• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Selimut Tebal Jadi Rahasia Bebas Stres

Selimut Tebal Jadi Rahasia Bebas Stres

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta – Bukankah ide yang menarik tidur dengan selimut yang tebal di tengah cuaca dingin? Ya, banyak orang yang menyukai tidur dengan menggunakan selimut tebal untuk menemukan kenyamanan. Selain itu, menurut penelitian memang ada beberapa keuntungan jika kamu tidur menggunakan selimut tebal, lho.

Menurut Journal of Sleep Medicine and Disorders, tidur menggunakan selimut tebal tidak hanya membantu seseorang cepat tertidur, tetapi juga memberikan rasa nyaman dan tenang saat tidur. Ternyata, para peneliti menemukan bahwa tidur menggunakan selimut yang tebal nyatanya bisa membuat kamu terhindar dari stres. Ini karena selimut tebal yang kamu gunakan sebagai penutup tubuh saat tidur dapat menghasilkan Deep Pressure Touch Stimulation atau DPTS.

Nah, terapi nyatanya mampu memberikan manfaat relaksasi baik secara fisik maupun mental. Selimut tebal juga memberikan efek pelukan hangat terhadap tubuh. Tekanan berat dari selimut nyatanya juga mampu menimbulkan efek seperti pijatan. Ya, menggunakan selimut tebal saat tidur nyatanya memang memiliki efek yang sama seperti efek pijatan dan pelukan.

(Baca juga: Pentingnya Waktu Tidur Ideal Sesuai Usia)

Dengan selimut yang tebal, tubuh akan memproduksi serotonin yang lebih banyak dan membuat perasaan kamu jauh lebih baik. Sehingga, dengan sering menggunakan selimut tebal saat istirahat atau tidur, kamu bisa melakukan terapi untuk menyembuhkan beberapa penyakit seperti depresi, kelelahan, hingga penyakit kejiwaan seperti bipolar.

Selain menggunakan selimut tebal, kamu juga bisa melakukan beberapa cara agar bisa mendapatkan rasa nyaman saat tidur dan mendapatkan tidur yang berkualitas:

  • Mandi Air Hangat Sebelum Tidur

Mandi air hangat sebelum tidur nyatanya bisa meningkatkan kualitas tidur kamu. Air hangat bisa membantu menurunkan temperatur alami dan melemaskan otot-otot pada tubuh, sehingga saat bangun pagi badan pun terasa lebih segar.

  • Olahraga Sebelum Tidur

Ada berbagai manfaat olahraga bagi kesehatan tubuh dan salah satunya adalah membantu kamu untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Saat olahraga, tubuh kamu mengeluarkan hormon endorfin yang dapat menimbulkan rasa tenang, senang, pereda stres, dan dapat mempermudah kamu untuk tidur. Olahraga ringan bisa menjadi pilihan kamu, salah satunya adalah yoga. Yoga atau meditasi bisa menjadi jalan keluar jika kamu mengalami sulit tidur atau insomnia. Tidak hanya memberikan tidur yang berkualitas, tetapi juga bisa menenangkan pikiran dari hal-hal yang membuat kamu stres dan depresi.

  • Jangan Mengonsumsi Kopi atau Alkohol pada Malam Hari

Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, kamu harus mengurangi konsumsi kafein yang masuk ke dalam tubuh kamu dalam bentuk apapun, baik teh maupun kopi. Begitu juga dengan alkohol.

  • Atur Suhu Ruangan

Jika kamu menggunakan pendingin ruangan dalam kamar, sebaiknya kamu atur suhu ruangannya sesuai dengan kenyamanan kamu. Suhu udara yang nyaman dan selimut tebal adalah beberapa hal yang akan membantu tidur kamu menjadi berkualitas.

  • Pastikan Lampu Kamar Redup

Tidak hanya selimut tebal yang bisa memengaruhi kualitas tidur kamu, tetapi pencahayaan kamar yang redup nyatanya juga bisa membantu kamu terhindar dari kesulitan tidur atau insomnia. Kadar melatonin dalam tubuh ternyata dipengaruhi oleh pencahayaan. Bila kamu menyalakan lampu sangat terang saat akan menjelang tidur, kemampuan tubuh untuk mengatur suhu tubuh, tekanan darah, dan kadar glukosa menjadi terpengaruh, sehingga menyebabkan sulit tidur.

Nah, jika kamu merasa memiliki masalah dengan pola tidur kamu, sebaiknya kamu menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang.