• Home
  • /
  • Ini 5 Tanaman yang Boleh Diletakkan di Kamar Tidur

Ini 5 Tanaman yang Boleh Diletakkan di Kamar Tidur

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Ini 5 Tanaman yang Boleh Diletakkan di Kamar Tidur

Halodoc, Jakarta – Tanaman tidak hanya mempercantik ruangan, tetapi juga baik untuk kesehatan terutama kesehatan psikis. Keberadaan tanaman di dalam ruangan dapat menurunkan detak jantung, membantu membersihkan udara yang kita hirup dengan menyerap racun dan bertindak sebagai sumber oksigen. 

Pemandangan hijau juga dapat mengurangi kelelahan mental dan memperbaiki kualitas udara. Namun, tidak semua tanaman disarankan untuk diletakkan di ruangan terutama di tempat tidur. Informasi selengkapnya mengenai hal ini bisa dibaca di bawah ini!

Rekomendasi Tanaman di Kamar Tidur

Tidur adalah aktivitas esensial manusia. Saat ini orang-orang cenderung mengalami gangguan tidur seperti insomnia yang membuat mereka tidak mendapatkan cukup istirahat. Tanaman dikenal memberikan sensasi ketenangan. Berikut ini rekomendasi jenis tanaman yang bisa diletakkan di kamar tidur:

  1. Lidah Mertua

Lidah mertua adalah tanaman yang tidak perlu banyak perawatan. Selain itu, tanaman ini juga berfungsi menyaring udara dari racun rumah tangga. Kabar baiknya lagi, lidah mertua terbukti mengeluarkan oksigen di malam hari sehingga membantu meningkatkan kualitas tidur.

  1. Tanaman Laba-Laba

Tanaman laba-laba adalah tanaman yang bagus untuk ditempatkan di kamar tidur karena dapat membersihkan udara. Jika kamu ingin menjaga udara kamar tidur lebih bersih dan meningkatkan istirahat malam dengan baik, tanaman Laba-laba akan cocok untuk ditempatkan di kamarmu. 

Baca juga: Dampak Udara Kotor pada Kesehatan Paru-paru

  1. Palem Kuning

Tanaman palem kuning tidak hanya cantik tetapi juga dapat menjadi pelembap di musim kemarau. 

  1. Golden Pothos

Bukan hanya penampilannya yang unik, tanaman ini pembersih racun udara yang sempurna. Memiliki tanaman ini di kamar tidur, kamu akan mendapatkan manfaat ganda, yaitu sebagai penghias dan pembersih udara. Penggunaannya juga sederhana cukup memotong batangnya dan memasukkan ke dalam air. Guna mendapatkan kualitas udara lebih baik, kamu bisa menggantinya seminggu sekali. 

  1. Pakis Boston

Pakis boston juga bermanfaat membersihkan udara di sekitar ruangan terutama jika kamu kerap memiliki masalah kulit dan hidung kering. Tanaman ini membantu menjaga kelembapan udara secara signifikan. Perawatannya juga tidak terlalu susah, bantu tanaman ini untuk tumbuh dengan baik dengan membiarkannya mendapatkan cahaya matahari secukupnya. 

Manfaat Tanaman untuk Kesehatan

Tadi sudah sedikit disinggung mengenai manfaat tanaman untuk kesehatan. Beberapa manfaatnya sangat signifikan sehingga kamu direkomendasikan untuk meletakkan tanaman di kamar tidur. Berikut ini manfaat tanaman untuk kesehatan:

Baca juga: ASMR Bisa Jadi Solusi untuk Tidur Lebih Cepat

  1. Selain menenangkan detak jantung, keberadaan tanaman juga dapat ketegangan otot yang terkait dengan stres.

  2. Tanaman juga dapat membantu untuk lebih santai, fokus, dan mengarah pada peningkatan produktivitas, kreativitas, generasi ide, dan kemampuan pemecahan masalah. Bahkan, kehadiran tanaman sangat membantu, sehingga telah terbukti meringankan gejala yang dialami oleh anak-anak dengan ADD.

  3. Tanaman membantu pasien pulih dari operasi dan meringankan gejala Alzheimer.

  4. Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh Texas Agriculture & Medicine University, orang yang menghabiskan waktu merawat alam lebih cenderung dapat merawat orang lain. Merawat tanaman dapat membantu meningkatkan kasih sayang dan relasi dengan orang lainnya. 

  5. Keberadaan tanaman di dalam ruangan/rumah juga dapat meningkatkan mood. Menurut informasi yang terangkum dalam buku Holistic Solutions for Anxiety & Depression, menyentuh tanaman dapat membuat perasaan lebih rileks. 

Referensi:
Planted Well. Diakses pada 2020. Plants For Bedroom: 30 Best Bedroom Plants To Improve Sleep Quality,
Fresh Home. Diakses pada 2020. Importance of Plants in Your Home.
Healthline. Diakses pada 2020. Benefits of Indoor Plants.