Tips Agar Olahraga Enggak Membosankan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Tips Agar Olahraga Enggak Membosankan

Halodoc, Jakarta – Salah satu alasan yang sering bikin orang jadi enggan atau malas berolahraga adalah karena menganggap olahraga itu adalah kegiatan yang membosankan. Padahal kalau kamu tidak pernah mencobanya, kamu enggak akan tahu seberapa serunya olahraga, apalagi jika kamu sudah terbiasa. Namun, orang yang sudah sering berolahraga pun bisa merasa bosan dan lelah dengan rutinitas olahraga. Nah, ini tips-tipsnya biar olahraga enggak membosankan.

  • Bikin Playlist Lagu yang Seru

Enggak hanya bikin tambah semangat, mendengarkan musik saat berolahraga juga bisa membantu membuat pikiranmu lebih fokus, sehingga  performa olahraga kamu pun bisa lebih maksimal. Coba deh bikin playlist yang berisi sederet lagu-lagu favorit bertempo yang cepat, dijamin olahraga kamu enggak akan membosankan. (Baca juga: Manfaat Dengarkan Musik Saat Olahraga)

  • Ganti Suasana

Melakukan olahraga yang itu-itu saja memang bisa bikin seseorang lama kelamaan jadi bosan. Karena itu, kadang-kadang kamu perlu ganti suasana biar olahraga tidak jadi rutinitas yang membosankan. Kamu bisa mencoba jenis olahraga baru yang seru dan belum pernah kamu lakukan sebelumnya, misalnya seperti zumba, muay thai, TRX, dan lain-lain (Baca juga: Ter-update! Ini 6 Pilihan Olahraga Anak Muda Zaman Now).

Selain mengganti jenis olahraga, kamu juga bisa melakukan olahraga di tempat gym yang berbeda biar enggak bosan.

  • Berolahraga di Alam Terbuka

Berolahraga di alam terbuka pastinya akan memberi suasana yang berbeda ketimbang berolahraga di dalam ruangan. Kamu bisa berlari di taman sambil menghirup udara segar dan menikmati indahnya pemandangan, atau melakukan yoga di pinggir pantai pasti akan memberimu pengalaman yang lebih menakjubkan.

  • Ajak Teman

Kalau olahraga sendiri memang bikin “krik-krik”, tapi coba deh ajak temanmu untuk olahraga bareng. Kamu pastinya akan lebih semangat karena ada orang yang bisa kamu ajak ngobrol. Ada banyak hal seru juga yang bisa kamu lakukan bersama temanmu saat berolahraga, misalnya saling membantu ketika melakukan gerakan sit-up, adu siapa yang bisa bertahan paling lama saat melakukan plank, dan lain sebagainya. Enggak hanya teman, kamu pun bisa membawa anjing kesayangan kamu untuk menemani kamu berlari.  

  • Buat Dirimu Tertantang

Kalau berlari mengelilingi komplek itu sudah biasa buat kamu, coba tambahkan intensitas olahraga dengan berlari mengelilingi lapangan terdekat yang lebih luas. Atau kalau kamu sudah bosan berolahraga dengan menggunakan sepeda statis, nah sekarang cobalah menaiki sepeda asli dan bersepeda dari rumah menuju ke kantor.

  • Ikuti Festival Olahraga

Supaya kamu enggak bosan berolahraga, coba deh ikuti festival olahraga yang menarik dan seru, misalnya seperti colour run, zumba party, event yoga di luar kota, dan lain-lain. Di festival olahraga tersebut, kamu bisa merasakan pengalaman yang berbeda, yaitu berolahraga bersama ratusan bahkan ribuan orang lainnya yang juga menyukai jenis olahraga yang sama denganmu. Siapa tahu kamu bisa dapat teman baru.

Berolahraga itu sangat penting untuk dilakukan secara rutin agar kesehatan tubuhmu terjaga dan stamina tetap kuat. Jadi, jangan berhenti berolahraga karena bosan ya. Kalau kamu mengalami cedera saat berolahraga, sehingga bagian tubuh tersebut terasa nyeri dan tidak kunjung sembuh, coba saja tanyakan pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Kamu juga bisa membeli produk kesehatan dan suplemen yang kamu butuhkan lewat fitur Apotik Antar di Halodoc. Jadi, kamu enggak perlu repot-repot lagi ke apotik deh. Tinggal order dan pesanan kamu akan sampai dalam waktu satu jam. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.