• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Saat Motivasi Kerja Mulai Hilang, Apa yang Harus Dilakukan?

Saat Motivasi Kerja Mulai Hilang, Apa yang Harus Dilakukan?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Kehilangan motivasi kerja umum dialami oleh orang yang bosan menjalani rutinitas pekerjaan yang sama setiap harinya. Saat kehilangan motivasi kerja, cara mudah untuk mengembalikannya harus dimulai dari diri sendiri. Sebenarnya tidak sulit untuk mengembalikan motivasi kerja. Kuncinya adalah keteguhan dari dalam diri. Berikut ini beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengembalikan motivasi kerja:

Baca juga: Tips Menciptakan Suasana Kerja yang Bahagia

1. Pastikan Pekerjaan yang Dijalani sesuai dengan Minat

Menjalani pekerjaan sesuai dengan minat mungkin terdengar klasik. Namun, hal ini diakui bisa menjadikan motivasi yang kuat. Jika pekerjaan yang kamu jalani sudah sesuai dengan minat, maka perlu bersyukur. Jika belum, maka jangan takut untuk menemukan pekerjaan yang lebih sesuai. 

2. Seimbang antara Waktu Bekerja dan Istirahat

Seseorang bisa kehilangan motivasi kerja karena terlalu lelah. Itulah pentingnya memiliki keseimbangan antara waktu bekerja dan istirahat. Jika merasa kelelahan secara fisik atau psikis, hilangnya motivasi kerja sangat mudah terjadi. Coba atur waktu istirahat yang lebih konsisten dengan durasi yang cukup. 

Di luar jam makan siang, kamu bisa menyisihkan 10–15 menit untuk setiap 1 atau 2 jam sekali untuk istirahat. Perlu diingat juga untuk tidak mengambil waktu istirahat terlalu lama supaya pekerjaan tidak terbengkalai.

3. Pekerjaan dan Kehidupan yang Seimbang

Jangan sampai karena pekerjaan kamu justru mengorbankan kehidupan pribadi. Hal tersebut menjadi salah satu penyebab seseorang kehilangan motivasi kerja. Setelah pulang kerja, kamu perlu menikmati waktu untuk diri sendiri atau bersama keluarga. Begitu juga saat hari libur, cobalah menikmati waktu dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan dan bersama orang-orang yang disayangi.

Baca juga: Dikucilkan di Tempat Kerja, Ini Cara Menghadapinya

4. Jalani Pola Hidup Sehat

Hidup sehat berjalan lurus dengan mengembalikan motivasi kerja. Jika bekerja dengan kondisi fisik yang psikis yang kurang baik, rasanya tidak akan nyaman. Itulah pentingnya membiasakan diri sarapan dan olahraga sebelum bekerja. Selain itu, kebiasaan begadang harus dihindari agar memiliki waktu tidur yang cukup dan berkualitas. 

5. Positive Thinking

Sepele dan klise, tetapi tidak bisa dipungkiri hal ini berperan sangat besar. Perlu disadari, bahwa motivasi kerja berasal dari dalam pikiran. Jika kamu bisa melihat berbagai hal dari sisi positif, maka tidak akan sulit untuk mempertahankan atau mengembalikan motivasi kerja. 

6. Tentukan Target dan Tujuan

Hilangnya motivasi kerja mungkin karena kamu kehilangan atau lupa akan tujuan bekerja. Untuk itu, cari tahu terlebih dulu apa sebenarnya tujuan kamu bekerja. Kemudian, susun apa saja target yang ingin dicapai. Target bisa berupa target besar atau beberapa target kecil yang lebih mudah dicapai. Ketika memiliki tujuan dan target, seseorang akan lebih mudah untuk menentukan langkah.

Baca juga: Inilah 8 Ciri-Ciri Rekan Kerja yang Toxic

Itulah yang perlu tips mengembalikan motivasi kerja. Jika mental kamu sudah terlalu lelah dengan rutinitas pekerjaan yang dilakukan, jangan ragu untuk mendiskusikannya dengan psikolog atau psikiater di aplikasi Halodoc, ya. Jangan biarkan masalah ini berlarut karena dapat berujung pada penurunan produktivitas kerjamu.

Referensi:
Positive Psychology. Diakses pada 2021. The Science of Improving Motivation at Work
Inc. Diakses pada 2021. 7 Things You Can do Today to Regain Your Motivation at Work