• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Susah Tidur? 6 Cara Mengatasi Insomnia Ini Patut Dicoba

Susah Tidur? 6 Cara Mengatasi Insomnia Ini Patut Dicoba

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta – Insomnia alias gangguan tidur di malam hari bisa sangat mengganggu. Pasalnya, tidur merupakan kebutuhan mendasar manusia yang sangat penting dan harus dicukupi. Orang yang mengidap insomnia umumnya memiliki waktu tidur yang kurang dan tidak berkualitas. Kabar buruknya, gangguan tidur di malam hari bisa memengaruhi aktivitas sepanjang hari.

Sebenarnya, waktu yang dibutuhkan untuk tidur bisa berbeda-beda pada setiap orang, tergantung usia gaya hidup, serta faktor lingkungan. Namun secara umum, orang dewasa membutuhkan tidur malam setidaknya 78 jam dalam satu hari. Insomnia ditandai dengan gejala susah tidur, sering terbangun di malam hari, serta tidak bisa tidur meski merasa lelah.

Baca juga: Jangan Dibiarkan, Insomnia Bisa Sebabkan 7 Penyakit Ini

Cara Sederhana Mengatasi Insomnia

Faktor penyebab insomnia bisa bermacam-macam, mulai dari akibat gaya hidup, masalah kenyamanan ruangan kamar, hingga adanya gangguan psikologi, masalah kesehatan fisik, dan efek samping obat-obatan. Penting untuk mengetahui apa penyebab dari insomnia, sehingga gangguan tidur ini bisa dengan mudah diatasi. Ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengatasi insomnia, antara lain:

1. Lakukan Relaksasi

Sebagai langkah relaksasi, kamu bisa melakukan yoga atau pilates sebelum tidur. Keduanya mampu memberikan rasa nyaman dan tenang, sehingga kamu lebih mudah mendapatkan tahap tidur nyenyak. Relaksasi juga bisa dilakukan dengan mandi air hangat, mendengarkan musik, menonton drama, atau aktivitas lainnya yang disukai.

2. Atur Jadwal Tidur

Mengatur jadwal tidur bisa memudahkan tubuh beristirahat, sehingga terhindar dari insomnia. Waktu tidur yang tidak tetap atau sering berubah-ubah juga menjadi pemicu insomnia, karena dapat mengganggu ritme sirkadian yang berfungsi mengatur metabolisme tubuh. Hal ini juga akan memengaruhi siklus tidur dan bangun pada pagi hari.

Baca juga: Insomnia Bukan karena Stres tetapi Kebiasaan Tidur?

3. Suasana Kamar yang Nyaman

Bisa jadi, insomnia terjadi karena suasana kamar yang tidak nyaman. Kalau insomnia terjadi secara berkepanjangan, cobalah untuk mengubah pengaturan kamar atau ganti lampu tidur menjadi lebih redup. Kamu juga bisa mencoba mengatur suhu kamar agar tubuh terasa lebih hangat.

4. Konsumsi Makan Sehat

Hindari mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein sebelum tidur. Ini karena mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung 400 miligram kafein enam jam sebelum tidur dapat memengaruhi kualitas tidur. Selain kafein, meminum alkohol memang dapat membuat seseorang mudah tertidur, tetapi tidak bisa sampai membuat kamu terlelap.

5. Berolahraga

Mengatasi insomnia juga bisa dilakukan dengan rutin melakukan aktivitas fisik alias berolahraga. Rutin berolahraga sudah terbukti bisa memberi manfaat baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Berolahraga bisa membantu mengatur suasana hati, memberi energi lebih pada tubuh, menurunkan berat badan, serta membuat tidur lebih berkualitas.

6. Hindari Alkohol dan Rokok Sebelum Tidur

Kandungan nikotin dalam rokok dapat memicu kesulitan tidur pada beberapa orang. Selain rokok, kamu juga perlu menghindari konsumsi minuman beralkohol dan kafein. Jumlah minuman tersebut akan membuat kamu terjaga, sehingga kesulitan untuk tidur di malam hari. Alih-alih konsumsi alkohol dan kafein, kamu bisa menggantinya dengan susu hangat.

Baca juga: Ini Fakta tentang Gangguan Tidur yang Harus Diketahui (Bagian 1)

Kalau insomnia sudah mulai mengganggu aktivitas dan tidak kunjung membaik, silahkan periksakan diri di rumah sakit terdekat. Jika kamu bisa bertanya seputar masalah kesehatan yang dialami, diskusikan segera dengan dokter di aplikasi Halodoc, ya. Segera atasi gangguan kesehatan yang dialami sebelum muncul komplikasi yang membahayakan.

Referensi
Web MD. Diakses pada 2021. Natural Sleep Solutions.
Healthline. Diakses pada 2021. Why use home remedies for insomnia?
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Insomnia.