Sakit, Pilih Asuransi atau Biaya Sendiri?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Sakit, Pilih Asuransi atau Biaya Sendiri?

Halodoc, Jakarta – Yang namanya sakit itu enggak bisa ditebak kapan datangnya. Tapi jika sudah terjadi, biaya pengobatan yang diperlukan bisa berkisar mulai dari ratusan ribu sampai ratusan juta rupiah, lho. Itulah mengapa kesehatan merupakan hal yang sangat penting dan mahal harganya. Berapa pun uang dan tabungan yang kamu miliki, bisa terkuras habis begitu saja hanya untuk biaya berobat. Nah, itulah mengapa mempunyai asuransi kesehatan sangat penting untuk memberi kamu jaminan biaya kesehatan jika sewaktu-waktu jatuh sakit. Berikut beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari asuransi kesehatan:

  • Memberi Ketenangan

Setiap hari kamu dihadapkan dengan kemungkinan kejadian yang tidak terduga, seperti sakit atau kecelakaan. Kondisi yang kurang menyenangkan ini memang terjadi secara tiba-tiba dan biasanya menuntut pengeluaran yang cukup besar. Walaupun kamu mungkin termasuk orang yang sudah menyiapkan biaya untuk, tapi risiko kerugian yang bisa diakibatkan oleh kejadian tidak terduga tersebut bisa diminimalisir dengan adanya asuransi kesehatan.

Dengan memiliki asuransi kesehatan, kamu bisa menjalani hari-hari dengan lebih tenang, karena pihak penyedia layanan jasa asuransi lah yang akan menanggung sebagian hingga seluruh kewajiban pembayaran jika sewaktu-waktu kamu jatuh sakit atau mengalami kecelakaan. Selain itu, pihak asuransi juga bisa memberikan rekomendasi kepada pemegang polis untuk melakukan tindakan preventif atau cara penanggungan kerugian.

  • Sebagai Tabungan

Saat mendaftarkan diri sebagai nasabah pemegang polis di suatu asuransi kesehatan, kamu akan diminta untuk membayar sejumlah uang tiap bulannya untuk biaya administrasi dan biaya premi polis. Namun, jika ternyata selama jangka waktu kontrak, kamu jarang atau tidak pernah mengklaim biaya kesehatan kepada asuransi, maka biasanya ada jaminan pengembalian uang pada akhir kontrak.

  • Meringankan Beban Keuangan

Jika sewaktu-waktu kamu jatuh sakit atau mengalami kecelakaan dan harus dirawat di rumah sakit dalam jangka waktu yang cukup panjang. Asuransi kesehatan dapat membantu menanggung biaya inap termasuk biaya pengobatan selama kamu dirawat di rumah sakit. Jadi, yang tadinya kamu harus membayar biaya rumah sakit yang sangat besar akibat kejadian tidak terduga yang terjadi, dengan adanya asuransi kesehatan, pengeluaran pun jadi berkurang. Hal ini tentunya akan meringankan beban keuangan kamu, kan?

  • Membantu Mengatur Keuangan

Dengan membayar premi secara rutin, tanpa sadar kamu sudah memisahkan sejumlah dana yang berguna ketika terjadi kejadian yang tidak terduga. Jadi, ketika kejadian kurang menyenangkan itu benar-benar terjadi, kamu tidak perlu cemas memikirkan bagaimana membayar biaya pengobatan. Ini karena sudah ada asuransi yang akan siap menanggungnya.

Tapi, jangan hanya tergiur manfaat yang sangat menguntungkan tersebut. Kamu juga perlu teliti dalam mempelajari polis asuransi. Sehingga kamu tidak mengalami kerugian nantinya, ya. Nah, berikut hal-hal yang perlu kamu cermati dari asuransi kesehatan:

  • Tawaran Cash Plan

Pernah dengar tawaran cash plan? Cash plan adalah tawaran asuransi untuk mengganti biaya berdasarkan berapa lama kamu dirawat di rumah sakit. Ini berarti asuransi akan menetapkan sejumlah dana, misalnya per hari Rp1 juta, dan dikalikan dengan jumlah hari kamu dirawat. Hal ini tidak menguntungkan karena biaya rumah sakit tidak bisa diperkirakan dengan nominal tetap seperti itu. Asuransi juga seharusnya mengganti semua biaya yang dikeluarkan selama kamu dirawat. Jika kamu mengambil metode cash plan, maka bisa jadi dompet kamu akan tetap terkuras. Jadi sebaiknya, ambil tawaran cash plan sebagai tambahan asuransi kesehatan saja, jangan dijadikan prioritas.

  • Periksa Ketentuan Rawat Inap

Tiap perusahaan asuransi mempunyai ketentuan yang berbeda-beda, misalnya rawat inap harus di rumah sakit, melahirkan harus dengan dokter kandungan, dan sebagainya. Tanyakan dan bicarakan secara terperinci dengan agen asuransi kesehatan sampai kamu paham isi polis termasuk ketentuan rawat inap.

  • Pahami Kebijakan Double Claim

Jika kamu mendapat fasilitas klaim kesehatan dari kantor, maka kamu perlu melihat fasilitas double claim paket asuransi yang akan diambil. Ingat untuk memastikan syarat double claim ini mudah, ya. Saat ini hampir semua perusahaan asuransi memberlakukan syarat yang cukup mudah dalam proses double claim, yaitu hanya dengan fotokopi kuitansi legalisir saja.

Jadi, enggak perlu antipati lagi terhadap produk asuransi kesehatan. Asal kamu memilih perusahaan asuransi yang terpercaya dan mempelajari polisnya dengan cermat, asuransi kesehatan sangat menguntungkan dan membantu kamu menghadapi kejadian yang tidak terduga. Nah, jika kamu sakit atau punya keluhan kesehatan, kamu bisa membicarakannya dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Hubungi dokter di Halodoc melalui Chat dan Voice/Video Call kapan saja dan dimana saja. Jadi, ayo download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play.