wine dalam porsi yang pas untuk mendapatkan beberapa manfaat di atas. Bagi para pria dewasa, takaran yang dianjurkan adalah dua gelas sehari, sedangkan wanita, satu gelas sehari.

Jika ingin mengonsumsi red wine, kamu juga bertanya terlebih dahulu kepada dokter Halodoc. Melalui Video/Voice Call dan Chat, kamu bisa meminta saran-saran kesehatan kapan saja dan di mana saja. Di Halodoc kamu juga bisa membeli produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan. Tinggal order melalui aplikasi dan pesanan kamu akan diantar dalam satu jam. Ingin melakukan tes kesehatan? Halodoc kini memiliki fitur Lab Service yang memudahkan melakukan berbagai macam tes kesehatan. Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.