Tips Berolahraga saat Cuaca Panas

Tips Berolahraga saat Cuaca Panas

Halodoc, Jakarta – Memasuki pertengahan tahun, itu berarti sebentar lagi musim panas akan tiba. Musim ini ditandai dengan matahari yang bersinar terik dan suhu udara yang lebih panas dari biasanya. Kondisi ini tentunya bakal jadi penghalang terbesar buat kamu untuk berolahraga di luar ruangan. Selain bikin gerah, kebanyakan wanita juga takut kulitnya menghitam jika berolahraga saat cuaca panas. Eits, tapi jangan sampai kamu tidak berolahraga ya. Berikut tips yang bisa kamu ikuti bila ingin berolahraga saat cuaca panas.

1. Lakukan Aklimatisasi

Agar tubuhmu tidak kaget dengan suhu udara di luar rumah yang sangat panas, sebaiknya kamu melakukan aklimatisasi jauh-jauh hari sebelum musim panas tiba. Aklimatisasi adalah upaya penyesuaian yang dilakukan tubuh saat ingin memasuki lingkungan atau kondisi yang baru. Jadi, lakukanlah penyesuaian dengan cara berolahraga di dalam ruangan terlebih dahulu tanpa menggunakan AC sebelum kamu benar-benar berolahraga di luar ruangan saat cuaca sedang panas-panasnya.

2. Perhatikan Suhu Udara

Suhu cuaca di luar ruangan idealnya berada di bawah 40 derajat Celsius dengan kelembapan berkisar 40-60 persen. Pada musim panas, rata-rata suhu di wilayah Indonesia adalah sekitar 32-35 derajat Celsius, maksimal 37 derajat Celsius. Namun, karena saat cuaca panas tubuh rentan terkena dehidrasi, sebaiknya kamu menghindari berolahraga di siang hari saat suhu udara mencapai lebih dari 30 derajat Celsius. Kalau mau berolahraga di luar ruangan, lakukanlah sebelum jam 10 pagi untuk mendapatkan manfaat sinar matahari pagi yang baik untuk mengaktifkan vitamin D dalam tubuh (Baca juga: Tips, Manfaat dan Waktu yang Tepat untuk Lari Pagi). Kalau kamu tetap ingin berolahraga di siang hari, cobalah lakukan di area yang banyak pohon.

3. Mandi Air Dingin

Mandi dengan air dingin sebelum berlari di cuaca yang panas bisa membuat kulitmu menjadi dingin dan mengurangi temperatur tubuh, lho. Jadi, kamu tidak akan terlalu kepanasan saat berolahraga.

4. Kenakan Pakaian yang Longgar

Hindari mengenakan pakaian dan celana yang ketat kalau ingin berolahraga saat musim panas, karena akan membuatmu kegerahan nantinya. Tubuhmu butuh ventilasi untuk menyerap udara segar. Jadi, pilihlah pakaian yang tipis, longgar, mudah menyerap keringat, dan berwarna cerah yang tidak menyerap panas sinar matahari.

5. Gunakan Sunblock

Kalau kamu enggak mau kulit bertambah gelap akibat berolahraga saat cuaca panas, oleskanlah sunblock sebelum mulai berolahraga untuk melindungi kulitmu dari paparan sinar matahari. Menurut The Journal Sports Medicine and Physical Fitness, losion sunscreen juga dapat berfungsi untuk menjaga temperatur tubuh dan kelembapan kulit, lho.  (Baca juga: Cek Fakta di Balik Sunblock dengan SPF Tingkat Tinggi)

6. Jaga Agar Tubuh Tetap Terhidrasi

Hal ini sangat penting. Apalagi berolahraga saat cuaca panas akan membuat cairan tubuh lebih cepat hilang dan butuh untuk segera diganti. Jadi, agar tubuh tidak dehidrasi, Minumlah air putih sebanyak 500-600 mililiter 4 jam sebelum berolahraga. Kemudian 15 menit sebelum berolahraga, minum lagi sebanyak 150-250 mililiter.

Berolahraga di musim panas sebaiknya dilakukan selama 30 menit saja setiap hari selama satu minggu. Setiap berolahraga 10 menit, usahakan beristirahat selama lima menit. Karena, kalau kamu memaksakan untuk berolahraga  selama 20 menit tanpa jeda, kamu akan merasa lebih panas.

Kamu juga bisa membeli produk kesehatan atau suplemen yang dibutuhkan untuk berolahraga lewat aplikasi Halodoc. Caranya sangat mudah, tinggal order dan pesananmu akan diantar dalam waktu satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.