• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Selain Penyedap Rasa, Ini 5 Manfaat Daun Sungkai
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Selain Penyedap Rasa, Ini 5 Manfaat Daun Sungkai

Selain Penyedap Rasa, Ini 5 Manfaat Daun Sungkai

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 05 Agustus 2022

“Daun sungkai adalah tanaman herbal tradisional yang memiliki banyak manfaat, beberapa di antaranya adalah mengatasi gejala malaria, mengobati sariawan, menurunkan demam, meningkatkan imunitas, dan baik untuk ibu selepas bersalin.”

Selain Penyedap Rasa, Ini 5 Manfaat Daun Sungkai

Halodoc, Jakarta –   Indonesia kaya akan tanaman herbal yang baik dan aman digunakan untuk kesehatan. Di antara sekian banyak kekayaan tanaman herbal Indonesia, ada satu jenis tanaman yang mungkin kamu kurang familiar, yaitu daun sungkai. 

Beberapa daerah menggunakan daun sungkai untuk kebutuhan berbeda. Di masyarakat Dayak sendiri, daun sungkai ini digunakan sebagai penyedap rasa. Sedangkan di Bengkulu, daun ini kerap digunakan sebagai obat malaria.

Yuk, baca selengkapnya manfaat daun sungkai di sini!

Mengenal Manfaat Daun Sungkai 

Ketika COVID-19 merebak awal 2022 hingga 2021, daun sungkai mendadak kembali populer dan dianggap bisa mengatasi COVID-19. Bisa jadi karena daun sungkai memang efektif menurunkan demam dan meningkatkan imun tubuh.

Meski begitu, perlu penelitian lebih lanjut untuk memastikan khasiat daun sungkai untuk mengatasi infeksi COVID-19. 

Selain dikenal untuk penanganan proses penyembuhan COVID-19, berikut ini adalah manfaat lain dari daun sungkai yang bukan hanya penyedap rasa, yaitu:

1. Mengatasi Masalah Sariawan

Daun sungkai dipercaya dapat mengatasi masalah sariawan. Cara penggunaannya adalah dengan merebus beberapa helai daun sungkai hingga mendidih.

Pisahkan air rebusan daun sungkai lalu tunggu sampai hangat. Berkumurlah dengan air rebusan daun sungkai untuk mengatasi masalah sariawan. 

2. Meningkatkan Imunitas Buat yang Baru Sembuh dari Sakit

Daun sungkai juga efektif untuk meningkatkan imun tubuh. Makanya, daun sungkai direkomendasikan untuk dikonsumsi buat mereka yang baru pulih dari sakit. Biasanya untuk yang baru pulang dari perawatan di rumah sakit atau baru sembuh dari penyakit tertentu, minum rebusan daun sungkai muda dapat mempercepat proses penyembuhan. 

3. Mengatasi Malaria

Daun sungkai mengandung zat yang memiliki sifat antipiretik, seperti peronemin, sitosterol, isopropanol, phytol, dipterpenoid, dan flavonoid yang dapat menurunkan demam akibat malaria. Kandungan yang sama ini juga dapat meningkatkan leukosit, sehingga baik untuk mengatasi masalah gangguan darah.

4. Mengembalikan Vitalitas Ibu Sehabis Melahirkan

Selain bermanfaat untuk diminum dan dan obat kumur, air rebusan daun sungkai juga direkomendasikan untuk ibu melahirkan. Air hangat-hangat kuku dari rebusan daun sungkai dapat mengembalikan vitalitas ibu sehabis melahirkan.

Biasanya, ibu yang melahirkan normal akan terkuras banget energinya sehabis mengejan. Nah, air rebusan daun sungkai dipercaya dapat membuat ibu melahirkan segar kembali.

5. Terapi Kesuburan untuk Program Kehamilan

Walaupun sampai saat ini belum ada penelitian pasti mengenai khasiat daun sungkai untuk kesuburan, namun orang-orang zaman dulu memercayai kalau minum air rebusan daun sungkai dapat meningkatkan kesuburan. Itulah sebabnya, daun sungkai disarankan untuk diminum laki-laki dan perempuan yang ingin segera merencanakan memiliki keturunan. 

Itulah manfaat daun sungkai, selain sebagai penyedap rasa. Ada banyak tanaman herbal yang baik untuk kesehatan. Namun, terkadang herbal tertentu bisa bereaksi dengan obat-obatan tertentu. Jadi disarankan untuk tidak mencampurkan keduanya. 

Jika kamu punya masalah kesehatan dan butuh kepastian mengenai kondisi gangguan yang kamu alami, segera buat janji medis pemeriksaan ke rumah sakit. Percayakan selalu kesehatanmu lewat aplikasi Halodoc. Download Halodoc sekarang juga ya!

Referensi:
Media Indonesia.com. Diakses pada 2022. Ayo Kenali Tujuh Manfaat Daun Sungkai.
Solopos.com. Diakses pada 2022. Daun Sungkai, Tanaman Asli Indonesia Jadi Penangkal Virus Corona.