• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Sulit ke Gym, Siapkan Alat Olahraga Ini di Rumah

Sulit ke Gym, Siapkan Alat Olahraga Ini di Rumah

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – Tidak semua orang memiliki waktu yang cukup untuk pergi ke pusat kebugaran alias gym. Apalagi, di tengah pandemi COVID-19, pergi ke luar rumah mungkin menjadi hal yang bisa membuat siapa saja merasa khawatir. Nah, untuk menyiasatinya ada beberapa tips yang bisa dilakukan, salah satunya adalah menyiapkan alat-alat olahraga di rumah. 

Salah satu kelebihan dari gym adalah tersedianya beragam alat olahraga yang bisa digunakan. Namun, tak dapat dimungkiri, tidak semua alat yang ada di sana pasti digunakan. Daripada memaksakan diri untuk pergi ke gym, kamu bisa mencoba untuk menyediakan beberapa jenis peralatan di rumah dan voila! Kamu bisa mengubah rumah menjadi gym pribadi. Lantas, apa saja alat olahraga yang perlu ada di rumah? 

Baca juga: 6 Gerakan Fitness yang Bisa Dilakukan di Rumah

Mengubah Rumah jadi Gym Pribadi

Sulit pergi ke gym bukan berarti tidak bisa berolahraga sama sekali. Nyatanya, kamu bisa mengubah rumah menjadi gym pribadi dengan menambahkan beberapa alat pendukung olahraga. Ada beberapa jenis alat olahraga yang bisa ada di rumah, di antaranya: 

1.Barbel 

Barbel atau dumbbell menjadi salah satu alat bantu olahraga yang populer dan banyak disukai. Bukan tanpa alasan, alat olahraga yang satu ini bisa membantu pembentukan otot hingga mengencangkan otot dada. Ada banyak jenis barbel yang dijual, mulai dari barbel dengan berat 1, 2, 5, 10, hingga 50 kilogram. Kamu bisa membeli alat bantu ini dan menggunakannya untuk berolahraga di rumah. 

2.Skipping 

Selain barbel, kamu juga bisa menyediakan skipping atau tali untuk berolahraga di rumah. Lompat tali bisa menjadi salah satu olahraga pilihan, terutama bagi yang ingin menurunkan berat badan. Pasalnya, jenis olahraga ini tidak hanya baik untuk melatih gerakan dan kecepatan, tapi juga bisa membantu membakar cukup banyak kalori. 

3.Matras Yoga 

Agar lebih aman dan nyaman, kamu bisa menggunakan matras yoga saat berolahraga di rumah. Saat ini, ada banyak jenis matras yang bisa dibeli di toko peralatan olahraga. 

4.Balance Ball 

Kamu juga bisa menyediakan balance ball atau gym ball di rumah. Bola besar ini bisa digunakan untuk membantu mendorong gerakan pada otot-otot inti. Selain itu, balance ball juga bisa digunakan dalam stretching atau pemanasan sebelum berolahraga. 

Baca juga: Bentuk Lengan Kuat dengan 4 Latihan Sederhana

5.Yoga Strap 

Meski identik dengan olahraga yoga, strap ini juga bisa digunakan untuk melakukan olahraga lain, terutama yang menitikberatkan pada kelenturan tubuh. Strap ini bisa digunakan untuk menopang tubuh agar bisa mencapai pose tertentu yang diinginkan. 

6.Treadmill 

Pecinta olahraga lari mungkin kebingungan untuk berolahraga di tengah pandemi. Namun, jangan khawatir, kamu bisa menyiasatinya dengan menyediakan treadmill di rumah. Alat olahraga yang satu ini seringnya ditemukan di pusat kebugaran atau gym. Namun, jika kamu memiliki ruangan yang cukup di rumah, kamu bisa membeli alat ini dan menggunakannya untuk berolahraga rutin. 

Selain mempersiapkan alat bantu olahraga, kamu juga disarankan untuk memilih sepatu dan pakaian yang tepat untuk berolahraga di rumah. Selain itu, pastikan untuk selalu memulai olahraga dengan pemanasan dan mengakhirinya dengan pendinginan tubuh alias cooling down. 

Baca juga: 6 Gerakan Olahraga ala Gym yang Bisa Dilakukan di Rumah

Selain berolahraga, kamu juga bisa menjaga kesehatan tubuh dengan rutin melakukan pemeriksaan. Agar tidak perlu keluar rumah, kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk berbicara pada dokter seputar masalah kesehatan yang muncul. Dokter bisa dihubungi melalui Video/Voice Call dan Chat. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!

Referensi 
Healthline. Diakses pada 2020. The 15 Must-Have Pieces of Fitness Equipment for Home Workouts. 
Health. Diakses pada 2020. 7 Pieces of Home Gym Equipment to Boost Your Socially Distant Workouts.
Healthline. Diakses pada 2020. Balanced Workout Routine with Jump Rope Can Help You Lose Weight.