06 October 2017

Sering Melakukan Kebiasaan Ini? Hati-hati Kesuburan Menurun!

Sering Melakukan Kebiasaan Ini, Hati-hati Kesuburan Menurun

Halodoc, Jakarta – Pasangan suami-istri saat ini sering kali terkena masalah yang tak terduga, seperti salah satunya adalah kesuburan menurun. Lebih dari lima belas persen pasangan mengidap masalah kesuburan yang berujung pada susahnya mendapatkan momongan, walaupun setelah melakukan hubungan intim tanpa menggunakan kondom selama jangka waktu satu tahun atau bahkan lebih. Kasus ini umumnya menimpa kaum pria yang disebabkan oleh rendahnya produksi sperma, adanya penyumbatan pada sperma, pernah mengalami cedera dan mungkin karena adanya masalah kesehatan yang begitu kronis akibat dari gaya hidup tak sehat.

Ahli urologi dan kesuburan pria dari Kansas Unviersity, menyebutkan bahwa “jumlah sperma yang sehat dan normal akan semakin menurun dalam beberapa tahun terakhir ini”. Penurunan tingkat kesuburan ini pun, bisa terjadi karena adanya kebiasaan sehari-hari yang sebaiknya tak kamu lakukan. Berikut beberapa kebiasaan negatif yang patut kamu hindari demi menjaga kesuburan. Yuk, simak berikut ini:

Memakai Bahan Kimia atau Tabir Surya Berlebihan
Di lain sisi, tabir surya memang bisa melindungi kulit dari bahaya sinar matahari, namun studi terbaru menyebutkan bahwa bahan kimia yang terdapat didalamnya dapat mengganggu fungsi sel sperma. Hal tersebut terjadi karena filter didalam tabir surya bisa menembus kulit, sehingga bahan kimia pun masuk ke aliran darah dan bahkan dapat memberikan dampak negatif pada hormon. Oleh karena itu, sebaiknya kurangi kebiasaan mengonsumsi bahan kimia atau tabir surya secara berlebihan. Pakailah secukupnya, ya.

Banyak Mengonsumsi Minuman Beralkohol
Sesuatu yang berlebihan memang tak baik bagi tubuh. Begitu juga dengan minuman beralkohol, karena terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol, maka kesuburan pria pun akan rusak dan bahkan dapat menurunkan kualitas sperma seseorang pria. Jadi, mulai sekarang yuk kurangi kandungan alkohol kamu.

Sering Menggunakan Celana Terlalu Ketat
Berpakaian agar terlihat fashionable memang menjadi keinginan bagi sebagian orang, khususnya kaum muda zaman sekarang. Memutuskan untuk memakai celana ketat atau celana “gemas” merupakan salah satu cara agar kamu terlihat fashionable. Namun, tahukah kamu bahwa celana yang terlalu ketat menyebabkan alat kemaluan kamu menjadi panas?. Bahkan dapat menurunkan jumlah sperma yang di produksi dan bahkan bisa membawa masalah bagi kesuburan kamu. Yuk, pakailah pakaian sewajarnya yang nyaman kamu gunakan tanpa perlu ingin terlihat modis.

Perokok Aktif Maupun Pasif
Tembakau yang ada pada rokok mempunyai berbagai dampak negatif pada tubuh, seperti mengganggu pergerakan sperma. Menurut sebuah penelitian dari Sekolah Kesehatan Umum dan Kedokteran Tropis Tulane, semakin banyak kamu mengonsumsi tembakau atau rokok, maka kesehatan alat vital pun terganggu, bahkan bisa menimbulkan disfungsi ereksi bagi para kaum pria. Selain itu, penelitian pun menyebutkan bahwa asap rokok dapat membawa pengaruh negatif bagi DNA sperma dan dapat meningkatkan risiko impotensi.

Melakukan Olahraga Secara Berlebihan
Olahraga memang merupakan kegiatan yang dapat menyehatkan tubuh. Namun, terlalu banyak berolahraga ternyata bisa membuat kesuburan kamu menurun, lho!. Jumlah sperma akan menurun bahkan bisa membuat batas stres oksidatif pun naik, sehingga sperma pun tidak akan berfungsi dengan baik. Selain itu hormon testosteron akan menurun, begitu pula dengan hormon stres kamu yang akan kian menaik. Untuk menghindarinya, sebaiknya kamu mempunyai program latihan yang tepat dari ahlinya ya.


Mencari tahu dan menghindari beberapa hal negatif yang dapat menurunkan kesuburan sangat penting. Kamu pun dapat mencari tahu dengan cara menanyakan langsung pada dokter ahli yang ada di aplikasi Halodoc. Kamu dapat menghubunginya melalui pilihan metode Voice/Video Call dan Chat di Halodoc menggunakan smartphone, kapan saja dan dimana saja. Selain itu, kamu pun bisa membeli produk kesehatan untuk menunjang kesuburan kamu dengan membeli obat ataupun vitamin di fitur Apotik Antar yang akan diantar dalam waktu 1 Jam. Yuk! download Halodoc sekarang juga di App Store atau Google Play.