• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Terapi Biologis untuk Menangani Multiple Myeloma

Terapi Biologis untuk Menangani Multiple Myeloma

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Terapi Biologis untuk Menangani Multiple Myeloma

Halodoc, Jakarta – Multiple myeloma adalah kanker yang terbentuk dalam jenis sel darah putih yang disebut sel plasma. Sel plasma yang sehat membantu kamu melawan infeksi dengan membuat antibodi yang mengenali dan menyerang kuman.

Orang dengan kondisi multiple myeloma, sel plasma kankernya menumpuk di sumsum tulang dan mengeluarkan sel darah yang sehat. Alih-alih menghasilkan antibodi yang bermanfaat, sel kanker menghasilkan protein abnormal yang dapat menyebabkan komplikasi. Terapi biologis adalah salah satu jenis perawatan untuk penanganan multiple myeloma.

Baca juga: Bisakah Kanker Multiple Myeloma Dicegah?

Prosedur Terapi Biologis untuk Penanganan Multiple Myeloma

Terapi biologis dan kemoterapi adalah terapi yang sama-sama bertujuan untuk merusak sel kanker. Kemoterapi menggunakan zat kimia tertentu, tetapi dapat merusak sel-sel sehat di sekitar kanker. Terapi biologis sendiri merusak sel kanker dengan memicu sistem imun untuk menyerang sel kanker tersebut. 

Terapi biologis menggunakan organisme hidup, baik dari manusia maupun rekayasa untuk melawan sel kanker. Sistem kekebalan tubuh yang melawan penyakit tidak menyerang kanker melainkan mengganggu proses pembentukan protein yang dilakukan sel kanker. 

Terapi antibodi monoklonal (mAb) adalah terapi biologis untuk penyembuhan kanker. Sistem kerjanya hampir sama dengan jenis terapi biologis lainnya yang merangsang imun untuk melawan sel kanker. Caranya dengan menggunakan komponen sistem imun berupa antibodi rekayasa.

Terapi sitokin menggunakan protein interferon (INF) dan interleukin (IL) yang selain meningkatkan respons imun melawan sel kanker juga memicu produksi sel darah. Pemberian vaksin kanker berbeda dengan jenis vaksin lainnya. Bukan untuk mencegah penyakit seperti vaksin-vaksin pada umumnya, melainkan untuk meningkatkan imunitas.

Masih ada beberapa jenis terapi biologis lainnya. Dalam kasus multiple myeloma, terapi biologis dirancang untuk meningkatkan aktivitas sel pembunuh kanker dalam sistem kekebalan tubuh pengidapnya.

Baca juga: Ini Metode Pengobatan untuk Pengidap Kanker

Informasi selengkapnya mengenai terapi biologis, bisa ditanyakan langsung di Halodoc. Kamu bisa menanyakan apa saja dan dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Perlu diketahui terapi biologis juga punya efek samping mulai dari reaksi alergi, gejala flu, bengkak, kemerahan, ruam dan lain-lain. Pastikan kamu mendapatkan pengobatan tepat dengan mendapatkan rekomendasi medis profesional dari Halodoc.

Multiple Myeloma Tidak Dapat Disembuhkan

Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh National Health Service, multiple myeloma tidak dapat disembuhkan. Perawatan untuk multiple myeloma kerap dilakukan untuk mengendalikan gejala dan meningkatkan kualitas hidup. 

Orang yang mengidap myeloma akan dirawat oleh tim medis yang biasanya dipimpin oleh konsultan hematologi spesialis myeloma. Tim medis akan mendiskusikan kondisi kesehatan secara keseluruhan dan merekomendasikan perawatan terbaik. 

Baca juga: Bagaimana Merawat Kanker Pankreas?

Terapi untuk multiple myeloma kerap dilakukan bersamaan dengan perawatan lain untuk membantu meringankan beberapa masalah yang disebabkan oleh perawatan yang dilakukan, seperti: 

1. Obat penghilang rasa sakit untuk mengurangi rasa sakit.

2. Radioterapi untuk meredakan nyeri tulang atau membantu penyembuhan setelah tulang diperbaiki dengan pembedahan.

3. Obat bifosfonat yang diberikan sebagai tablet atau melalui suntikan untuk membantu mencegah kerusakan tulang dan mengurangi kadar kalsium dalam darah.

4. Transfusi darah atau obat eritropoietin untuk meningkatkan jumlah sel darah merah dan mengobati anemia.

5. Operasi untuk memperbaiki atau memperkuat tulang yang rusak, atau mengobati kompresi sumsum tulang belakang. 

6. Dialisis diperlukan jika pengidapnya mengalami gagal ginjal.

7. Pertukaran plasma pengobatan untuk menghilangkan dan mengganti cairan yang membentuk darah (plasma), jika pengidapnya memiliki darah kental yang tidak biasa.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Multiple Myeloma.
Virginia Oncology Care. Diakses pada 2020. Treating Myeloma with Biological Therapy.
National Health Service. Diakses pada 2020. Multiple Myeloma.