10 July 2018

Sering Terlambat, Adakah Cara Agar Cepat Menstruasi?

menstruasi terlambat, menstruasi tidak lancar, cara agar menstruasi normal,menstruasi

Halodoc, Jakarta – Menstruasi adalah proses luruhnya dinding rahim yang disertai dengan pendarahan. Siklus menstruasi biasanya akan terjadi setiap 28-36 hari dan berlangsung sebanyak 11-13 kali per tahun. Semua wanita yang sudah memasuki usia dewasa tentu akan mengalami menstruasi, tetapi setiap wanita tentu memiliki siklus menstruasi yang berbeda.

Baca juga: Inilah Siklus Menstruasi Wanita yang Normal Sesuai Usia

Tidak sedikit wanita yang mengalami menstruasi tidak lancar atau sering terlambat. Menstruasi dikatakan tidak lancar jika siklus menstruasi terjadi kurang dari 21 sampai 35 hari perbulannya. Banyak hal yang menyebabkan menstruasi seseorang dikatakan tidak lancar atau sering terlambat. Beberapa di antaranya disebabkan oleh pola hidup seseorang, depresi, atau stres. Bahkan, terlambat menstruasi bisa menjadi ciri sebuah penyakit yang cukup serius.

Namun, tidak ada salahnya jika kamu mengalami menstruasi yang tidak lancar atau sering terlambat. Kamu bisa mencoba untuk melakukan beberapa cara ini agar siklus menstruasimu lebih teratur dan tidak terlambat.

  • Perbanyak Waktu Istirahat

Memiliki waktu istirahat yang cukup nyatanya sangat membantu siklus menstruasi kamu menjadi lancar. Dengan memiliki waktu istirahat yang cukup, tubuh kamu bisa memproduksi dan meningkatkan hormon kortisol. Sehingga, pada saat kamu merasa stres atau depresi, hormon tersebut akan memengaruhi hormon estrogen dan progesteron tubuh yang dapat mengatur menstruasi kamu menjadi lancar dan teratur.

  • Rajin Melakukan Olahraga

Olahraga sudah terbukti dapat meningkatkan kesehatan kamu. Jika kamu memiliki masalah menstruasi yang sering terlambat, kamu bisa mengatasi masalah ini dengan lakukan olahraga secara teratur. Namun, kamu tidak perlu melakukan olahraga secara berlebihan. Pilihlah olahraga ringan yang bisa kamu lakukan di waktu luang seperti jogging, jalan santai, atau bahkan bersepeda. Hal ini akan membuat aliran darah kamu menjadi lancar dan menstruasi pun akan datang dengan teratur.

  • Perbanyak Mengonsumsi Air

Perbanyaklah mengonsumsi air jika kamu memiliki masalah menstruasi yang sering datang terlambat. Air nyatanya penting untuk menyeimbangkan metabolisme dalam tubuh kamu, sehingga jika metabolisme dalam tubuh kamu lancar tentu akan memengaruhi siklus menstruasi kamu. Sehingga, kamu akan terhindar dari masalah menstruasi yang sering datang terlambat atau tidak teratur.

  • Mengonsumsi Makanan yang Sehat dan Bergizi

Tentu jangan lupa untuk tetap menjaga pola makan dan gaya hidup kamu. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Banyak jenis buah dan sayuran yang nyatanya dapat membantu kamu untuk menghindari masalah menstruasi yang datang terlambat. Misalnya dengan mengonsumsi jus wortel. Wortel memiliki kandungan nutrisi yang dapat membantu agar hormon dalam tubuh kamu tidak mengalami gangguan, seperti vitamin A, vitamin C, kalsium dan zat besi.

Selain itu ada juga rempah, salah satunya adalah kunyit. Kunyit mengandung senyawa yang berkhasiat sebagai obat yaitu kurkumin. Kurkumin mengandung anti-oksidan dan zat anti-inflamasi yang bisa digunakan untuk memperlancar siklus menstruasi kamu.

Baca juga: Jangan Khawatir, Ini 3 Tanda Periode Menstruasi Kamu Normal

Jika kamu sudah melakukan beberapa hal di atas, tapi menstruasi kamu masih sering terlambat dan tidak teratur, sebaiknya kamu menghubungi dokter. Kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung mengenai keluhan kamu melalui fitur Contact Doctor dan mendapatkan jawaban secara langsung. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui Google Play atau App Store!