• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Sedang Puasa, Anak Justru Enggak Doyan Makan? Ini Penyebabnya

Sedang Puasa, Anak Justru Enggak Doyan Makan? Ini Penyebabnya

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta – Anak enggak doyan makan adalah salah satu masalah yang sering dikeluhkan para orangtua. Bila disuruh makan, ada saja kelakukan Si Kecil, mulai dari menutup mulutnya rapat-rapat atau bahkan kabur dari kejaran ibu yang memaksanya untuk makan. Sudah berbagai cara dilakukan, tapi tetap saja rasanya sulit sekali untuk membuat Si Kecil mau makan. Padahal, Si Kecil perlu mengonsumsi berbagai macam makanan bernutrisi yang bermanfaat untuk tumbuh kembangnya. Sebelum mencari cara untuk mengatasi masalah ini, ada baiknya ibu cari tahu dulu penyebab anak tidak doyan makan. Mungkin saja karena hal-hal berikut:

1. Kebanyakan Nyamil

 

 

Coba ingat-ingat, apakah Si Kecil makan banyak camilan sebelum jam makan? Makan camilan padat kalori seperti permen, minuman ringan, coklat, dan lain-lain memang bisa membuat Si Kecil merasa kenyang. Hal inilah yang menjadi penyebab anak tidak doyan makan. Jadi, sebaiknya larang anak memakan camilan yang banyak sebelum jam makan.  

2. Kebanyakan Minum Susu

 

 

Memberi Si Kecil minum susu sangat baik untuk tumbuh kembangnya, karena susu mengandung kalsium dan fosfor yang cukup tinggi. Namun, ibu sebaiknya tidak memberikan susu pada Si Kecil sebelum jam makan, karena akan membuat ia kenyang dan jadi tidak mau makan. Ibu bisa memenuhi kebutuhan asupan kalsium dan fosfor Si Kecil dengan memberikannya makanan lain, seperti ikan-ikanan, sayur, dan buah-buahan. Jadi, batasilah pemberian susu pada Si Kecil dan mulai latih ia untuk mengonsumsi berbagai jenis makanan lain.

3. Indra Perasa yang Sangat Sensitif

 

 

Beberapa anak memiliki lidah yang sensitif terhadap rasa, sehingga bila ada makanan yang dirasanya kurang terlalu enak, amis, dan sebagainya, ia akan menolak untuk makan. Penyebab anak tidak doyan makan lainnya bisa juga karena Si Kecil bosan dengan menu makanan atau penyajian makanan ibu. Untuk mengatasi hal ini, ibu disarankan untuk memvariasikan menu makanan dengan baik dan sering-seringlah membuatkan Si Kecil menu makan favoritnya.

4. Anak Sedang Sakit

 

 

Bila kondisi anak sedang kurang sehat, hal ini juga bisa menjadi penyebab anak tidak doyan makan. Berikut gangguan kesehatan yang biasanya membuat Si Kecil tidak napsu makan:

  • Sembelit

Gangguan pencernaan yang satu ini tidak boleh ibu sepelekan. Selain membuat napsu makan anak berkurang secara perlahan, penyerapan nutrisi makanan pun juga akan terganggu bila Si Kecil mengalami sembelit.

  • Cacingan

Tanpa ibu sadari, mungkin Si Kecil yang tidak doyan makan merupakan pertanda bahwa ia cacingan. Adanya cacing di dalam usus inilah yang mengakibatkan disentri, pembengkakan usus, sampai hilangnya napsu makan. Berilah Si Kecil obat cacing 6 bulan sekali untuk mencegah hal ini terjadi.

  • Anemia

Anak-anak yang mengalami anemia biasanya menunjukkan gejala-gejala seperti lemas, letih, dan tidak doyan makan.

  • Konsumsi Obat-obat Tertentu

Obat-obatan yang ibu berikan kepada anak terkadang bisa menurunkan napsu makannya, contohnya antibiotik. Bila ibu sudah menghentikan pemberian obat tersebut, tapi anak tetap tidak napsu makan, coba periksakan segera ke dokter.

(Baca juga: 4 Masalah Anak Susah Makan dan Cara Mengatasinya)

Untuk menambah napsu makan anak, ibu bisa membeli suplemen penambah napsu makan dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Caranya sangat mudah, tinggal order saja lewat fitur Apotek Antar dan pesananmu akan tiba dalam waktu satu jam. Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!