• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tidak Selamanya Menyedihkan, Ini Manfaat Jomblo!
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tidak Selamanya Menyedihkan, Ini Manfaat Jomblo!

Tidak Selamanya Menyedihkan, Ini Manfaat Jomblo!

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 23 Mei 2022

“Jomblo tidak selamanya menyedihkan, lo. Ada beberapa manfaat jomblo yang bisa dirasakan, seperti memiliki koneksi yang lebih luas dan dapat mengatur hidup lebih baik.”

Tidak Selamanya Menyedihkan, Ini Manfaat Jomblo!

Halodoc, Jakarta – Apakah kamu merasa sedih karena semua orang di sekitar memiliki kekasih tetapi kamu masih dalam status jomblo? Jangan khawatir karena ada banyak sekali lo manfaat jomblo. Nah, untuk mengetahui manfaatnya, baca ulasan berikut ini!

Berbagai Manfaat Jomblo yang Perlu Diketahui

Saat melihat orang lain sudah memiliki pasangan, hal ini kerap menimbulkan rasa iri pada seseorang masih masih sendiri atau jomblo. Padahal, tidak selamanya memiliki pasangan berarti seseorang bahagia. Sebaliknya, status yang masih single juga belum tentu menjadi sesuatu yang menyedihkan.

Padahal, ada banyak sekali lo manfaat jomblo yang jarang diketahui. Nah, berikut adalah beberapa manfaatnya yang perlu diketahui:

1.  Membuat Tampilan Fisik Lebih Baik

Salah satu manfaat jomblo adalah membuat tampilan lebih baik secara fisik. Disebutkan jika seseorang yang belum memiliki pasangan umumnya lebih semangat untuk rutin berolahraga dengan frekuensi yang lebih banyak. Tentu saja hal ini dibandingkan dengan seseorang yang sudah memiliki pasangan atau sudah menikah.

2.  Koneksi yang Lebih Luas

Manfaat jomblo lainnya adalah memiliki koneksi yang lebih luas. Hal ini karena seseorang yang masih sendiri memiliki kesempatan untuk bersosialisasi lebih banyak. Seseorang yang masih jomblo juga mampu menjaga hubungan baik dengan lingkungan sekitarnya. Pada seseorang yang sudah menikah, tidak sedikit yang cenderung menutup diri karena ingin fokus pada keluarga sendiri.

3.  Mengatur Hidup Sehat Lebih Baik

Status jomblo dipercaya dapat membuat seseorang dapat mengatur hidup sehat lebih baik. Tidak memiliki komitmen pada seseorang dapat mengurangi perasaan stres dan bahkan depresi. Saat alami stres, ada banyak masalah yang dapat terjadi, seperti pola makan tidak teratur dan banyak mengonsumsi alkohol. Selain itu, pria yang menikah lebih rentan alami obesitas dibandingkan pria yang masih lajang.

4. Konflik yang Lebih Sedikit

Disebutkan jika manfaat jomblo lainnya adalah memiliki konflik atau perkelahian yang lebih sedikit. Seperti yang diketahui, saat seseorang memiliki komitmen dengan orang lain, perbedaan pendapat dan hal lainnya bisa terjadi. Berbeda dengan seseorang yang masih lajang, karena ia dapat melakukan sesuatu sesuai dengan keinginannya.

5. Tidur Lebih Baik

Seorang jomblo bisa mendapatkan tidur yang lebih nyenyak, dibandingkan dengan seseorang yang sudah menikah. Sebab, bisa saja pasangan memiliki kebiasaan tidur yang dapat mengganggu orang di sebelahnya. Bahkan, tidak sedikit pasangan yang pindah ke kamar lain atau sofa untuk mendapatkan tidur yang lebih nyenyak.

6. Kesempatan untuk Mengenal Diri Sendiri

Manfaat jomblo lainnya adalah memiliki kesempatan untuk lebih mengenal diri sendiri. Dari banyaknya hubungan yang gagal dapat membuatmu memiliki waktu untuk merefleksikan diri dan tumbuh. Hal ini membuatmu mampu menganalisis perilaku diri sendiri dan lebih memahami apa yang diinginkan. Dengan begitu, kamu dapat menjadi pribadi yang lebih baik.

Itulah beberapa manfaat jomblo yang perlu diketahui. Maka dari itu, tidak perlu terlalu banyak iri pada seseorang yang memiliki pasangan, karena jomblo tidak selamanya menyedihkan. Nikmati masa lajang sebaik mungkin karena mungkin saja kamu akan rindu masa-masa tersebut.

Kamu juga bisa lo bertanya pada psikolog atau psikiater dari Halodoc menggunakan fitur tanya dokter terkait manfaat jomblo. Dengan download aplikasi Halodoc, interaksi dengan ahli medis bisa dilakukan kapan dan dimana saja. Nikmati kemudahan ini sekarang juga melalui smartphone yang dimiliki!

Referensi:
Dmarge. Diakses pada 2022. The Benefits Of Being Single, According To A Lot Of Research.
Marriage. Diakses pada 2022. 25 Unexpected Benefits of Being Single.