• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Sering Sakit Maag, Begini Cara Memilih Makanan yang Tepat

Sering Sakit Maag, Begini Cara Memilih Makanan yang Tepat

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Penyakit maag yang kambuh tiba-tiba tentu dapat mengganggu aktivitas yang sedang dilakukan sehari-hari. Tentu kamu berusaha mencari cara yang tepat agar gangguan ini tidak mengganggu keseharian. Salah satu yang dapat lakukan adalah menentukan makanan yang tepat agar gangguan pada lambung tersebut tidak kambuh. Berikut beberapa makanan yang direkomendasi untuk dikonsumsi seseorang dengan sakit maag!

Makanan yang Tepat untuk Seseorang dengan Sakit Maag

Jika kamu mengalami mulas atau gejala dari penyakit maag lainnya, kemungkinan besar hal pertama yang direkomendasikan oleh dokter saat berkonsultasi adalah melakukan diet sehat. Hal tersebut karena makanan tertentu cenderung dapat menimbulkan masalah pada lambung tersebut kambuh. Kamu mungkin disarankan untuk mengurangi atau menghentikan mengonsumsi beberapa makanan tertentu.

Baca juga: Ini Bedanya Sakit Maag dengan Tukak Lambung

Selain itu, kamu juga dapat mengalami kerusakan pada kerongkongan akibat asam lambung yang naik ke atas. Untuk menghindari hal ini, kamu harus berhenti mengonsumsi makanan yang dapat mengiritasi jaringan ini dan membuat kerusakan semakin parah. Maka dari itu, setiap orang yang mengalami sakit maag harus mengetahui beberapa makanan yang dapat membuat gangguan tersebut menjadi lebih baik. Berikut ini beberapa makanan tersebut:

1. Mengonsumsi Makanan Rendah Asam

Salah satu cara yang paling baik untuk menghindari sakit maag untuk kambuh adalah dengan menghindari segala makanan dengan tingkat asam yang tinggi. Alangkah lebih baik untuk memastikan semua makanan yang dikonsumsi dengan kadar asam rendah. Jika kandungan asam berlebih di lambung, maka iritasi pada bagian tersebut berisiko lebih tinggi yang dapat menimbulkan rasa nyeri pada perut.

Maka dari itu, ada baiknya untuk mengonsumsi makanan yang rendah asam atau memiliki asam yang alami, seperti pada kebanyakan buah dan sayuran. Beberapa makanan yang dapat kamu konsumsi setiap harinya adalah roti gandum, oatmeal, kentang, ikan-ikanan, putih telur, daging sapi atau daging unggas yang tanpa lemak, serta nasi merah. Dengan rutin mengonsumsi makanan tersebut, diharapkan sakit maag tidak kambuh kembali.

Baca juga: Atasi Sakit Maag Secara Cepat & Tepat dengan Obat Ini!

2. Makanan yang Meredakan Gangguan Lambung

Beberapa makanan dan herbal dapat ampuh sebagai pengobatan terhadap sakit maag dan telah lama digunakan sebagai obat tradisional. Meskipun dapat memberikan rasa nyaman pada perut, tetapi tidak semua orang mendapatkan efek yang sama. Beberapa makanan yang dapat kamu gunakan agar gangguan pada lambung tersebut tidak kambuh lagi adalah adas, jahe, peterseli, hingga lidah buaya.

Jika kamu masih memiliki pertanyaan terkait makanan yang cocok dikonsumsi untuk mengatasi sakit maag, dokter dari Halodoc dapat memberikan saran yang jitu agar gangguan tersebut tidak kambuh lagi. Caranya mudah sekali, cukup dengan download aplikasi Halodoc di smartphone yang kamu gunakan sehari-hari untuk mendapatkan kemudahan akses kesehatan!

3. Makanan Berserat

Jenis makanan lainnya yang dapat dikonsumsi agar sakit maag tidak mudah untuk kambuh adalah mengonsumsi makanan berserat. Makanan ini dapat membuat kamu lebih mudah untuk kenyang sehingga tidak makan berlebihan. Beberapa makanan yang dapat kamu konsumsi, seperti biji-bijian, sayur-sayuran dengan jenis umbi-umbian, hingga beberapa sayuran hijau, misalnya asparagus dan brokoli.

Baca juga: Mengidap Maag? Hindari 10 Makanan yang Bisa Memicunya

Itulah beberapa jenis makanan yang dapat kamu konsumsi agar sakit maag tidak mudah untuk kambuh. Dengan mengonsumsi makanan tertentu, dapat membuat gangguan pada lambung tersebut menjadi lebih baik. Maka dari itu, sangat penting untuk selalu memperhatikan segala makanan yang dikonsumsi agar aktivitas harian tidak terganggu.

Referensi:
Hopkins Medicine. Diakses pada 2020. GERD Diet: Foods That Help with Acid Reflux (Heartburn).
Web MD. DIakses pada 2020. Foods That Fight Heartburn.