18 May 2018

Renang Saat Puasa, Kapankah Waktu yang Tepat

Renang Saat Puasa, Kapankah Waktu yang Tepat

Halodoc, Jakarta – Melakukan olahraga saat bulan puasa tentu saja diperbolehkan. Bahkan, olahraga saat bulan puasa memang dianjurkan agar kesehatan tubuh kamu tetap terjaga dan menjauhkan dari segala macam penyakit. Tidak ada olahraga yang dilarang untuk dilakukan, termasuk berenang. Namun, untuk melakukan olahraga renang, kamu harus mengetahui waktu yang tepat dan juga peralatan yang kamu gunakan agar kamu tidak batal saat menjalankan olahraga renang.

Waktu Yang Baik Untuk Renang saat Puasa

Lakukanlah olahraga renang pada sore hari, 30-60 menit sebelum waktu berbuka adalah waktu yang ideal untuk kamu melakukan olahraga renang ini. Berenang selama 30 menit nyatanya mampu membakar kalori cukup banyak, pada wanita sebanyak 360 kalori dan pada pria sebanyak 420 kalori. Tentunya s aat kamu berenang, tubuh kamu bisa terjaga tetap prima dan juga tetap segar.

Pemilihan waktu berolahraga saat puasa sangatlah penting. Renang merupakan salah satu olahraga yang menggunakan seluruh fungsi indra tubuh, sehingga jika kamu melakukan olahraga renang pada siang hari, ditakutkan akan kelelahan malah merusak ibadah puasa kamu. Kamu harus tetap memperhatikan kesehatan tubuh kamu sebelum olahraga. Keringat atau energi yang keluar sebaiknya segera diganti agar tubuh tidak dehidrasi.

Sebenarnya, kamu bisa melakukan olahraga renang pada malam hari. Namun, biasanya pada malam hari muslim menjalankan salat tarawih. Oleh karena itu, berolahraga setelah menjalankan salat tarawih rasanya akan terlalu malam dan membuat tubuh kamu akan semakin lelah.

Tidak perlu terlalu sering berolahraga saat sedang menjalankan ibadah puasa. Kamu bisa berenang seminggu 2 kali atau maksimal seminggu 3 kali. Namun saat kamu berenang, kamu tetap harus berhati-hati agar menghindari air yang masuk ke dalam tubuh kamu. Kamu juga dilarang untuk membuang angin saat di dalam air, karena saat kamu membuang angin, kemungkinan akan ada air yang masuk melalui dubur kamu.

Yang Harus Disiapkan Sebelum Berenang

Saat kamu akan berenang, banyak yang harus diperhatikan terutama peralatan yang akan menunjang olahraga renang kamu.

  • Penyumbat Telinga

Saat renang, kamu disarankan untuk menggunakan penyumbat telinga agar tidak ada air yang masuk ke tubuh kamu melalui telinga. Selain dapat menyebabkan batal puasa, saat telinga kamu tidak sengaja masuk air akan menimbulkan ketidaknyamanan, bahkan bisa menyebabkan infeksi telinga.

  • Penjepit Hidung

Sama seperti penyumbat telinga, menggunakan penjepit hidung akan menghindarkan kamu dari masuk air yang tidak disengaja melalui hidung. Selain itu, akan menghindarkan kamu dari mikroba atau bakteri yang bisa masuk melalui hidung.

  • Kacamata Renang

Gunakan kacamata renang agar kesehatan mata kamu tetap terjaga. Sebagian besar air kolam renang mengandung klorin dan bahan kimia lainnya agar menjaga kolam renang tetap bersih dari lumut atau algae. Selain membuat penglihatan kamu lebih jelas saat di kolam renang, kacamata renang akan menjauhkan kamu dari penyakit mata.

  • Pelampung

Sangat penting bagi kamu yang belum begitu mahir untuk berenang. Biasanya dengan menggunakan pelampung kamu akan lebih terbantu saat kamu melakukan olahraga renang. Kamu juga akan terhindar dari kecelakaan tenggelam yang bisa saja terjadi. Jika kamu menggunakan pelampung, kamu juga bisa bersantai sejenak di dalam air tanpa harus khawatir kamu tidak sengaja meminum air kolam.

(Baca juga: 3 Tips Olahraga di Bulan Ramadhan)

Nah, jika kamu mau tahu lebih banyak manfaat berenang saat menjalankan ibadah puasa, kamu bisa tanya dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store dan Google Play sekarang juga.