• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Seberapa Penting Minum Susu Ibu Hamil?

Seberapa Penting Minum Susu Ibu Hamil?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Seberapa Penting Minum Susu Ibu Hamil?

Halodoc, Jakarta - Ibu hamil penting untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat. Tujuannya untuk memberikan nutrisi yang tepat untuk bayi yang sedang tumbuh di dalam rahim. Nutrisi yang cukup tidak hanya baik untuk pertumbuhan bayi, tapi juga kesehatan ibu selama kehamilan. 

Susu ibu hamil menjadi sumber yang kaya nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan. Selain mengonsumsi buah, sayur, dan biji-bijian, ibu hamil juga harus minum segelas susu setiap hari. Ibu bisa minum susu ibu hamil atau susu lainnya sesuai dengan kebutuhan. 

Manfaat Susu Ibu Hamil selama Kehamilan

Hal penting yang dibutuhkan ibu selama kehamilan adalah nutrisi. Susu bisa menjadi sumber yang kaya nutrisi. Seorang ibu hamil harus mengonsumsi setidaknya tiga gelas susu ibu hamil atau susu non-fat ataupun susu normal lainnya setiap hari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi secara alami. 

Baik susu ibu hamil, susu non-fat, atau susu normal lainnya adalah pilihan yang sehat. Berikut ini manfaat minum susu bagi ibu hamil:

1. Sumber Kalsium yang Baik

Ibu hamil membutuhkan setidaknya 1000 mg kalsium setiap hari karena janin akan memperoleh kebutuhan kalsium dari tulang yang merupakan penyedia kalsium yang kaya dalam tubuh. Dengan mengonsumsi susu setiap hari, maka akan membantu memenuhi kebutuhan kalsium ini. 

2. Kaya Protein

Protein penting selama kehamilan untuk membantu pembentukan rahim, memastikan suplai darah yang stabil, terutama ke bagian vital dari anatomi wanita, seperti payudara dan jaringan bayi. 

Protein juga berperan penting selama kehamilan untuk membantu bayi tumbuh optimal, membantu otot berfungsi dengan baik, dan meningkatkan berat badan lahir yang sehat

Nah, bayi dengan berat badan yang sehat memiliki risiko yang lebih rendah untuk terkena diabetes atau kelebihan berat badan di kemudian hari. 

3. Kaya Vitamin D

Vitamin D penting untuk memastikan berat lahir normal dan pencegahan rakhitis neonatal. Meskipun vitamin D mungkin diperoleh dari nutrisi dan vitamin lain dari berbagai jenis makanan, namun vitamin D jarang ditemukan dalam jenis makanan lain kecuali susu. Itulah yang membuat susu menjadi penting selama kehamilan. 

4. Mengatasi Mual selama Kehamilan

Mual merupakan peristiwa umum selama kehamilan. Susu merupakan sumber antasida yang sangat baik. Minum susu selama kehamilan merupakan cara terbaik untuk mengatasi mual dan penyakit lambung lainnya.

5. Cara Sehat agar Tetap Terhidrasi

Menjaga tubuh terhidrasi sangat penting, karena bayi juga mengambil cairan dari tubuh ibu dan ASI akan membantu ibu menjaga tingkat hidrasi tubuh tetap tinggi. 

6. Meningkatkan Perkembangan Otak Janin

Susu mengandung yodium dengan jumlah yang signifikan. Perlu diketahui, untuk perkembangan IQ pada anak, yodium merupakan kunci yang penting. Selain itu, susu kaya protein, asam amino, dan asam lemak yang membantu perkembangan sistem saraf bayi.

7. Mempermudah Persalinan

Kandungan zinc dalam susu mampu memperkuat kontraksi otot polos. Hal ini membantu proses persalinan, seperti mempersingkat waktu persalinan yang menyakitkan. Dengan kata lain, mengonsumsi susu selama kehamilan dapat membantu ibu melahirkan bayi dengan lancar. 

Itulah yang perlu ibu ketahui mengenai pentingnya minum susu selama kehamilan. Apa pun jenis susu yang ibu pilih, konsumsilah dalam jumlah yang tepat untuk memberikan nutrisi penting bayi tubuh ibu dan bayi yang sedang tumbuh. 

Jika ibu ingin tahu lebih banyak tentang nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan selama kehamilan, diskusikan pada dokter kandungan melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Parenting Firstory. Diakses pada 2021. Drinking Milk During Pregnancy – Is It Good?
Baby Center. Diakses pada 2021. Should I drink whole milk during pregnancy?
Being The Parent. Diakses pada 2021. Drinking Milk During Pregnancy – Types, Advantages & Guidelines