21 March 2018

Tips Menghilangkan Stres Dalam Waktu Singkat

Tips Menghilangkan Stres Dalam Waktu Singkat

Halodoc, Jakarta – Untuk kehidupan modern seperti saat ini, stres jadi hal yang sulit dihindari oleh banyak orang. Boleh dibilang, setiap orang pasti memiliki tekanan dalam hidupnya, baik kecil maupun besar. Nah, permasalahannya hanya tinggal bagaimana cara menghadapinya. Untungnya, cara menghilangkan stres ringan enggak sulit, tidak perlu meminta bantuan dokter atau psikolog untuk mengatasinya.

Bila kamu memiliki cara yang tepat untuk menghadapi stres dengan tenang, besar kemungkinan tubuh bisa pulih dari tekanannya. Nah, berikut cara menghilang stres dalam waktu 20 menit menurut pakar.  

  1. Menit Pertama: Bernapas

Menurut ahli dari Mind/Body Center for Women’s Health, AS, hanya dengan satu menit istirahat, bisa menenangkan saraf sistem otonom tubuh. Sistem saraf otomon sendiri merupakan sistem saraf yang bergantung pada sistem saraf pusat.

Di menit pertama, kamu bisa menarik napas yang dalam untuk meningkatkan asupan oksigen sehingga membuat tubuh lebih tenang. Menarik napas di sini bukan sembarang menarik napas. Kamu harus memastikan bernapas dari diafragma. Nah, untuk memastikannya, kamu bisa meletakkan satu tangan sekitar 2,5 sentimeter di atas pusar. Kemudian, tariklah napas untuk empat hitungan.

  1. Menit kedua: Makan Sedikit Cokelat

Kata ahli dalam Journal Proteome Research, kandungan cokelat hitam bisa membantu tubuh untuk mengurangi hormon stres. Dengan mengonsumsi cokelat hitam dengan ukuran 1,4 ons sehari selama dua minggu, bisa membantu tubuh untuk memangkas hormon tersebut. Yang perlu diingat, jangan memakannya secara berlebihan agar gula darah tetap stabil. Cobalah untuk mengonsumsi cokelat itu dengan ukuran satu persegi saja, kemudian foskuslah pada kenikmatan cokelat tersebut.

  1. Menit Ketiga: Menatap Gambar Snowflake

Menurut penelitian dari Unversity of Oregon, menatap gambar dengan pola tersebut (fractal patterns) bisa membantu untuk mengurangi respon stres sebanyak 44 persen. Kata ahli, pola-pola seperti itu, misalnya, snowflake bisa membantu untuk menenangkan pikiran.

  1. Menit Ke-10: Mewarnai Atau Merajut

Studi dalam jurnal  Nursing Scholarship menemukan, kegiatan kerajinan dan seni bisa membantu orang lebih rileks saat merawat kerabatnya yang menderita kanker. Nah, jika kamu enggak tahu cara merajut pakaian, cobalah untuk mewarnai salah satu buku untuk orang dewasa.

  1. Menit Ke-15: Minum Teh

Cara menghilangkan stres juga bisa kamu lakukan melalui asupan teh. Namun, teh yang disarankan oleh ahli adalah teh hijau karena kandungan asam amino derivatif dan theanine, yang bisa memengaruhi gelombang otak alpha (kondisi rileks dan perasaan segar)  sehingga bisa meningkatkan rasa rileksasi.

Selain itu, kandungan chamomile di dalamnya bisa meringankan gejala kecemasan. Buktinya, sebuah studi mengungkapkan, orang yang minum empat cangkir perhari selama enam minggu, memiliki hormon kortisol yang lebih rendah ketika mengalami stres.

  1. Menit Ke-20: Pergilah Keluar

Ketika stres melanda, ada baiknya untuk bangkit dari tempat tidur atau bangku kerjamu, lalu pergilah keluar ruangan. Sebab hal yang terbilang sepele ini bisa meningkatkan kada norepinephrine, zat kimia yang bisa membantu otak melawan stres. Selain itu, melakukan kegiatan di luar ruangan juga telah terbukti bisa meningkatkan suasana hati dan energi seseorang.

Nah, kini kamu sudah tahu cara menghikangkan stres dengan mudah dan cepat. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya?

Nah, kini kamu sudah tahu cara menghikangkan stres dengan mudah dan cepat. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya? Jika kamu ingin tahu lebih lanjut mengenai cara menghilangkan stres, kamu bisa menghubungi psikiater/psikolog berpengalaman melalui aplikasi Halodoc untuk berdiskusi mengenai masalah yang kamu hadapi. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!