• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tak Hanya Mengatasi Bronkitis, Ini Berbagai Manfaat Patikan Kebo bagi Kesehatan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tak Hanya Mengatasi Bronkitis, Ini Berbagai Manfaat Patikan Kebo bagi Kesehatan

Tak Hanya Mengatasi Bronkitis, Ini Berbagai Manfaat Patikan Kebo bagi Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 02 Desember 2022

“Manfaat patikan kebo ternyata banyak, seperti mengatasi asma, bronkitis, dada yang sesak karena asma, serta flu dan pilek. Praktisi Ayurveda kerap menyarankan tanaman herbal ini untuk mengobati bronkitis.”

Tak Hanya Mengatasi Bronkitis, Ini Berbagai Manfaat Patikan Kebo bagi KesehatanTak Hanya Mengatasi Bronkitis, Ini Berbagai Manfaat Patikan Kebo bagi Kesehatan

Halodoc, Jakarta –  Apakah kamu pernah mendengar nama tanaman patikan kebo? Patikan kebo adalah tanaman yang ditemukan di Asia ataupun Afrika dan kerap digunakan sebagai pengobatan. Manfaat patikan kebo cukup banyak dan sayang jika dilewatkan.

Patikan kebo sering digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan, seperti diare, termasuk juga disentri. Tidak hanya penanganan untuk gangguan lambung, tanaman ini juga bisa mengatasi masalah gangguan pernapasan, demam berdarah, dan gangguan kesehatan lainnya. Yuk, cari tahu manfaat patikan kebo lebih lanjut di sini!

Manfaat Patikan Kebo untuk Kesehatan

Patikan kebo tumbuh di lahan terbuka, di pinggir jalan, dan cukup mudah  ditemukan di mana saja, terutama daerah tropis. Ada banyak manfaat patikan kebo, mulai dari anti-inflamasi, anti-tumor, anti-virus, anti-diabetes, bahkan sampai mengusir hama.

Berikut ini adalah manfaat patikan kebo yang menarik untuk kamu ketahui:

1. Anti Inflamasi

Patikan kebo adalah tanaman yang mengandung senyawa anti-inflamasi yang sangat baik. Hal ini disebabkan adanya komponen seperti flavonoid, saponin, sterol 24-methylene-cycloartenol, dan triterpen β-amyrin. 

Kandungan-kandungan tersebut membuat patikan kebo baik untuk pengobatan arthritis, pembengkakan tubuh, dan membantu mengatasi gejala pada kondisi rheumatic arthritis dan fibromyalgia. Ini juga baik untuk mengatasi eksim atau kondisi peradangan pada kulit.

2. Meredakan Gejala Asma

Manfaat patikan kebo yang lainnya adalah mengatasi asma, bronkitis, dada yang sesak karena asma, serta flu dan pilek. Praktisi Ayurveda kerap menyarankan patikan kebo sebagai metode pengobatan efektif untuk pasien bronkitis.

Cara penggunaannya cukup mudah. Kamu bisa mengeringkan daun tanaman, kemudian diasapi dan digulung lalu disimpan di bawah kepala pada malam hari. Kamu pun bisa mengolahnya dengan cara direbus dan meminum air rebusannya. 

3. Meningkatkan Imun Tubuh

Patikan kebo juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap infeksi virus, infeksi jamur dan kesehatan umumnya. Tanaman herbal ini mampu mengobati infeksi mata, memperkuat sistem saraf pusat, bahkan memberikan perlawanan terhadap bisa ular dan gigitan kalajengking.

4. Menjaga Kesehatan Seksual

Dalam perkembangannya, patikan kebo juga diyakini dapat mengobati impotensi, ejakulasi dini dan kemandulan pada pria dan wanita. Konsumsi berkelanjutan telah terbukti meningkatkan kesehatan seksual pria dan wanita.

Patikan kebo juga digunakan sebagai stimulan seksual. Bahkan untuk wanita, ini dapat digunakan untuk produksi susu dan untuk mengobati gonore.

5. Mengatasi Masalah Pencernaan 

Patikan kebo dapat membantu mengatasi masalah pencernaan. Seluruh tanaman kecuali akarnya dicuci dan direbus dalam air selama 15 menit untuk membuat teh, lalu dikonsumsi di siang hari. Diare, muntah, mudah buang air besar dan sembelit dapat dikontrol dengan menggunakan patikan kebo.  

6. Perawatan Kulit

Tanaman ini juga terbukti melawan kanker kulit non-melanoma pada manusia. Zat yang disebut ingenol mebutate pada patikan kebo dapat membunuh sel kanker di kulit. Sebagai perawatan rumahan, patikan kebo juga dapat mengurangi efek sengatan matahari, keriput, dan bertindak sebagai agen anti penuaan yang baik.

Ini hanya sebagian dari manfaat patikan kebo pada kesehatan. Informasi selengkapnya mengenai manfaat tanaman herbal yang lain bisa didapatkan dengan cara download aplikasi Halodoc. Kamu juga bisa berkonsultasi dengan profesional medis secara online melalui aplikasi Halodoc ya!

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2022. Euphorbia Hirta – Uses, Side Effects, and More.
Mother Earth Living. Diakses pada 2022. 10 Surprising Benefits Of Euphorbia.
Rx List. Diakses pada 2022. Euphorbia.
Kanal Pengetahuan Farmasi UGM. Diakses pada 2022. Patikan Kebo, Tumbuhan Semak yang Layak Disimak.