Tingkat Percaya Diri Pengaruhi Kesehatan Mental

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Tingkat Percaya Diri Pengaruhi Kesehatan Mental

Halodoc, Jakarta - Rasa percaya diri adalah modal yang penting untuk dimiliki demi mengembangkan diri menjadi lebih baik. Meskipun harga diri yang rendah tidak dikategorikan sebagai gangguan kesehatan mental, tetapi ada hubungan yang jelas antara perasaan kita tentang diri kita sendiri dan kesehatan mental dan emosional secara keseluruhan. 

Badan amal yang berbasis di Inggris, Teenage Minds, mendefinisikan harga diri sebagai "bagaimana perasaan seseorang tentang diri mereka sendiri dan apa yang mereka lakukan." Jadi seseorang dengan harga diri yang tinggi percaya bahwa mereka adalah orang yang baik, yang dapat mengenali sifat-sifat baik mereka dan umumnya berusaha untuk mencapai hidup yang bahagia dan sukses. Sementara seseorang dengan harga diri rendah selalu memiliki perasaan negatif tentang diri mereka sendiri, bahkan mereka percaya bahwa mereka tidak layak untuk cinta, kebahagiaan atau kesuksesan.

Baca juga: Pentingnya Self Love untuk Kesehatan Mental 

Kenali Hal-Hal yang Bisa Buat Tingkat Percaya Diri Jadi Rendah

Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa rasa percaya diri yang rendah adalah potensi yang berbahaya bagi kesehatan mental seseorang. Nah, berikut ini hal yang membuat harga diri rendah seseorang menjadi semakin menurun sehingga kamu wajib mewaspadainya karena memengaruhi kesehatan mental. Hal tersebut antara lain:

  • Hubungan yang Buruk. Sebagai makhluk sosial, kita sebagai manusia terus berusaha untuk berinteraksi dengan orang lain. Hubungan yang kita miliki dengan orang-orang terdekat kita pun membantu mendefinisikan kita sebagai manusia. Jadi hubungan negatif pada akhirnya sama dengan perasaan negatif dan persepsi negatif tentang diri kita sendiri yang membawa kepada tingkat kesehatan mental yang lebih rendah. Ini terbukti saat seseorang putus cinta akibat pasangannya melakukan perselingkuhan. Secara tidak sadar ia menganggap bahwa dirinya memiliki kekurangan sampai-sampai pasangannya tega berkhianat. Akibat kondisi ini, seseorang bisa merasa rendah diri dan menutup diri.

  • Kecanduan. Studi psikologi menunjukkan bahwa harga diri yang rendah pada masa kanak-kanak dan dewasa awal dapat menjadi kecenderungan kecanduan di kemudian hari. Banyak pecandu menggunakan zat-zat seperti narkoba atau alkohol untuk membantu meringankan perasaan negatif yang mereka miliki tentang diri mereka sendiri. Namun, seiring waktu metode pelarian ini berkembang menjadi kecanduan dan tentu saja ini memiliki efek yang merugikan. 

  • Depresi dan Kecemasan. Harga diri rendah cenderung berlangsung dalam lingkaran setan dengan kondisi kesehatan mental lainnya seperti depresi dan kecemasan. Sulit untuk mengatakan mana yang lebih dulu hadir, namun kombinasi keduanya memengaruhi kesehatan mental. Seseorang yang sudah hidup dengan penyakit mental mungkin menemukan bahwa harga diri rendah berkembang karena stigma sosial di sekitar tentang penyakit mental. Stigma dapat melanggengkan perasaan bahwa mereka telah gagal atau tidak layak bergabung ke tengah-tengah masyarakat.

Baca juga: Percaya Diri atau Narsistik? Ketahui Bedanya

Pentingnya Membangun Harga Diri Demi Kesehatan Mental

Membangun harga diri adalah hal yang penting. Ketika kita belajar untuk mencintai diri kita sendiri, kita berusaha untuk memiliki kehidupan yang lebih baik melalui hubungan yang lebih bahagia, karier yang lebih memuaskan, atau pemulihan dari kecanduan. Tetapi mengubah perasaan mendalam yang kita miliki tentang diri kita sendiri tidak mudah dan seringkali para ahli merekomendasikan beberapa bentuk terapi. Jenis terapi yang bisa dilakukan adalah cognitive behavioral therapy

Kunci untuk membangun kepercayaan diri datang dari sendiri. Kamu harus menantang dan menyesuaikan pikiran negatif ini menjadi pemikiran yang lebih positif. Belajar menghargai dan merawat pikiran dan tubuh melalui gaya hidup sehat juga penting. Pola makan, olahraga, dan meditasi yang baik dapat menjadi hal yang dapat membantu mengembalikan kembali kepercayaan fisik dan emosional.

Tidak hanya itu, terlibat dengan orang yang dicintai juga penting. Merasa dicintai dan didukung adalah cara yang bagus untuk mulai meningkatkan harga diri. Jika kamu tidak memiliki teman atau keluarga dekat, pertimbangkan untuk bergabung dengan kelompok pendukung atau bahkan menjadi sukarelawan. Membantu orang lain adalah cara yang bagus untuk merasa dianggap penting bagi banyak orang. 

Baca juga: 9 Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Mental 

Referensi:
National Alliance of Mental Health. Diakses pada 2019. Why Self-Esteem Is Important For Mental Health.
Psychology Today. Diakses pada 2019. Building confidence and self esteem.