• Home
  • /
  • Susah Tidur? Ini Cara Mengatasi Insomnia

Susah Tidur? Ini Cara Mengatasi Insomnia

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Susah Tidur, Ini Cara Mengatasi Insomnia

Halodoc, Jakarta – Insomnia alias gangguan tidur di malam hari bisa sangat mengganggu. Pasalnya, tidur merupakan kebutuhan mendasar manusia yang sangat penting dan harus dicukupi. Orang yang mengidap insomnia umumnya memiliki waktu tidur yang kurang dan tidak berkualitas. Kabar buruknya, gangguan tidur di malam hari bisa memengaruhi aktivitas sepanjang hari.

Sebenarnya, waktu yang dibutuhkan untuk tidur bisa berbeda-beda pada setiap orang, tergantung usia gaya hidup, serta faktor lingkungan. Namun secara umum, orang dewasa membutuhkan tidur malam setidaknya 7-8 jam dalam satu hari. Insomnia ditandai dengan gejala susah tidur, sering terbangun di malam hari, serta tidak bisa tidur meski merasa lelah.

Baca juga: Jangan Dibiarkan, Insomnia Bisa Sebabkan 7 Penyakit Ini

Cara Sederhana Mengatasi Insomnia

Faktor penyebab insomnia bisa bermacam-macam, mulai dari akibat gaya hidup, masalah kenyamanan ruangan kamar, hingga adanya gangguan psikologi, masalah kesehatan fisik, dan efek samping obat-obatan. Penting untuk mengetahui apa penyebab dari insomnia, sehingga gangguan tidur ini bisa dengan mudah diatasi. Ada berbagai cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengatasi insomnia, di antaranya:

  • Gaya Hidup Sehat

Gaya hidup menjadi salah satu faktor pemicu insomnia. Kebiasaan merokok, konsumsi kafein berlebihan, makanan tidak sehat, hingga kurang bergerak bisa meningkatkan risiko gangguan tidur menyerang. Untuk mengatasinya, coba terapkan gaya hidup sehat, misalnya dengan berhenti merokok dan konsumsi makanan yang kaya kandungan nutrisi.

  • Atur Jadwal Tidur

Mengatur jadwal tidur bisa memudahkan tubuh beristirahat, sehingga terhindar dari insomnia. Waktu tidur yang tidak tetap atau sering berubah-ubah juga menjadi pemicu insomnia, karena dapat mengganggu ritme sirkadian yang berfungsi mengatur metabolisme tubuh. Hal ini juga akan memengaruhi siklus tidur dan bangun pada pagi hari.

Baca juga: Insomnia Bukan karena Stres tetapi Kebiasaan Tidur?

  • Suasana Kamar yang Nyaman

Bisa jadi, insomnia terjadi karena suasana kamar yang tidak nyaman. Kalau insomnia terjadi secara berkepanjangan, cobalah untuk mengubah pengaturan kamar atau ganti lampu tidur menjadi lebih redup. Kamu juga bisa mencoba mengatur suhu kamar agar tubuh terasa lebih hangat.

  • Konsumsi Makan Sehat

Hindari mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein sebelum tidur. Sebab, mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung 400 miligram kafein enam jam sebelum tidur dapat memengaruhi kualitas tidur. Selain kafein, meminum alkohol memang dapat membuat seseorang mudah tertidur, tetapi tidak bisa sampai membuat kamu terlelap.

  • Berolahraga

Mengatasi insomnia juga bisa dilakukan dengan rutin melakukan aktivitas fisik alias berolahraga. Rutin berolahraga sudah terbukti bisa memberi manfaat baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Berolahraga bisa membantu mengatur suasana hati, memberi energi lebih pada tubuh, menurunkan berat badan, serta membuat tidur lebih berkualitas.

  • Segelas Susu Hangat

Susah tidur di malam hari salah satunya bisa terjadi karena adanya gangguan pada melatonin, yaitu hormon yang berperan dalam mengatur pola tidur dan bangun tubuh. Kalau kamu mengatasi susah tidur, cobalah untuk mengonsumsi segelas susu hangat pada malam hari atau menjelang waktu tidur. Susu memiliki kandungan kalsium yang membantu otak memproduksi hormon melatonin, sehingga masalah insomnia bisa dihindari.

Baca juga: Ini Fakta tentang Gangguan Tidur yang Harus Diketahui (Bagian 1)

Kalau insomnia sudah mulai mengganggu aktivitas dan tidak kunjung membaik, segera periksakan diri ke dokter. Atau kamu bisa bertanya kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan dan di mana saja. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.

Referensi
Web MD. Diakses pada 2020. Natural Sleep Solutions.
Healthline. Diakses pada 2020. Why use home remedies for insomnia?
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Insomnia.