08 October 2017

Selamat! 7 Tanda Ini Menandakan Kamu Positif Hamil

Selamat! 7 Tanda Ini Menandakan Kamu Positif Hamil

Halodoc, Jakarta - Tanda awal kehamilan sesungguhnya banyak. Nyatanya, menstruasi yang tak kunjung datang bukanlah satu-satunya tanda bahwa kamu sedang hamil. Ada sebagian wanita yang  mengalami gejala atau tanda awal kehamilan bahkan sebelum waktu haid berikutnya datang. Hal ini terjadi karena perubahan hormon yang bertemu dengan tubuh yang begitu sensitif. Bahkan ketika tes kehamilan masih menunjukkan hasil yang negatif.

Apabila kamu mengalami tanda awal kehamilan berikut ini, jangan ragu untuk segera cek ke dokter kebidanan dan kandungan sesegera mungkin!

1.  Sensitif Terhadap Bau
Tanda awal kehamilan selain menstruasi yang terlambat adalah berubahnya respon tubuh terhadap aroma atau bau tertentu. Tak sedikit wanita hamil yang merasakan hal ini saat pertama kali pergi ke dapur, di mana aroma makanan yang biasanya kamu sukai tiba-tiba sangat merangsang rasa mual dan malah ingin menghindarinya. Belum dapat dipastikan kenapa wanita hamil sensitif terhadap bau, tapi diduga kuat sensitivitas ini terjadi akibat pengaruh hormon yang meningkat.

2.  Mual
Dalam bahasa kedokteran, tanda kehamilan ini sering disebut “hiperemesis gravidarum”. Paling sering diidentikan dengan tanda awal kehamilan, mual memang wajar terjadi selama usia kehamilan belum menginjak 6 minggu. Walaupun sebagian besar wanita hamil tidak mengalaminya, namun beberapa bahkan mengalami mual begitu dini yaitu satu minggu setelah pembuahan, atau kira-kira seminggu sebelum menstruasi berikutnya.

(Baca juga: Mual Saat Hamil? Atasi dengan Cara Ini)

3.  Flek Hingga Bercak Darah Ringan
Di hari-hari sebelum telat haid, banyak wanita mengalami flek hingga bercak darah ringan. Jika tidak ada gejala dan tanda kehamilan lainnya, mungkin hal tersebut merupakan tanda-tanda sebelum datang bulan. Namun, ini bisa menjadi tanda awal kehamilan, bercak darah yang keluar diyakini sebagai akibat dari implantasi sel telur yang dibuahi ke dalam rahim. Kalau kamu mengalami tanda kehamilan ini, jangan khawatir, karena flek atau bercak darah tersebut bukan gejala akan penyakit tertentu.

4.  Sering Buang Air Kecil
Apa kamu juga mengalami frekuensi buang air kecil yang meningkat dari biasanya? Ya, perubahan hormon pada awal kehamilan memang akan mempengaruhi kecepatan aliran darah ke ginjal. Ketika tanda kehamilan ini terjadi, kandung kemih akan terisi lebih cepat, sehingga buang air kecil pun otomatis menjadi lebih sering. Sering buang air kecil ini akan terus meningkat seiring pertumbuhan janin pada rahim yang juga menekan kandung kemih sampai melahirkan.

5.  Payudara Nyeri dan Membesar
Mungkin kamu pernah mengalami nyeri pada payudara saat PMS (Pre Menstruation Syndrome). Hampir sama dengan tanda awal kehamilan, akan tetapi rasanya kali ini lebih menyiksa. Saat hamil, sensitivitas payudara seorang wanita memang bertambah sampai berkali-kali lipat. Dua atau tiga minggu saja setelah pembuahan saja, perubahan hormon akan membuat payudaramu selain nyeri, juga bengkak sekaligus sensitif saat tersentuh sedikit. Jangan heran kalau ukuran payudara pun ikut membesar karena perubahan hormon ini.

(Baca juga: Kenali Bedanya Tanda PMS atau Hamil)

6.  Mudah Lelah
Tanda awal kehamilan lain yang sering terjadi tanpa sadar adalah tubuh yang mudah kelelahan. Di samping itu, kamu juga akan merasa lebih cepat mengantuk dari biasanya. Sekali lagi, ini akibat dari peningkatan progesteron yang diyakini sebagai penyebabnya. Kebanyakan wanita tidak menyadari tanda kehamilan ini, karena tubuh yang mudah lelah tak jauh berbeda dengan gejala penyakit ringan seperti flu.

7.  Kram Perut
Banyak wanita keliru menduga kram perut ini sebagai nyeri haid yang akan datang, karena waktunya yang hampir sama. Padahal tanda awal kehamilan tersebut menunjukkan bahwa telur yang dibuahi mengambil posisi, menanamkan (implantasi) diri pada rahim. Implantasi terjadi antara 8 – 10 hari setelah ovulasi atau sekitar 4-6 hari sebelum menstruasi berikutnya.

Untuk membuktikan kebenarannya selain melalui test pack, periksakanlah kehamilanmu ini langsung dengan yang ahli. Tujuannya tentu untuk bisa lebih tahu bagaimana merawat janin di dalam rahim hingga 9 bulan ke depan. Ingin tahu tips menjaga kehamilan setiap harinya? Lakukan tanya-jawab melalui aplikasi Halodoc saja! Halodoc akan menghubungkanmu dengan ribuan dokter spesialis pilihan, termasuk dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Diskusikan apapun mengenai kehamilanmu lewat media komunikasi chat, voice call, dan video call hanya bersama Halodoc! Dapatkan juga berbagai obat yang kamu butuhkan secara cepat, aman dan nyaman dengan menggunakan layanan Pharmacy Delivery melalui smartphone kamu. Download sekarang juga di Google Play dan App Store.

(Baca juga: Tips Menjadi Suami Siaga)