20 April 2018

Tips Agar Jerawat Tak Kambuh

Tips Agar Jerawat Tak Kambuh

Halodoc, Jakarta –– Jerawat seringkali bikin enggak percaya diri. Itu sebabnya banyak kaum hawa yang mencari cara untuk mengatasi jerawat. Mulai dari menggunakan obat/krim jerawat, facial di salon kecantikan, hingga konsultasi ke dokter kulit. Sayangnya, mengobati jerawat itu susah-susah gampang. Sebab meski sudah hilang, jerawat bisa saja muncul kembali. Lantas, ada enggak sih cara yang bisa dilakukan untuk mencegah jerawat kambuh? Cari tahu di sini, yuk! (Baca juga: 5 Cara Hilangkan Jerawat)

1. Kelola Stres

Ketidakseimbangan hormon akibat stres bisa menyebabkan munculnya jerawat. Oleh karena itu, kamu perlu mengelola stres yang dialami. Misalkan dengan melakukan rekreasi, relaksasi, meditasi, dan lainnya. Lakukan apa pun yang kamu sukai selama itu bisa mengurangi stres. Asalkan jangan gunakan rokok, alkohol, dan obat-obatan terlarang sebagai "pelarian" dari stres, ya.

2. Tidur Cukup

Laporan Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism menyebutkan bahwa kurang tidur bisa menyebabkan peningkatan inflamasi sitokin yang bisa memicu munculnya jerawat. Oleh karena itu, kamu perlu tidur cukup untuk mengoptimalkan regenerasi kulit. Untuk orang dewasa, umumnya, durasi tidur ideal adalah 7-9 jam per hari.

3. Olahraga

Selain melancarkan metabolisme, olahraga juga bisa mengurangi stres yang memicu munculnya jerawat. Ini karena, saat berolahraga tubuh akan mengeluarkan kotoran yang mengendap di dalam pori-pori melalui keringat. Alhasil, kulit akan menjadi lebih segar, cerah, dan sehat. Lakukan olahraga apa pun yang kamu sukai secara rutin, setidaknya 20-30 menit per hari.

(Baca juga: 5 Fakta tentang Jerawat yang Jarang Orang Tahu)

4. Gunakan Tabir Surya

Sinar ultraviolet (UV) bisa memicu kulit mengeluarkan minyak berlebih dan jerawat pada kulit. Untuk mencegahnya, kamu dianjurkan untuk menggunakan tabir surya saat beraktivitas, baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Agar hasilnya optimal, kamu bisa menggunakan tabir surya dengan SPF (Sun Protector Factor) 30 atau lebih. Jika beraktivitas di luar ruangan, jangan lupa untuk selalu mengaplikasikan ulang tabir surya setiap dua hingga tiga jam sekali.

5. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayuran

Makanan yang kamu makan akan berdampak pada kesehatan kulit. Itu sebabnya kamu perlu memperhatikan jenis makanan yang kamu makan agar kulit selalu sehat. Misalkan dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayuran. Sebab, buah dan sayuran kaya vitamin C dan nutrisi penting lainnya yang bisa mencerahkan kulit, mencegah penuaan dini, dan melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

6. Cuci Tangan sebelum Sentuh Wajah

Tangan bisa menjadi sumber penyakit. Ini karena tangan sering digunakan untuk beraktivitas, sehingga kerap berkontak dengan kuman dan bakteri. Oleh karena itu, sebelum menyentuh wajah, ada baiknya kamu mencuci tangan terlebih dahulu. Sebab, kuman dan bakteri pada tangan bisa menyumbat pori-pori di kulit dan menyebabkan jerawat.

7. Lakukan Perawatan pada Kulit

Sel kulit mati yang menumpuk juga bisa menyumbat pori-pori wajah, sehingga menyebabkan kulit kusam dan jerawat. Itu sebabnya kamu perlu melakukan perawatan pada kulit. Agar tidak salah, perhatikan beberapa tips merawat kulit berikut ini, yuk:

  • Jika kulit kamu sensitif, hindari penggunaan scrub wajah.
  • Jika kulit kamu kering, gunakan pembersih wajah yang tanpa alkohol dan aroma, lalu bilas dengan air hangat.
  • Jika kulit kamu berminyak, bersihkan wajah dengan pembersih yang bebas minyak, lalu bisa dengan air hangat.
  • Jangan lupa untuk selalu membersihkan riasan wajah sebelum tidur.
  • Cuci wajah secara rutin, setidaknya 1-2 kali setiap hari.
  • Supaya kulit tidak kering, jangan lupa untuk selalu menggunakan pelembap yang sesuai jenis kulit. Terutama saat kamu berada di dalam ruangan berpendingin udara.

Selain tujuh cara di atas, kamu juga bisa merawat kulit dengan mengonsumsi vitamin untuk kesehatan kulit, lho. Kamu bisa mendapatkannya tanpa perlu repot keluar rumah. Kamu hanya perlu memesan vitamin yang kamu butuhkan di aplikasi Halodoc melalui fitur Pharmacy Delivery atau Apotik Antar. Jadi, ayo download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play. (Baca juga: Cegah Jerawat dengan Mengonsumsi Makanan Sehat)