25 May 2018

Tahap Pertumbuhan Anak Sesuai Usia 1- 3 tahun

Tahap Pertumbuhan Anak Sesuai Usia 1- 3 tahun

Halodoc, Jakarta – Tumbuh kembang setiap anak tentu berbeda-beda. Ini karena ada beberapa faktor yang bisa memengaruhi tumbuh kembangnya, seperti faktor biologis (genetik), psikologis, lingkungan, hingga interaksi beberapa faktor tersebut. Oleh sebab itu, sangat penting bagi ibu untuk membiarkan Si Kecil berkembang dan belajar sesuai dengan tahapan yang nyaman baginya. Namun secara umum, berikut adalah tahap pertumbuhan anak sesuai usia 1-3 tahun: (Baca juga: Perhatikan Waktu Tidur Bayi untuk Tumbuh Kembang Si Kecil)

Anak Usia 1 Tahun

  • Tinggi dan berat badan

Menurut Kementerian Kesehatan RI, tinggi badan ideal anak berusia satu tahun adalah 68,9-79,2 sentimeter (perempuan) dan 71-80,5 sentimeter (laki-laki). Sedangkan berat badan idealnya adalah 7-11,5 kilogram (perempuan) dan 7,7-12 kilogram (laki-laki).

  • Perubahan fisik

Di usia ini, kekuatan otot dan keseimbangan Si Kecil sudah berkembang sehingga memudahkannya untuk berdiri tanpa bantuan siapapun selama beberapa saat. Ia juga sudah bisa mengambil benda kecil di antara ibu jari dan jari telunjuk. Kemampuan tersebut memungkinkan dirinya untuk memberi makan sendiri, menulis dengan krayon, dan membangun menara balok.

  • Kemampuan berkomunikasi

Si Kecil sudah bisa mengucapkan kata pertamanya, bahkan menyatukan dua kata sekaligus. Misalnya "mama", "papa", "mama kemana", dan kata lainnya. Meskipun kosakatanya masih terbatas, di usia ini ia sudah bisa melakukan perintah sederhana yang diminta ibu. Misalnya memegang sendok sendiri, menumpuk balok mainan, dan perintah sederhana lainnya.

  • Kemampuan Sosial

Tipikal anak berusia 1 tahun adalah malu saat bertemu orang baru atau yang tidak dikenalinya. Jadi, jangan heran jika Si Kecil akan lebih senang berada di sekitar ibu dan menangis saat ibu hendak meninggalkannya sendirian.

Anak Usia 2 Tahun

  • Tinggi dan berat badan

Menurut Kementerian Kesehatan RI, tinggi badan ideal anak berusia dua tahun adalah 80-92,9 sentimeter (perempuan) dan 81,7-93,9 sentimeter (laki-laki). Sedangkan berat badan idealnya adalah 9-14,8 kilogram (perempuan) dan 9,7-15,3 kilogram (laki-laki).

  • Perubahan fisik

Kekuatan otot dan keseimbangan Si Kecil akan lebih terasah. Perkembangan ini memungkinkan Si Kecil untuk berjalan lebih lancar, berlari secara perlahan, dan melakukan lompatan kecil. Kemampuan berkoordinasinya juga akan berkembang, sehingga di usia ini beberapa anak sudah bisa membuka pintu, mendorong meja, hingga berganti pakaian sendiri.

  • Kemampuan berkomunikasi

Beberapa anak sudah bisa menyatukan beberapa kata sekaligus meskipun masih terbata-bata. Jadi, jangan heran jika Si Kecil masih menggunakan “bahasa bayi” atau kalimat yang tidak utuh saat berbicara. Misalnya “mbim” untuk mobil, “sawat” untuk pesawat, “mamam” untuk makan, dan kata-kata lainnya.

  • Kemampuan Sosial

Si Kecil sudah lebih terbuka dengan orang baru di sekitarnya. Ia akan tertarik untuk bermain dengan anak-anak lain, meskipun ibu perlu membantunya untuk berkenalan dan bersosialisasi dengan lingkungan barunya.

Anak Usia 3 Tahun

  • Tinggi dan berat badan

Menurut Kementerian Kesehatan RI, tinggi badan ideal anak berusia tiga tahun adalah 87,4-102,7 sentimeter (perempuan) dan 88,7-103,5 sentimeter (laki-laki). Sedangkan berat badan idealnya adalah 10,8-18,1 kilogram (perempuan) dan 11,3-18,3 kilogram (laki-laki).

  • Perubahan fisik

Kebanyakan anak sudah dapat menggunakan kedua tangan, namun ibu perlu menunjukkan preferensi yang jelas agar Si Kecil tidak bingung harus menggunakan tangan kanan atau kiri untuk beraktivitas. Di usia ini, kemampuan koordinasi antar otot juga sudah berkembang baik sehingga ia sudah bisa melakukan kegiatan beragam seperti mengayuh sepeda, menggunakan pensil, menggambar, dan aktivitas lainnya.

  • Kemampuan berkomunikasi

Kemampuan bahasa Si Kecil sudah meningkat seiring pertambahan usia. Sehingga di usia ini, ia sudah bisa berbicara dalam kalimat singkat. Inilah waktu yang tepat untuk ibu memperkenalkan huruf dan suara padanya.

  • Kemampuan Sosial

Daya imajinasi Si Kecil sudah mulai berkembang. Jadi, jangan heran jika Si Kecil akan senang dengan permainan pura-pura atau bermain dengan daya imajinasinya.

(Baca juga: Ini Perkembangan Gigi Anak Tumbuh Sesuai Usia)

Jika Si Kecil sakit selama fase tumbuh kembangnya, ibu perlu segera bicara dengan dokter. Saat ini, ibu sudah bisa memanfaatkan aplikasi Halodoc untuk bicara pada dokter kapan saja dan dimana melalui Chat, dan Video/Voice Call. Jadi, yuk download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play sekarang juga.