• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tanpa Operasi, Olahraga Ini Mampu Atasi Hernia
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tanpa Operasi, Olahraga Ini Mampu Atasi Hernia

Tanpa Operasi, Olahraga Ini Mampu Atasi Hernia

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 08 Juni 2022

“Selama ini, kebanyakan orang menganggap bahwa operasi adalah jalan satu-satunya untuk mengatasi hernia. Tidak selalu dengan operasi, nyatanya hernia bisa diatasi dengan olahraga.”

Tanpa Operasi, Olahraga Ini Mampu Atasi HerniaTanpa Operasi, Olahraga Ini Mampu Atasi Hernia

Halodoc, Jakarta – Olahraga dinilai mampu mengatasi hernia. Hernia sendiri adalah adalah sebuah penyakit yang terjadi karena organ dalam tubuh menekan dan menonjol melalui jaringan otot. Pelemahan pada otot tersebut membuat tubuh tidak dapat menahan organ di dekatnya sehingga terjadilah hernia. Kondisi ini juga lebih dikenal sebagai ‘turun berok’ dan umumnya terjadi pada pangkal paha.

Ternyata, pengobatan hernia tidak selalu dengan operasi. Ada cara lain yang dapat dilakukan untuk menyembuhkannya, yaitu dengan berolahraga. Bagi pengidap hernia, olahraga adalah salah satu langkah terbaik untuk mengembalikan kondisi otot yang fungsinya telah melemah.

Olahraga untuk Atasi Hernia

Nah, beberapa jenis olahraga yang dinilai mampu meringankan hernia, meliputi:

1. Yoga termasuk olahraga untuk atasi hernia

Latihan yang satu ini berfokus pada kestabilan, kelembutan, dan keharmonisan pada gerakan, sehingga dapat memperkuat otot untuk atasi hernia dan juga mencegah hernia terjadi lagi kedepannya. Gaya-gaya yang dapat dilakukan, yaitu:

  • Gaya Sapta Vajrasana. Caranya melakukannya adalah duduk dengan membiarkan siku menekuk dan sudut membentuk seperti huruf V ke belakang. Kemudian, perlahan letakkan kepala hingga menyentuh lantai. Lalu, bungkukkan lutut tetapi lutut, tetapi berada di lantai.
  • Gaya Halasan. Gerakan ini dilakukan dengan berbaring telentang, lalu posisikan bokong di samping. Setelah itu, angkat kaki ke atas dan lurus tanpa membebani tangan. Kemudian, gerakkan kaki ke bawah melewati kepala hingga ujung kaki menyentuh lantai.
  • Gaya Sarvangasana. Pertama-tama kamu harus berbaring telungkup dan kedua tangan berada di samping tubuh dengan telapak tangan tetap menyentuh lantai. Lalu, angkat kaki dengan dorongan tangan dan tekuk siku agar telapak tangan tetap lurus. Terakhir, pastikan posisi kaki tegak lurus dengan leher.

2. Aerobik termasuk olahraga untuk atasi hernia

Sementara itu, olahraga aerobik berfokus pada gerakan cepat dan dinamis. Olahraga ini mirip dengan senam, tetapi dapat dilakukan dengan iringan musik. Gerakan pada aerobik dapat memperkuat otot dan melancarkan darah di sekitar perut sehingga mampu meringankan hernia.

3. Jalan Santai

Salah satu olahraga paling ringan untuk pengidap hernia adalah berjalan santai. Olahraga ini dapat dilakukan oleh semua orang dan rentang umur. Lakukanlah jalan santai secara teratur untuk menjaga otot tetap kencang dan kuat, sehingga dapat menyembuhkan hernia.

4. Meditasi

Cara atasi hernia yang lainnya adalah dengan meditasi. Meditasi diawali dengan duduk bersila di sebuah tempat hening dan dikelilingi oleh aroma wangi agar rileks. Fokuskan pikiran pada hal yang membuat tenang sambil mengatur pernapasan dengan ritme yang teratur untuk membuang beban yang ada di pikiran. Tariklah napas dalam-dalam, kemudian buang secara perlahan.

5. Berenang

Jenis olahraga lain yang dipercaya mampu mengatasi hernia adalah berenang. Alasannya, berat air saat kamu berenang terbukti dapat mendorong dan menahan posisi buah zakar pada pria dan otot rahim pada wanita. Selain itu, berenang juga dapat meningkatkan sirkulasi darah pada perut, sehingga organ perut tetap stabil pada tempatnya.

6. Mengangkat Kaki Berulang Kali

Cara melakukan latihan ini yaitu dengan mengangkat kaki berulang kali pada posisi duduk atau terlentang ketika sebelum tidur atau setelah bangun tidur. Sebelum melakukan hal tersebut, sebaiknya minum air putih terlebih dahulu. Posisikan tubuh terlentang atau duduk lalu angkat kedua kaki secara berulang.

Munculnya jendulan yang terasa bengkak atau sakit adalah salah satu tanda khas hernia. Apabila kamu mengalaminya, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat. Buat janji rumah sakit melalui aplikasi Halodoc supaya lebih mudah dan praktis. Jangan tunda sebelum kondisinya semakin memburuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Premier Surgical. Diakses pada 2022. Best Exercises for People with Hernias.
WebMD. Diakses pada 2022. Best Exercises for Abdominal Hernia.