03 May 2018

Si Kurus vs Si Gemuk, Agar Tak Sedih Melihat Bentuk Tubuh

Si Kurus vs Si Gemuk, Agar Tak Sedih Melihat Bentuk Tubuh

Halodoc, Jakarta – Tubuh merupakan anugerah dari Tuhan yang patut kita jaga. Apapun bentuk tubuh kita, kurus atau gemuk, perlu kita jaga kesehatannya dan juga kebersihannya. Menurut beberapa penelitian, banyak orang yang merasa tidak puas terhadap tubuhnya sendiri. Hal ini bisa dihindari dengan melakukan beberapa hal agar kamu selalu bersyukur dan tidak sedih melihat bentuk tubuh kamu:

 

  • Bersyukur dengan Memiliki Tubuh yang Sehat

 

Mungkin kamu pernah membandingan tubuh kamu dengan tubuh orang lain. Hal ini wajar terjadi jika kamu menjadikannya motivasi. Namun, jangan lupa bersyukur dengan kesehatan fisik yang kamu miliki. Seperti pada seorang sahabat, perlakukan tubuh dengan baik dan terima kekurangan maupun kelebihannya. Jadi kamu akan lebih bersyukur dengan apa yang ada pada tubuh kamu. Jika kamu termotivasi ingin memiliki tubuh dengan bentuk yang lebih baik, motovasi dirimu untuk berolahraga. Selain fisik kamu akan sehat, mental kamu juga akan terjaga dengan baik.

 

  • Gunakan yang Kamu Suka dengan Nyaman

 

Pergilah me time, bisa pergi ke salon, pijit atau belanja barang-barang kesukaan kamu yang bisa kamu gunakan untuk tubuh kamu. Jangan khawatir dengan ukuran yang kamu pakai, jika barang tersebut terlhat cocok dan membuat kamu tampil lebih percaya diri, kenapa tidak gunakan? Semuanya akan terlihat cantik, jika kamu merasa nyaman dengan apa yang kamu gunakan.

(Baca juga: 4 Gerakan Olahraga untuk Bentuk Tubuh Ideal dalam Sekejap)

 

  • Penuhi Diri dengan Rasa Cinta pada Diri Sendiri

 

Mencintai tubuh sendiri harus muncul dari dalam hati kamu sendiri. Setiap orang pasti memiliki keunikan masing-masing pada dirinya. Tidak mencintai diri sendiri bisa berdampak buruk, lho, untuk kesehatan kamu. Penyakit serius bisa muncul jika kamu tidak mencintai diri kamu sendiri. Selain kesehatan mental, kamu juga harus tetap menjaga kesehatan fisik kamu dengan mengonsumsi makanan yang penuh dengan nutrisi dan gizi. Menjaga kesehatan mental dan kesehatan fisik harus dilakukan secara bersamaan.

 

  • Dengarkan Apa yang Diinginkan Oleh Tubuh

 

Tubuh kamu yang paling tahu apa yang diinginkan. Jangan ragu untuk melakukan hal tersebut. Selain memberikan penghargaan terhadap tubuh kamu, kamu juga bisa membangun mood kamu menjadi baik dan bahagia. Perasaan yang bahagia tentu akan membuat kamu semakin bersyukur dan menyayangi tubuh. Selain itu, dengan melakukan apa yang diinginkan oleh tubuh, tentu kamu memiliki kepuasan tersendiri untuk tubuh kamu.

 

  • Jauhi Timbangan

 

Daripada bolak balik kecewa dan menambah frustasi dengan hasil timbangan yang terlalu kecil atau terlalu besar, sebaiknya hindari timbangan. Bila kamu merasa memiliki tubuh yang terlalu kurus atau terlalu gemuk, sebaiknya kamu langsung konsultasikan dengan dokter gizi agar bisa mendapatkan hasil yang terbaik untuk tubuh kamu. Tapi ingat, berapa pun berat tubuh kamu, kamu harus tetap mencintai diri kamu apa adanya.

Nah jika kamu ingin lebih mencintai diri kamu, jangan lupa untuk berolahraga agar menjaga kesehatan fisik kamu. Kamu juga bisa menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc untuk bertanya mengenai masalah kesehatan fisik. Melalui fitur Contact Doctor, kamu bisa melakukan Video/Voice Call dan Chat dengan dokter pilihan. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga, melalui App Store atau Google Play.