19 July 2018

Tidak Merokok tetapi Bau Mulut, Kenapa?

penyebab bau mulut, kesehatan gigi, masalah kesehatan mulut,bau mulut

Halodoc, Jakarta – Bau mulut merupakan salah satu masalah kesehatan yang terkadang mengganggu aktivitas sehari-hari. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan rajin menggosok gigi dengan benar, tapi cara ini pun tidak sepenuhnya bisa menjamin kamu akan terbebas dari masalah bau mulut.

Baca juga: Perlu Tahu Bahayanya Radang Gusi Pada Gigi

Banyak penyebab seseorang memiliki masalah kesehatan bau mulut, salah satunya karena masalah merokok. Namun tidak sedikit setelah memutuskan untuk berhenti merokok, beberapa orang justru mengalami masalah bau mulut. Biasanya, bau mulut perokok cenderung berbeda dengan orang yang tidak merokok, ini diakibatkan karena perokok yang aktif biasanya memiliki risiko yang cukup tinggi untuk mulut kering. Sehingga kemungkinan akan memicu penyakit pada gusi maupun gigi yang menyebabkan bau mulut.

Penyebab Bau Mulut

Bau mulut nyatanya tidak hanya disebabkan oleh masalah kesehatan gusi, gigi, dan pengonsumsian makanan yang berbau menyengat, beberapa kondisi lain ternyata juga bisa membuat kamu memiliki bau mulut yang kurang sedap.

  • Terjadinya Penumpukan Produk Berbahaya dari Rokok

Jika kamu sudah berhenti merokok tapi masih memiliki nafas yang kurang sedap mungkin masih terjadi penumpukan bahan-bahan berbahaya dari rokok yang menumpuk di paru-paru. Tidak ada salahnya untuk cek dan konsultasi pada dokter untuk menangani masalah ini. Jika tidak segera ditangani, tidak hanya penumpukan saja, ke depannya dikhawatirkan akan merusak sistem organ pernapasan kamu seperti paru-paru.

  • Perut yang Kosong

Perut yang kosong dan tidak terisi dalam waktu yang cukup lama ternyata dapat meningkatkan asam lambung naik ke atas dan menyebabkan bau mulut. Selain asam lambung yang meningkat, saat kamu tidak mengonsumsi apa pun dalam waktu yang cukup lama, tentu produksi air liur dalam mulut akan semakin sedikit dan menyebabkan mulut kamu kering dan terjadi bau mulut.

  • Infeksi Mulut

Infeksi mulut terjadi akibat adanya bakteri jahat dalam mulut. Bakteri-bakteri ini dapat menyebabkan bau tak sedap pada mulut dan juga peradangan lembut di sekitar gigi. Sebaiknya jika ini terjadi pada mulut kamu, segera konsultasikan pada dokter mengenai masalah tersebut.

  • Cara Gosok Gigi yang Salah

Ternyata menggosok gigi juga harus dilakukan dengan benar dan tepat agar tidak ada makanan yang tersisa dan menjadi penyebab bau mulut. Sebab, makanan yang tersisa pada gigi bisa mempercepat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan bau mulut.

  • Perhatikan Kebersihan Lidah

Campuran liur dan bakteri pada lidah akan menempel satu sama lain dan menyebabkan plak pada lidah. Jika tidak rajin kamu bersihkan, maka bisa menyebabkan bau mulut. Cara terbaik dan paling efektif membersihkan lidah dengan menggunakan alat pembersih lidah agar bakteri dan racun bisa terkikis dengan baik.

Cara Menghilangkan Bau Mulut

Untuk menjaga kesegaran dan kesehatan mulut, kamu harus rajin untuk merawat kebersihan mulut. Tidak hanya dengan menggosok gigi, kamu juga harus rajin untuk mengganti sikat gigi setiap 3 sampai 4 bulan sekali. Jika kamu merasa perlu, kamu bisa mencoba gunakan produk pencuci mulut antiseptik. Jangan lupa untuk mengecek kesehatan gigi kamu pada dokter gigi selama 6 bulan sekali. Selain itu, minumlah air putih yang cukup agar bakteri dan kotoran lain dalam mulut dapat lebih mudah dan cepat untuk dibersihkan.

Baca juga: Cara Ampuh Atasi Masalah Kesehatan Mulut karena Makanan

Jangan ragu untuk konsultasikan kesehatan mulut dan gigi pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!