Suasana Kerja yang Tidak Nyaman Bisa Sebabkan Sakit Kepala

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Suasana Kerja yang Tidak Nyaman Bisa Sebabkan Sakit Kepala

Halodoc, Jakarta - Kantor menjadi tempat seseorang menghabiskan banyak waktunya seharian untuk bekerja. Kamu dapat menghabiskan waktu sekitar 8 hingga 10 jam berada di kantor atau bahkan lebih jika kamu harus lembur karena pekerjaan yang menumpuk. Untuk itu, suasana kantor yang nyaman sangat dibutuhkan oleh para pekerja.

Salah satu penyebab kamu mengalami sakit kepala di kantor adalah karena suasana kerja yang tidak nyaman. Banyak hal yang menyebabkan kamu merasakan hal tersebut dan faktor risikonya lebih mudah menyerang pengidap migrain. Bagaimana suasana kerja menyebabkan sakit kepala? Berikut pembahasannya yang perlu diketahui.

Baca juga: Stres Kerja Pengaruhi Kesehatan Secara Menyeluruh

Suasana Kerja Sebabkan Sakit Kepala di Kantor

Saat berada di kantor, kamu mungkin akan duduk terlalu lama, menggunakan komputer dalam waktu yang tidak sebentar, dan tidak mendapatkan udara segar yang cukup. Hal-hal tersebut mungkin saja menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan. Salah satu hal yang dapat terjadi adalah sakit kepala.

Bagi seseorang yang mengalami migrain, kondisi kantor memengaruhi kesehatannya dan mungkin menyebabkan kondisi yang sulit dikelola. Maka dari itu, kamu harus mengetahui beberapa hal yang menyebabkan kamu mengalami sakit kepala di kantor. Berikut ini penyebab gangguan tersebut, di antaranya:

  1. Layar Komputer

Salah satu hal yang dapat menyebabkan kamu mengalami sakit kepala di kantor adalah layar komputer. Meskipun komputer dapat membuat pekerjaan lebih efisien, kamu dapat merasakan dampak negatifnya. Sakit kepala mungkin terjadi karena terlalu lama terpapar oleh layar komputer. Hal ini lebih terasa pada seseorang yang sensitif terhadap cahaya karena migrain.

  1. Cahaya Lampu

Kamu dapat mengalami sakit kepala di kantor akibat cahaya lampu yang menyinari. Gangguan dari sakit kepala mungkin saja dipicu oleh cahaya yang dihasilkan lampu neon. Memang terdapat hubungan tersendiri antara sakit kepala migrain dengan cahaya lampu dibandingkan dengan cahaya alami.

Jika kamu mempunyai pertanyaan terkait sakit kepala yang dapat terjadi di kantor, dokter dari Halodoc dapat membantu. Kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc ke smartphone kamu melalui Apps Store atau Play Store. Dengan ini, kamu dapat menjamin kemudahan akses kesehatan hanya melalui handphone.

  1. Stres

Kamu dapat merasakan sakit kepala yang disebabkan oleh perasaan stres yang timbul. Hal ini menjadi salah satu pemicu terbesar dari gangguan tersebut. Seseorang yang merasakan stres tinggi karena pekerjaan sering mengalami migrain. Selain itu, kelelahan emosional dapat menyebabkan kamu mengalami migrain episodik.

Baca juga: Stres Karena Bekerja, Ini Cara Mengatasinya

  1. Kekurangan Tidur

Agar tubuh kamu tetap produktif, kamu harus menjaga keseimbangan tidur dengan baik. Hal tersebut menjadi tantangan tersendiri apabila kamu harus tetap bekerja di luar jam kerja. Sehingga, pola tidur kamu menjadi terganggu dan dapat mengalami insomnia. Ketika terjadi, maka sakit kepala mungkin tidak dapat dibendung untuk menyerang. Perasaan sakit tersebut dapat terjadi selama satu jam hingga satu hari.

  1. Kafein dan Makanan Tertentu

Kamu juga dapat merasakan sakit kepala di kantor akibat kebiasaan diet sehari-hari. Selain itu, kamu juga mungkin mengalami rasa sakit di kepala karena kebiasaan mengonsumsi minuman berkafein. Hal tersebut karena jika kamu rutin meminumnya, sakit kepala mungkin dirasakan jika kekurangan minuman tersebut. Maka dari itu, penting untuk menyesuaikan asupan yang masuk ke tubuh.

Baca juga: Stres Akibat Pekerjaan Juga Bisa Sebabkan Asam Lambung

Itulah beberapa hal yang mungkin menyebabkan kamu sakit kepala di kantor. Setelah kamu mengetahui beberapa faktor yang menjadi penyebab, kamu dapat mencegah gangguan tersebut terjadi. Dengan begitu, kamu dapat menjaga produktivitas pekerjaan sehingga hasilnya dapat sesuai dengan ekspektasi.

Referensi:
Migrain Relief Center.Diakses pada 2019.CAN MY WORK ENVIRONMENT TRIGGER MIGRAINES?
Thera Specs.Diakses pada 2019.7 Reasons You Get Regular Headaches at Work