02 March 2018

Tambah Flawless, 5 Manfaat Cuka Apel untuk Wajah

Tambah Flawless, 5 Manfaat Cuka Apel untuk Wajah

 

Halodoc, Jakarta – Selama ini cuka apel lebih dikenal sebagai minuman yang memberi banyak manfaat untuk kesehatan. Tapi tahukah kamu, enggak hanya baik untuk diminum, membersihkan wajah dengan cuka apel secara rutin juga bisa bikin wajah tambah flawless dan bebas dari masalah kulit, lho. Penasaran apa saja manfaat cuka apel dan bagaimana cara menggunakannya untuk wajah? Cek di sini, yuk.

Tidak seperti sabun pembersih wajah yang mungkin mengandung pewangi dan bahan kimia lainnya, manfaat cuka apel bisa dijadikan cairan pembersih wajah alami. Fermentasi sari buah apel ini mengandung banyak nutrisi penting yang baik untuk kulit wajah seperti kalium, natrium, klorida, fosfor, kalsium, bioflavonoid, pectin, magnesium, tembaga, dan berbagai vitamin, seperti vitamin A, B1, B2, B6, C dan E.

  1. Menghilangkan Noda Hitam

Seiring bertambahnya usia atau karena sering terpapar sinar matahari, noda-noda hitam yang mengganggu bisa muncul di kulit wajah. Enggak usah khawatir, kamu cukup mencuci muka setiap hari dengan cuka apel untuk mengatasi masalah kulit ini. Kandungan asam hidroksi yang terdapat dalam cuka apel berkhasiat menghilangkan sel kulit mati dan mempercepat regenerasi kulit, sehingga noda hitam pun hilang. (Baca juga: Agar Flawless, Lakukan Ini untuk Hilangkan Noda di Wajah)

  1. Mengatasi Jerawat

Sering muncul jerawat pada wajah? Coba deh atasi dengan menggunakan cuka apel. Tingkat keasaman dalam cuka yang cukup tinggi bisa membantu penyembuhan dan pengeringan jerawat secara alami dan aman. Selain itu, cuka apel juga memiliki kemampuan antibakteri yang mampu menjaga kulit tetap bersih dari bakteri penyebab jerawat.

  1. Menjaga Keseimbangan pH Kulit

Tahukah kamu kalau pH kulit perlu dijaga keseimbangannya? Ph kulit yang tidak seimbang dapat menimbulkan berbagai masalah pada kulit wajah, salah satunya jerawat. Nah, cuka apel tidak hanya bisa membantumu menjaga keseimbangan pH kulit, tapi juga menyeimbangkan kadar minyak dalam kulit, sehingga wajah tidak akan terlalu berminyak ataupun terlalu kering. (Baca juga: Yang Perlu Diketahui Soal pH Kulit Wanita)

  1. Meremajakan Kulit

Seiring bertambahnya usia, kamu tidak bisa menghindari tanda-tanda penuaan yang muncul pada wajah, seperti keriput dan garis halus. Tapi bukan berarti kamu tidak bisa menyamarkannya. Mencuci muka dengan cuka apel setiap hari dapat membantu mengurangi garis halus dan keriput, sehingga wajahmu akan tetap terlihat muda.

  1. Mengatasi Berbagai Masalah Kulit

Yang lebih mengagumkan lagi, cuka apel ternyata berkhasiat mengatasi berbagai masalah kulit, lho, seperti kulit terbakar sinar matahari, kulit gatal, atau kulit yang sakit karena digigit serangga. Cuka apel yang dicampurkan dengan air es, bisa membantu mendinginkan kulit wajah yang terbakar. Merendam bagian tubuh yang gatal atau nyeri dalam air cuka apel juga bisa membantu meredakannya.

Cara Menggunakannya:

  • Sebagai Cairan Pembersih Wajah

Karena kandungan asam cuka apel yang cukup tinggi, kamu dianjurkan untuk mencampur cuka apel dengan air jika ingin menggunakannya untuk membilas wajah. Perbandingan antara cuka apel dan air yang biasa digunakan adalah 1:2 atau 1:3. Jika kulit wajah sensitif, gunakan lebih banyak air.

  • Sebagai Toner Wajah

Selain bisa digunakan sebagai cairan pembersih wajah, cuka apel juga bisa digunakan sebagai toner wajah. Caranya, tuangkan campuran air dengan cuka apel ke kapas dan aplikasikan pada daerah kulit yang bermasalah.

Selamat mencoba ya. Kalau kamu punya masalah kulit atau masalah kesehatan lainnya, bicarakan saja langsung dengan dokter ahlinya lewat aplikasi Halodoc. Melalui Video/Voice Call dan Chat, kamu bisa meminta saran kesehatan dan rekomendasi obat kepada dokter kapan saja dan di mana saja. Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.