06 November 2018

Terkena Infeksi Pada Kaki Karena Jamur? Mungkin Itu Tanda Tinea Pedis

terkena infeksi pada kaki karena jamur mungkin itu tanda tinea pedis

Halodoc, Jakarta – Masih saja ada banyak orang yang tidak terlalu memerhatikan kebersihan kaki. Padahal, kaki adalah bagian tubuh yang paling cepat kotor karena sering digunakan untuk berjalan ke mana saja. Belum lagi, kaki juga mudah berkeringat saat kamu kepanasan atau setelah melakukan aktivitas fisik yang menguras tenaga. Tidak menjaga kebersihan kaki dan membiarkan kaki dalam kondisi lembap, itu dapat membuat kamu berisiko terkena tinea pedis atau yang lebih dikenal juga dengan istilah kutu air. Bila kaki sudah terasa gatal-gatal dan menimbulkan bau tidak sedap, itu tandanya kamu sudah terkena tinea pedis tuh. Yuk, cari tahu lebih lanjut seputar tinea pedis dan cara mengatasinya di sini.

Apa Itu Tinea Pedis?

Tinea pedis atau kutu air merupakan salah satu penyakit kulit yang sering terjadi di kaki yang disebabkan oleh infeksi jamur. Orang-orang yang berisiko terkena penyakit ini adalah mereka yang kurang menjaga kebersihan kakinya dan sering membiarkan kaki dalam kondisi lembap, misalnya dengan jarang mengganti kaos kaki atau sering merendam kaki dalam air. Tinea pedis sebaiknya jangan disepelekan, karena bila tidak segera ditangani dengan cara yang tepat maka kondisi kaki bisa bertambah buruk dan infeksi jamur bisa menyebar ke bagian tubuh lain. Dampak paling buruk dari tinea pedis adalah munculnya peradangan pada kelenjar getah bening.

Gejala Tinea Pedis

Gejala utama tinea pedis adalah berupa ruam bersisik yang terdapat di antara sela-sela jari kaki dan terasa gatal. Rasa gatalnya akan semakin terasa ketika pengidap melepas sepatu dan kaus kaki setelah beraktivitas. Namun selain itu, tinea pedis juga bisa menimbulkan gejala-gejala berikut:

  • Kulit di bagian kaki mengelupas atau pecah-pecah,

  • Muncul lepuhan di sela jari kaki yang terasa gatal.

  • Permukaan yang terinfeksi terasa gatal dan perih.

  • Telapak dan setiap ujung kaki terasa kering, kasar, dan kulitnya menebal.

Penyebab Jamur Kaki

Sebenarnya ada berbagai macam jamur yang bisa menjadi penyebab tinea pedis. Namun, kondisi ini paling sering disebabkan oleh jamur dermatofit, yaitu jamur yang juga menjadi penyebab kurap. Tempat-tempat, seperti kamar mandi dan kolam renang yang kondisinya hangat dan lembap merupakan tempat yang paling nyaman bagi jamur-jamur penyebab tinea pedis untuk hidup dan berkembang biak. Selain mudah menginfeksi kaki, jamur kutu air ini juga bisa menular. Bila kamu bersentuhan langsung dengan kulit yang terinfeksi atau benda yang terkontaminasi jamur maka berisiko tinggi terkena tinea pedis.

Selain itu, beberapa faktor berikut juga bisa meningkatkan risiko seseorang terkena jamur kutu air:

  • Mengenakan sepatu tertutup yang ketat.

  • Kaki selalu dalam keadaan lembap.

  • Kaki sering berkeringat.

  • Terdapat luka terbuka pada permukaan kaki.

  • Kebiasaan bertelanjang kaki di tempat umum.

  • Pernah terinfeksi tinea pedis sebelumnya.

  • Malas menjaga kebersihan kaki, seperti jarang mencuci kaki setelah beraktivitas dan jarang mencuci kaos kaki.

Cara Mengobati Tinea Pedis

Kamu bisa mengobati kaki yang terserang tinea pedis dengan menggunakan krim anti-jamur yang bisa ditemukan dengan mudah di toko-toko obat, antara lain miconazole dan clotrimazole. Obat anti-jamur ini bekerja dengan cara menghancurkan dinding sel jamur, sehingga isi sel keluar dan sel jamur mati. Selain itu, obat anti-jamur juga bermanfaat untuk menghambat sel-sel jamur bertumbuh dan berkembang biak.

Tea tree oil juga dipercaya bisa menjadi alternatif cara untuk mengobati kutu air. Namun sebelum menggunakan tea tree oil, ada baiknya kamu membicarakan terlebih dahulu dengan dokter agar kamu terhindar dari efek samping yang tidak diinginkan.

Dokter juga biasanya menganjurkan pengidap tinea pedis untuk merendam kaki ke dalam air garam atau cuka yang sudah diencerkan agar lepuhan kulit cepat mengering.

Beli obat anti-jamur di Halodoc saja. Enggak perlu repot-repot keluar rumah, tinggal order saja lewat aplikasi, dan pesananmu akan diantar dalam waktu satu jam. Jadi, tunggu apa lagi? Download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Baca juga: