Begini Tips Membangunkan Si Kecil Saat Sahur

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Begini Tips Membangunkan Si Kecil Saat Sahur

Halodoc, Jakarta – Mengajarkan anak untuk menjalankan puasa menjadi salah satu tugas wajib  orang tua. Sebelum Si Kecil menjalankan puasa, membangunkannya saat sahur mungkin terdengar cukup sulit. Pasalnya, membangunkan Si Kecil sahur akan mengganggu jam tidur normalnya, sehingga hal ini mungkin cukup menantang bagi orang tua.

Meski cukup sulit, tapi orang tua perlu melatih anak agar bisa menyesuaikan diri dengan rutinitas baru ini. Selain itu, menjalankan sahur penting untuk Si Kecil agar kebutuhan nutrisinya terpenuhi serta tetap kuat menjalankan puasa. Nah, berikut beberapa tips yang mungkin bisa Ibu lakukan untuk membangunkan Si Kecil saat sahur.

Baca Juga: Tips Mengajari Anak Puasa untuk Pertama Kali

1. Mengenalkan Si Kecil Arti Puasa

Sebelum mengajarkannya berpuasa, ibu harus mengenalkan Si Kecil arti puasa. Sebaiknya, kenalkan arti puasa pada Si Kecil jauh-jauh hari sebelum bulan puasa tiba. Beri tahu ia nilai-nilai baik puasa sampai ia memahaminya dan siap menjalankan puasa. Setelah itu, beritahu juga tentang jam berapa ia harus bangun untuk sahur dan menahan lapar dengan tidak boleh makan dan minum sampai waktu berbuka tiba.

2. Biarkan Anak Mengatur Waktu Sahur

Saat bulan puasa tiba, cobalah untuk mengajak Si Kecil untuk mengatur waktu sahurnya. Sebelum mengatur waktu sahur, berikan penjelasan kepadanya waktu yang pas untuk sahur. Setelah itu, biarkan anak untuk mengatur alarmnya sendiri. Membebaskan anak untuk mengatur waktu sahurnya akan membuat dia tidak merasa terbebani dan mudah untuk bangun tidur. Kegiatan ini juga mengajarkan Si Kecil untuk bertanggung jawab atas pilihannya.

3. Buat Si Kecil Tidur Lebih Awal

Agar Si Kecil tidak susah untuk dibangunkan, sebaiknya buat ia tidur lebih awal. Membiarkannya tidur larut malam akan membuatnya susah bangun untuk sahur, karena jam tidurnya yang singkat. Beberapa anak mungkin sulit untuk disuruh tidur lebih awal. Namun, peran ibu disini harus tegas dengan tetap memberinya pengertian bahwa ia perlu tidur lebih awal agar bisa bangun untuk sahur.

Baca Juga: 4 Manfaat Mengajarkan Anak Puasa

4. Masak Makanan Kesukaannya

Untuk membuatnya semangat bangun untuk sahur, ibu bisa menawarkan makanan apa yang disukainya untuk disantap saat sahur. Ibu bisa menanyakannya satu hari sebelum anak menjalankan puasa agar ibu bisa menyiapkan bahan-bahan yang akan dimasak. Kemudian, masaklah makanan favorit Si Kecil sebelum waktu sahur, agar Si Kecil dapat mencium aroma makanan kesukaannya, sehingga ia bersemangat untuk beranjak dari tempat tidurnya.

5. Bangunkan Si Kecil dengan Lembut

Saat Si Kecil susah untuk dibangunkan, hindari membangunkannya terlalu keras. Sebab, hal ini bisa merusak mood nya dan usaha ibu dapat berakhir sia-sia. Bangunkan Si Kecil secara lembut dengan  mengusap kepalanya dan menepuk-nepuk punggungnya sambil mengajak bangun.

6. Berikan Hadiah

Kalau ibu mau membuat Si Kecil lebih bersemangat lagi untuk sahur, coba tawarkan hadiah apabila ia bisa menjalankan ibadah puasanya. Cara ini efektif untuk membuatnya lebih termotivasi menjalankan puasa, termasuk bangun sahur. Berikan hadiah berupa mainan, benda yang paling ia inginkan atau tiket liburan ke tempat bermain.

Baca Juga: Biar Anak Kuat Berpuasa, Beri 6 Asupan Ini Saat Sahur

Itulah beberapa tips membangunkan Si Kecil sahur yang bisa ibu lakukan. Kalau ibu punya pertanyaan seputar gangguan kesehatan pada anak, tanyakan saja ke dokter Halodoc. Gunakan fitur Talk to A Doctor yang ada di aplikasi Halodoc untuk menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play!