10 June 2018

Sadar Atau Tidak, 5 Makanan Lebaran Ini Berbahaya Tidak Baik untuk Kesehatan

Sadar Atau Tidak, 5 Makanan Lebaran Ini Berbahaya Tidak Baik untuk Kesehatan

Halodoc, Jakarta - Puasa Ramadan sedikit lagi akan selesai. Umat muslim akan segera menyambut hari kemenangan. Saat lebaran, biasanya akan tersaji banyak makanan dan minuman yang akan dihidangkan, seperti ketupat, opor ayam, aneka macam kue, dan makanan lainnya. Ini tentu menjadi  momen terbaik untuk mencicipi semuanya. Meskipun demikian, ada beberapa makanan berbahaya saat lebaran yang tidak baik bila dikonsumsi secara berlebihan. Yuk, cari tahu selengkapnya!

  1. Makanan Karbohidrat

Makanan berbahaya saat lebaran yang berkarbohidrat seperti lontong, nasi, dan kue-kuean yang terbuat dari tepung pasti akan kamu temui. Bagi kamu yang mengidap diabetes atau tak ingin lingkar pinggang melonjak, sebaiknya hindari konsumsi makanan ini berlebihan.

Baca juga: Berat Badan Tetap Meski Makan Banyak Saat Lebaran, Bisa?

  1. Makanan yang Mengandung Gula

Makanan berbahaya saat lebaran yang pertama adalah makanan yang memiliki kandungan gula. Tak bisa dipungkiri, jika saat lebaran, ada kue-kue manis khas lebaran seperti nastar, putri salju, cookies, dan lain-lainnya yang memiliki kandungan gula pasti sangat menggoda dan tak ingin kamu lewatkan, bukan? Tapi, bila terlalu berlebihan berisiko meningkatkan berat badan dan gula darah.  

  1. Makanan Berkuah Santan

Siapa yang tidak suka dengan opor ayam dengan sayur yang berkuah santan. Rasanya yang gurih, membuat menu ini selalu ditunggu oleh banyak orang. Namun, yang perlu diperhatikan jangan  berlebihan mengonsumsinya karena makanan yang satu ini terbuat dari santan yang mengandung kolesterol sehingga kurang baik bila dikonsumsi berlebihan.

  1. Makanan Berminyak dan Berlemak

Makanan berbahaya saat lebaran selanjutnya adalah makanan berminyak dan berlemak. Biasanya, menu ayam dan daging seringkali diolah menjadi makanan yang mengandung banyak minyak dan lemak. Makanan ini memang nikmat. Tapi jangan lupa untuk sayangi jantung dengan membatasi makanan ini agar kamu tidak mengalami kenaikan berat badan, jerawat dan masalah kesehatan lainnya.

Makanan yang Mengandung MSG dan Garam Tinggi

Makanan berbahaya saat lebaran yang perlu juga diwaspadai adalah yang memiliki kandungan MSG dan garam tinggi seperti ikan asin, telur asin, saus tomat, kecap asin, saus sambal, daging kalengan. Hal ini dikarenakan terlalu banyak MSG dan juga garam bisa memicu kamu mengidap darah tinggi atau hipertensi dan gangguan pada ginjal.

Ingatlah kamu harus tetap mempertahankan asupan makanan yang baik saat merayakan Idul Fitri. Jangan tergoda untuk memakan secara berlebihan agar tubuh kamu bisa terus fit saat lebaran maupun sesudahnya. Apalagi bila kamu melaksanakan kegiatan bermudik, kamu harus lebih aware akan kondisi kesehatan kamu.

Kamu juga bisa menanyakan soal masalah kesehatan bersama dokter ahli dan tepercaya yang ada di Halodoc. Melalui aplikasi kesehatan ini kamu bisa memilih sendiri dokter yang ingin kamu ajak bicara melalui pilihan komunikasi Chat dan Voice/Video Call di layanan Contact Doctor. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play sekarang.